Newborn

14 Desember 2020

7+ Rekomendasi Deterjen Bayi dan Tips Memilihnya, Wajib Tahu!

Deterjen menjadi bagian tak terpisahkan saat merawat kulit bayi yang sensitif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jumpsuit yang mungil, baju tidur yang menggemaskan, topi yang indah adalah bagian yang sulit untuk dilewatkan saat memilih baju bayi. Dan mendandani Si Kecil bisa jadi momen yang sangat menyenangkan sebagai orang tua, terutama selama masa-masa awal bayi dan balita.

Tapi kenyataannya, pakaian bayi yang menawan itu juga akan menjadi sangat kotor. Antara ludah, noda makanan, dan segala sesuatu yang menyebabkan kekotoran, menjaga kebersihan pakaian bayi bukanlah hal yang kecil.

Moms sangat memerlukan deterjen untuk menyelesaikan pekerjaan untuk membersihkan kekotoran tersebut, tetapi juga aman untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif. Jadi, apa yang harus dilakukan oleh Moms untuk mendapatkan keduanya?

“Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, terutama karena kulit dan sistem kekebalannya belum sepenuhnya matang. Kulit mereka dapat bereaksi terhadap berbagai bahan kimia yang terkandung dalam deterjen,” kata Dr Zain Husain, MD, FAAD dan pendiri New Jersey Center for Dermatology and Aesthetics.

Baca Juga: Cerdas Memilih Bahan Baju Bayi Yang Tepat

Jadi, apakah sebaiknya Moms menggunakan deterjen yang khusus dibuat untuk mencuci pakaian bayi, atau ada opsi lainnya? Dr Amna Husain, MD, FAAP, seorang dokter anak bersertifikat dan pendiri Pure Direct Pediatrics mengatakan, meskipun banyak deterjen yang menyertakan 'ramah bayi' dalam labelnya, pada kenyataannya deterjen tidak bekerja dengan baik untuk benar-benar membersihkan pakaian bayi.

”Jadi, meskipun tidak apa-apa menggunakan deterjen bayi jika cocok untuk Anda, menggunakan deterjen yang sama dengan yang Anda gunakan pada pakaian Anda sebenarnya aman untuk menjaga segala sesuatunya tetap sederhana,” jelasnya.

Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing melakukan uji coba acak terhadap deterjen bayi dan deterjen untuk keluarga. Hasilnya, peneliti tidak dapat mendeteksi perbedaan apa pun antara produk pencuci bayi dan air.

Temuan ini memberikan kepastian bagi orang tua yang memilih untuk menggunakan deterjen khusus untuk bayi atau pembersih lain yang secara teknis sama untuk membersihkan, dan memberikan bukti bagi profesional perawatan kesehatan untuk mendukung pilihan orang tua tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu Moms ingat terkait dengan deterjen untuk bayi.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Deterjen Tepat Untuk Baju Bayi?

Perhatikan Kandungan pada Deterjen Bayi

Menurut Dr Amna, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih deterjen untuk bayi, dan mungkin juga untuk seluruh keluarga. Dimulai dengan memilih produk berikut;

  • Hypoallergenik, artinya produk tersebut mengklaim deterjen menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi daripada yang tidak diberi label,
  • Tanpa pengharum,
  • Bebas pewarna,
  • Berbahan dasar tumbuhan disarankan karena cenderung tidak terlalu mengiritasi kulit dibandingkan kebanyakan deterjen berbahan kimia. Meskipun deterjen bayi alami masih dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada si kecil, hal itu jauh lebih kecil kemungkinannya terjadi dibandingkan dengan deterjen yang mengandung bahan kimia. Selain itu, produk nabati adalah yang terbaik untuk lingkungan.
  • Ada perbedaan antara deterjen bebas pewangi dan tanpa pewangi. “Tidak diberi wewangian berarti aromanya telah ditutup, tetapi masih ada di dalam deterjen,” jelasnya.

Mengenai apa yang harus dihindari, Dr Amna tidak menyarankan deterjen bayi yang mengandung;

  • Pencerah. Ini adalah bahan kimia yang membuat warna tampak lebih cerah. Ini tidak benar-benar mendapatkan pakaian yang lebih bersih, tetapi zat tersebut tetap berada di kain dan dapat menyebabkan reaksi seperti iritasi kulit,
  • Larutan pemutih berkekuatan industri, karena pemutih untuk konsentrasi level rumah tangga jika digunakan dengan benar akan baik-baik saja,
  • Deterjen bubuk, meskipun nyaman, bukanlah pilihan yang aman untuk Moms yang memiliki bayi. Karena mudah dijatuhkan, atau tidak sengaja tertinggal dan berada dalam jangkauan bayi,
  • Deterjen khusus laundry,

“Sayangnya, ini menjadi sumber racun dan toksisitas pada anak-anak yang tertarik dengan warna-warna cerah. Deterjen dalam kemasan cucian sekali pakai sangat pekat, sehingga jumlah kecil pun bisa berbahaya,” kata dia.

Baca Juga: Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi, Simak di Sini

Rekomendasi Deterjen Bayi

Setelah mempertimbangkan bahan yang boleh dan tidak boleh ada dalam kandungan deterjen bayi, ada beberapa rekomendasi deterjen bayi dari berbagai merk yang bisa Moms gunakan sebagai referensi yang tepat untuk kebutuhan Si Kecil.

1. Rekomendasi Deterjen Bayi: Rinso Gentle Deterjen Bubuk 700gr

Rinso Gentle Deterjen Bubuk 700gr

Diklaim hanya butuh sedikit air agar pakaian bebas noda, deterjen ini menggunakan teknologi SmartFoam versi terbaru sehingga Moms hanya membutuhkan setengah jumlah air dari yang biasanya digunakan untuk mencuci baju.

Ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Moms yang ingin menghemat air, sekaligus menghilangkan noda secara maksimal. Deterjen ini mampu menghapus noda hingga bersih karena dapat masuk sampai ke dalam serat kain.

Diperkaya dengan pH yang rendah, deterjen cair konsetrat ini dapat menjadi pilihan cermat untuk menjaga kulit bayi dan anggota keluarga lainnya.

2. Rekomendasi Deterjen Bayi: Cussons Baby Liquid Detergent 700mL

7% Rp29.400
Rp27.200
Cussons Baby Liquid Detergent 700mL

Memiliki aroma lembut khas bayi, deterjen ini cocok bagi Moms yang menyukai wangi khas bayi. Deterjen yang memiliki aroma yang lembut ini juga diperkaya dengan ekstrak citrus alami yang mampu menghilangkan noda tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain itu, deterjen ini juga memiliki kandungan chamomile yang bermanfaat untuk menjaga pakaian tetap lembut. Deterjen ini dapat melindungi kulit bayi karena mengandung pH seimbang dan tidak mengandung pemutih.

Pakaian Si Kecil akan tetap higienis dan bebas kuman karena terdapat formula antibakteri di dalamnya. Formulanya juga cocok digunakan oleh Moms atau anggota keluarga lain yang memiliki kulit sensitif.

3. Rekomendasi Deterjen Bayi: Sleek Baby Laundry Detergent 1200ml

14% Rp68.640
Rp59.000
Sleek Baby Laundry Detergent 1200ml

Sleek telah mendapat penghargaan sebagai produk yang terpercaya untuk membersihkan perlengkapan bayi, termasuk pakaian. Moms tidak perlu ragu lagi mengenai kualitasnya karena banyak konsumen yang puas dengan hasilnya.

Deterjen ini juga mengandung bahan antibakteri dan antijamur, sehingga pakaian bayi lebih higienis dan bersih sempurna. Di samping itu, harganya juga terbilang lebih ekonomis dibandingkan produk lainnya. Ini akan cocok bagi Moms yang ingin berhemat namun dengan kualitas yang baik.

Baca Juga:5 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi untuk Baju Si Kecil

4. Rekomendasi Deterjen Bayi: Pigeon Laundry Detergent 1kg

26% Rp155.400
Rp114.400
Pigeon Laundry Detergent 1kg

Deterjen ini sangat direkomendasikan bagi Moms yang peduli akan keadaan lingkungan. Formula deterjen ini diklaim 100 % bebas phosphate dan fluorescent, sehingga lebih ramah lingkungan. Meski begitu, Moms tak perlu ragu akan kemampuannya dalam membersihkan pakaian.

Juga diperkaya antibakteri, deterjen ini diklaim mampu membunuh hingga 99,99 % bakteri pada pakaian. Selain bersih, pakaian Si Kecil juga bebas kusam dan luntur karena deterjen ini memiliki teknologi color safe. Meski berbentuk bubuk, namun deterjen ini aman digunakan, baik dengan mesin cuci maupun tangan.

5. Rekomendasi Deterjen Bayi: Cycles Mild Laundry Deterjent

Sering kesal dengan residu yang tertinggal setelah dicuci karena berbahaya bagi kulit bayi? Moms bisa memilih deterjen ini. Kandungan deterjen ini diklaim bebas SLES atau SLS, sehingga mampu untuk membersihkan pakaian bayisambil tetap melindungi kelembutan kulitnya.

Selain itu, formulanya juga memiliki nilai transmittance paling tinggi di antara deterjen lainnya. Jadi, deterjen ini tidak meninggalkan residu dibandingkan produk sejenis. Jadi, tidak ada partikel yang dapat mengiritasi kulit bayi sehingga bayi Anda merasa lebih nyaman.

6. Rekomendasi Deterjen Bayi: Zwitsal Baby Fabric Detergent 750ml

22% Rp22.700
Rp17.700
Zwitsal Baby Fabric Detergent 750ml

Bagi sebagian besar orang tua, tentu sudah tidak asing dengan salah satu produk kebutuhan bayi yang sangat terkenal di Indonesia ini. Zwitsal Deterjent berbentuk deterjen cair yang akan memudahkan Moms saat mencuci baju bayi.

Deterjen ini tidak mengandung zat kimia atau aditif yang dapat membahayakan kulit bayi. Jadi, Moms tidak perlu khawatir untuk menggunakanya, karen produk Zwitsal sangat aman untuk dipakai bahkan saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

7. Rekomendasi Deterjen Bayi: Baby Max Baby-safe Detergent

Meskipun berbahan dasar alami, namun deterjen bayi ini memiliki teknologi canggih yang efektif melindungi kulit bayi. Deterjen ini berasal dari bahan nabati dan diproses secara alami. Jaminan tersebut dapat dilihat pada label HomeFree yang terletak pada label kemasan.

Label tersebut menandakan bahwa produk ini bebas paraben, pewarna, enzim, SLS, dan formalin. Deterjen ini tetap dapat bekerja secara maksimal berkat adanya teknologi antibakterial dan Color Defender. Baju akan tetap bersih dan cerah, bayi pun nyaman saat menggunakannya.

8. Rekomendasi Deterjen Bayi: Pure Baby Laundry Liquid Refill 450ml

Pure Baby Laundry Liquid Refill 450ml

Deterjen ini sudah terjamin aman untuk bayi karena sudah teruji secara klinis. Dalam kemasan ada tulisan SLS free atau Sodium Lauryl Sulfate yang merupakan sebuah molekul yang terdapat pada kulit yang memungkinkan proses pembersihan menjadi lebih maksimal.

SLS diklaim dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan kotoran, namun tampaknya memiliki efek samping untuk kesehatan karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit kemerahan, dan keluhan lainnya. Ini adalah alasan mengapa Moms harus membeli deterjen bayi berlabes SLS free atau bebas SLS.

Tentunya Moms ingin mencuci pakaian bayi dengan menggunakan deterjen yang dapat diandalkan, baik dari segi kekuatan menghilangkan noda, maupun keamanannya untuk kulit bayi. Jadi, perhatikan bahan dan kandungannya sebelum membeli deterjen bayi ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait