Rupa-rupa

28 Juni 2021

Cara Mencuci Baju untuk Menghindari Kontaminasi COVID-19

Gunakan air yang paling hangat di rumah untuk mematikan kuman.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Cara mencuci baju di saat sekarang ini mungkin terasa berbeda seperti sebelumnya. Di tengah pandemi virus corona (COVID-19), cara mencuci baju sama halnya dengan menyelamatkan jiwa seseorang.

Cara mencuci baju kita dan keluarga dengan benar bisa menjadi hal yang penting bagi kesehatan keluarga Moms.

Meskipun, memang belum ada penelitian khusus tentang berapa lama virus ini dapat bertahan pada pakaian, handuk atau kain lainnya. Namun, ini merupakan ide bagus untuk mengganti dan mencuci pakaian secara teratur, jika kita baru saja pulang dari berbelanja atau bekerja setiap hari.

Baca Juga: 3 Resep Makanan yang Mudah Dibuat Saat WFH, Patut Dicoba

Mencuci pakaian dan linen dengan aman juga sangat penting jika Moms tinggal dengan seseorang yang memiliki dugaan terinveksi Corona, atau seseorang yang bekerja di rumah sakit atau tempat lain di mana mungkin ada paparan virus.

Lalu, bagaimana cara mencuci baju yang benar untuk menghindari COVID-19?

Cara Mencuci Baju agar Terhindar dari COVID-19

Untuk memastikan Moms membersihkan pakaian, handuk, dan seprai secara efektif, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Pisahkan Baju yang Mungkin Terkontaminasi

mencuci baju untuk menghindari COVID-19

Foto: sapulpalaundry.com

Para ahli tidak tahu persis berapa lama virus corona (COVID-19) tetap bertahan pada pakaian dan kain lainnya.

Penelitian dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa virus dapat bertahan hidup di atas karton selama tidak lebih dari 24 jam dan pada logam dan plastik hingga 72 jam. Jadi, mungkin saja virus itu tetap menular pada pakaian selama berjam-jam hingga berhari-hari, meskipun belum ada data tentang itu.

Jika Moms merawat seseorang di rumah yang sakit atau sedang membersihkan pakaian anggota keluarga yang mungkin terpapar virus corona, pisahkan pencucian baju yang terkontaminasi hingga saatnya mencuci untuk menghindari kontaminasi COVID-19.

Baca Juga: Anjuran Memakai Masker Kain, Ini Penjelasannya

2. Gunakan Air Panas

mencuci baju untuk menghindari COVID-19

Foto: daily-tips-58.webself.net

Untuk menghindari kontaminasi COVID-19 saat mencuci pakaian, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk menggunakan pengaturan air yang paling hangat untuk mencuci dan mengeringkannya sepenuhnya.

Menurut CDC, kita tetap bisa mencuci pakaian kotor dari orang yang sakit dengan pakaian-pakaian lainnya.

Baca Juga: Review Jujur 10 Disinfectant Spray Andalan Moms Orami yang Ampuh Bunuh Bakteri

3. Kenakan Sarung Tangan

mencuci baju untuk menghindari COVID-19

Foto: omnigloves.com

Pakailah sarung tangan sekali pakai saat mencuci pakaian untuk menghindari COVID-19. Kemudian buang sarung tangan setelah digunakan.

Jika menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut harus digunakan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

4. Bisa Menggunakan Deterjen Khusus

mencuci baju untuk menghindari COVID-19

Foto: freepik.com

Meskipun CDC tidak secara khusus merekomendasikan penggunaan deterjen plus pemutih, International Scientific Forum on Home Hygiene menyatakan bahwa pemutih dapat membantu menonaktifkan mikroba virus dalam pencucian.

Jadi jika Moms mencuci pakaian putih dan warna-warna terang, bisa menambahkan pemutih ke deterjen. Atau bisa menggunakan deterjen yang mengandung pemutih yang aman untuk pakaian berwarna.

Setelah selesai mencuci pakaian, menggunakan pengering mungkin lebih baik daripada menggantung pakaian untuk mengeringkan, karena panas juga dapat membantu menonaktifkan mikroba virus.

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Deterjen Bayi dan Tips Memilihnya, Wajib Tahu!

Pentingnya Disinfeksi Pakaian untuk Mencegah Virus

pentingnya disinfeksi virus pada baju

Foto: Orami Photo Stock

Mencuci pakaian dengan suhu tinggi memang dapat membantu mendisinfeksi pakaian tersebut.

Namun, pembersihan dan disinfektan baju adalah proses yang berbeda.

Perlu Moms ketahui bahwa pembersihan melibatkan menghilangkan kotoran dan kuman dari permukaan. Meskipun pembersihan dapat menurunkan risiko penyebaran agen infeksi, seperti virus dan bakteri, tindakan ini tidak membunuh mereka. Maka, Moms perlu mempertimbangkan untuk mendisinfeksi baju.

Disinfeksi membutuhkan penggunaan bahan kimia yang membunuh kuman. Menurut Medical News Today, mendisinfeksi permukaan keras dan tekstil setelah dibersihkan dapat mengurangi risiko penyebaran infeksi virus COVID-19.

Otoritas kesehatan masyarakat, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa COVID-19 menyebar dari orang ke orang melalui kontak tidak langsung dan langsung dari droplets yang mengandung virus.

Baca Juga: Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam

Tindakan pencegahan, seperti jarak fisik, karantina, dan isolasi diri, memang dapat membantu mengurangi risiko penularan langsung. Namun, droplets tetap bisa jatuh ke benda dan permukaan. COVID-19 dapat memasuki tubuh seseorang jika mereka menyentuh permukaan ini dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulutnya.

Sebuah penelitian dengan judul Journal of Persistence of Coronaviruses on Inanimate Surfaces and Their Inactivation with Biocidal Agents menunjukkan bahwa virus COVID-19, seperti yang bertanggung jawab atas sindrom pernapasan akut parah (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS), dapat tetap berada di permukaan logam, kaca, dan plastik hingga 9 hari lamanya.

Meskipun temuan penelitian saat ini dan panduan dari otoritas kesehatan masyarakat memberikan wawasan tentang bagaimana mengurangi penularan virus di permukaan, hal yang sama tidak berlaku untuk pakaian dan tekstil lainnya.

Penulis studi yang dimuat dalam The Lancet Microbe melaporkan bahwa COVID-19 lebih stabil pada permukaan yang halus, seperti kaca atau logam. Para penulis melaporkan bahwa virus tetap menular selama 3–7 hari pada kaca, baja tahan karat, atau permukaan plastik, dan kurang dari 2 hari pada kayu dan kain.

Baca Juga: Jangan Asal Cuci Gosok, Ketahui Cara Merawat Berbagai Bahan Pakaian Ini!

Temuan mereka juga menunjukkan bahwa COVID-19 sangat sensitif terhadap panas. Setelah menaikkan suhu hingga 70 ° C, virus menjadi tidak aktif dalam 5 menit.

Mendisinfeksi permukaan dengan 0,1% natrium hipoklorit (pemutih), 0,5% hidrogen peroksida, atau 62-71% etanol secara efektif menonaktifkan sebagian besar Virus Corona, dan membuatnya tidak lagi menular.

Mempraktikkan kebersihan tangan dan protokol desinfeksi yang benar di rumah dan di depan umum dapat membantu menurunkan risiko penularan tidak langsung.

Baca Juga: Ketahui Cara Membuat Disinfektan dari Produk Pembersih Rumah Tangga Berikut Ini

Cara Mencuci Baju dengan Laundry di Luar Rumah

mencuci baju di laundry saat pandemi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms perlu menggunakan fasilitas laundry di luar rumah, lakukan tindakan pencegahan COVID-19 di bawah ini, seperti yang direkomendasikan oleh UNICEF:

  • Persiapkan cucian sebelum meninggalkan rumah untuk membantu meminimalkan jumlah waktu yang Moms habiskan di luar.
  • Cobalah untuk pergi ke tempat laundry pada saat jumlah pengunjung lebih sedikit.
  • Jaga jarak fisik dengan orang lain.
  • Kenakan sarung tangan sekali pakai jika tersedia dan jangan menyentuh wajah.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air, atau gunakan antiseptik berbasis alkohol, segera setelahnya sampai rumah.
  • Cuci atau bersihkan juga tas/keranjang cucian setibanya di rumah.
  • Pertimbangkan untuk menyimpan cucian di tas sekali pakai.

Baca Juga: Penting, 7 Jenis Produk Pembersih Ini Harus Ada di Rumah Moms!

Itu dia Moms beberapa cara mencuci baju yang dapat diterapkan agar terhidari dari kontaminasi COVID-19. Diperhatikan ya, Moms.

  • https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/cleaning-disinfection.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fprepare%2Fcleaning-disinfection.html
  • https://www.ifh-homehygiene.org/system/files_force/publications/Effectiveness_of_laundering_IFHreport_21102013.pdf
  • https://www.unicef.org/indonesia/coronavirus/cleaning-and-hygiene-tips-during-covid-19
  • https://www.nejm.org/doi/10.1056/NEJMc2004973
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-disinfect-clothes#why-it-is-important
  • https://www.thelancet.com/journals/lanmic/article/PIIS2666-5247(20)30003-3/fulltext#sec1
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7132493/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait