Bayi

5 Maret 2020

4 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur setelah Bepergian, Yuk Coba!

Apakah bayi moms juga susah tidur setelah bepergian?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sama seperti Moms, bayi yang memiliki rutinitas tidur pun akan mengalami kesulitan saat diajak bepergian. Ternyata masalahnya tidak hanya sampai situ. Bayi juga akan mengalami susah tidur bahkan setelah kembali ke rumah.

Biasanya, jika Si Kecil telah memiliki rutinitas tidur yang konsisten, hal apapun yang merusak rutinitas itu akan membuatnya mudah marah karena waktu tidur yang terganggu.

Pakar tidur bersertifikat dan guru pendidikan khusus Jensine Casey mengatakan, butuh konsistensi untuk mengembalikan rutinitas tidur saat kembali ke rumah.

“Periode penyesuaian mengembalikan rutinitas sebelum tidur biasanya akan terjadi sekitar tiga hari (terutama jika zona waktu berubah). Jadi, penting untuk tetap konsisten sehingga anak akan mempelajari kebiasaannya,” ujarnya.

Namun, Dr. Lina Velikova M.D., Ph.D., seorang spesialis tidur bayi menjelaskan bahwa Moms dapat meminimalkan gangguan setelah sampai di rumah, dengan mempertahankan rutinitas sebelum tidur saat bepergian.

“Tentu, lingkungannya akan berbeda, tetapi jika bayi tidur siang pada waktu yang hampir bersamaan, dan mengikuti ritual kebersihan tidur yang sama, Anda mungkin tidak akan melihat kemunduran besar. Hal yang sama berlaku untuk balita,” jelasnya.

Baca Juga: Si Kecil Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur setelah Bepergian

Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi bayi susah tidur setelah bepergian. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Lakukan Hal Menyenangkan di Rumah

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -1.jpg

Foto: Mom.com

Agar bayi tidak mengalami susah tidur setelah bepergian, Moms bisa mengajaknya untuk bermain bersama di rumah. "Setelah kembali dari liburan, lakukan rutinitas yang biasa. Kumpulkan beberapa mainan favorit bayi dan letakkan di tempat tidur, bicarakan betapa bersemangatnya Anda bisa tidur bersama di tempat tidur anak Anda,” ujar Lina.

Jika Moms saja mengalami jetlag setelah liburan, bayi pun juga akan merasakan hal serupa. Jadi, pahamilah bahwa Si Kecil benar-benar membutuhkan kehadiran Moms agar bayi mendapatkan kenyamanannya sendiri bersama Moms di rumah.

Setelah bermain bersama, pastikan bayi benar-benar lelah saat Moms mengajaknya tidur siang. Beberapa hari pertama memang akan terasa sulit, namun kesabaran Moms diperlukan agar Si Kecil merasa nyaman dan tidak mengalami susah tidur, baik siang atau malam hari agar staminanya kembali.

2. Kurangi Kegiatan di Luar Rumah

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -2.jpg

Foto: Istockphoto.com

Cara mengatasi bayi susah tidur setelah bepergian yang selanjutnya adalah kurangi kegiatan di luar rumah. Untuk beberapa hari pertama setelah kembali dari liburan, cobalah untuk tidak merencanakan kegiatan apa pun selama siang hingga sore hari.

Bermain saja di rumah dan lakukan aktivitas bersama bayi. Kemudian, pastikan Moms dan Si Kecil melakukan rutinitas malam hari sebelum tidur dengan tenang, tidak terburu-buru, sehingga bayi akan tidur tepat waktu.

Bayi mungkin akan merasa kelelahan karena kurang tidur ideal saat liburan, jadi pertimbangkan waktu tidur yang lebih awal untuk minggu pertama Moms dan Si Kecil di rumah. Hindari pula rutinitas atau aktivitas berlebih sesaat sebelum waktu tidur.

Baca Juga: Susah Dibangunkan untuk Menyusu Karena Bayi Tidur Seharian, Normalkah?

3. Kenalkan Kembali Rutinitas

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -3.jpg

Foto: Tinylove.com

Cara mengatasi bayi susah tidur setelah bepergian yang selanjutnya adalah memperkenalkan kembali rutinitas. Kemungkinannya adalah bahwa rutinitas bayi saat berlibur berbeda dari rutinitas normal saat di rumah.

Ketika kembali ke rumah, ingatkan bayi tentang rutinitas tidurnya dan patuhi dengan ketat pada minggu pertama atau kedua setelah liburan.

Pastikan juga bayi memiliki waktu tidur siang sesuai jadwal. Gunakan bahasa positif tidak hanya tentang liburan, tetapi juga tentang betapa menyenangkannya berada di rumah. Ini tidak akan membuat bayi kembali susah tidur saat di rumah.

4. Pastikan Kenyamanan Bayi

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -4.jpg

Foto: Tappytaps.com

Cara mengatasi bayi susah tidur setelah bepergian yang selanjutnya adalah pastikan kenyamanan bayi. Dilansir dari Columbianeurology, setelah rutinitas sebelum tidur seperti mandi dan membaca buku selesai, Moms bisa memainkan musik lembut saat bayi terlihat mulai mengantuk.

Taruh bayi di tempat tidur ketika terlihat mengantuk, tetapi sebelum tidur. Jika bayi terbangun di tengah malam, tenangnkan bayi dengan menepuknya tetapi hindari mengeluarkan bayi dari tempat tidur. Jika bayi menangis, tunggu beberapa menit kemudian tenangkan bayi kembali. Konsistenlah dengan rutinitas dan respons Moms.

Baca Juga: Bayi Susah Tidur di Malam Hari? Kenali 5 Penyebabnya

Itulah cara mengatasi bayi susah tidur setelah bepergian yang bisa Moms lakukan. Bayi yang susah tidur juga akan membuat Moms stres. Jadi, prioritaskan kenyamanannya agar Si Kecil tetap merasa nyaman setelah bepergian.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait