Parenting

10 Agustus 2021

4 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja dengan Bijak

Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja yang tepat? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Cara mengatasi kenakalan remaja menjadi hal penting yang perlu dibekali pada setiap orang tua. Sebab, kenakalan remaja bukanlah kondisi yang dapat disepelekan. Ketika anak beranjak remaja, orang tua memang perlu berhati-hati, baik dalam mengajarkan dan berperilaku.

Jangan sampai, salah pola asuh membuat remaja menjauhkan diri dari orang tua, sibuk dengan gadget dan mengabaikan lingkungan di sekitarnya, atau bahkan sampai melakukan kenakalan remaja.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga, remaja adalah masa pencarian jati diri yang mendorongnya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, ingin tampil menonjol, dan diakui eksistensinya.

Di sisi lain, remaja mengalami ketidakstabilan emosi sehingga mudah dipengaruhi teman dan mengutamakan solidaritas kelompok. Jika anak terjerumus dalam pergaulan bebas, akan berdampak negatif untuk pertumbuhan anak dan masa depannya.

Lantas, seperti apa cara mengatasi kenakalan remaja yang tepat dan menurut para ahli? Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif dari Pergaulan Bebas pada Remaja, Moms Harus Waspada

Apa Itu Kenakalan Remaja?

Mengetahui tentang Kenakalan Remaja.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memahami cara mengatasi kenakalan remaja, ada hal penting yang harus Moms ketahui. Tindakan seperti apa yang disebut sebagai kenakalan remaja?

Dilansir dari jurnal yang diungkapkan oleh Departemen Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Padjajaran, kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari hukum, agama, dan norma-norma masyarakat yang dilakukan oleh remaja.

Perilaku tersebut tentunya akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang-orang di sekitarnya.

Kenakalan remaja ini juga dinilai sebagai kemorosotan moral yang semakin melanda di kalangan sebagian besar pemuda. Kenakalan remaja dapat dilakukan oleh seorang individu atau bisa juga dilakukan bersama-sama dalam suatu kelompok remaja.

Kenakalan remaja memang banyak bentuknya, di antaranya seperti mengonsumsi minuman keras atau pesta miras, berjudi, balapan liar, tawuran, seks bebas, mengambil uang orang tua, membolos sekolah, berkelahi, minggat dari rumah, hingga narkoba.

Tentunya berbagai tindakan ini dapat meresahkan hati orang tua, sehingga perlu dipahami cara mengatasi kenakalan remaja yang tepat.

Perlu dipahami, usia remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menjadi orang dewasa.

Maka dari itu, remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal yang baru.

Di masa inilah, bimbingan orang tua dan lingkungan sangat diperlukan agar mereka tidak salah mengambil langkah yang pastinya akan berdampak di masa yang akan mendatang.

Baca Juga: Anak Remaja Mulai Menjauh dari Orang Tua, Ini 3 Cara Mengatasinya!

Ketahui Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Ada beberapa cara mengatasi kenakalan remaja yang bisa dilakukan oleh orang tua, di antaranya:

1. Komunikasi yang Tepat

Komunikasi yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika anak beranjak remaja, Moms dan Dads harus menyadari pentingnya melakukan tindakan preventif untuk mencegah anak jatuh ke dalam pergaulan yang salah.

Dilansir dari Better Health Channel, komunikasi yang tepat dengan anak remaja menjadi hal utama yang harus dipahami oleh orang tua.

Remaja biasanya lebih senang mengungkapkan perasaan dan menceritakan masalahnya kepada teman sebaya. Mereka merasa khawatir dan tidak nyaman mengomunikasikan dengan orang tua karena takut orang tua akan bereaksi negatif.

Hindari komunikasi yang terkesan menggurui atau hingga menghakimi pendapat anak. Sebab, komunikasi negatif adalah penyebab umum konflik antara orang tua dan remaja.

Orang tua harus menghargai bahwa anak remaja memiliki pandangan yang berbeda tentang apa saja, yang mungkin berbeda dengan pendapat kita.

Tetap hormati pendapat mereka dan berikan argumentasi yang tepat ketika pendapat anak mulai tidak masuk akal.

Ingat, sebagai orang tua, Moms dan Dads tetap harus mengarahkan anak remaja memiliki pandangan yang tepat.

Ketika sudah terbentuk komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, maka mereka akan cenderung lebih terbuka.

Baca Juga: Awas, Sering Makan Fast Food Bisa Memicu Depresi pada Remaja

2. Memahami Perasaan Remaja

Memahami Perasaan Remaja

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi kenakalan remaja bisa dengan memahami perasaan mereka. Mengetahui kesulitan yang secara umum dialami oleh para remaja akan mengajak orang tua untuk lebih berempati pada anak.

Selain itu, orang tua cenderung untuk marah dan menghakimi saat anak berbuat sesuatu yang melanggar norma. Namun, orang tua tidak berusaha memahami dan mengetahui alasan anak berbuat demikian.

Oleh karena itu, orang tua harus menelusuri penyebab anak menjadi nakal agar langkah dalam mengatasi juga tepat.

Dengan begitu, Moms akan lebih memahami kesulitan-kesulitan mana saja yang biasanya menjadi sebab timbulnya pelampiasan dalam bentuk kenakalan.

Perlu dipahami, memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan.

Moms juga perlu mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan mental dan pendidikan agama, serta budi pekerti.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Dekat dengan Anak Perempuan Pra-Remaja

3. Mengendalikan Diri

Mengendalikan Diri.jpg

Foto: parents.com

Dilansir dari laman Pusat Penyuluhan Sosial dari Kementerian Sosial Indonesia, penting sekali bagi orang tua untuk mampu mengendalikan diri sebagai cara mengatasi kenakalan remaja. Mengapa demikian?

Orang tua kerap kali kehilangan kendali menghadapi perilaku nakal remaja. Jika ingin mengendalikan remaja, penting sekali untuk mengendalikan diri. Orang tua perlu memahami waktu berkomunikasi yang tepat dengan anak.

Ada baiknya, apabila Moms atau Dads masih dalam keadaan marah, hindari berkomunikasi dengan anak. Salah satu ciri umum remaja adalah mereka senang memprovokasi orang tua sehingga orang tua bereaksi negatif.

Oleh karena itu, orang tua tidak boleh hilang kendali dan tetap tenang dalam menghadapi anak remaja.

Baca Juga: Orang Tua Merokok Berisiko Membuat Anak Merokok Sejak Remaja

4. Membuat Batasan yang Jelas

Membuat Batasan yang Jelas.jpg

Foto: usnews.com

Cara mengatasi kenakalan remaja berikutnya yang bisa dilakukan, yaitu membuat batasan yang jelas.

Setelah orang tua memahami faktor penyebab anak melakukan kenakalan remaja, kini waktunya untuk mengevaluasi dari hal yang sudah terjadi.

Orang tua dan anak perlu duduk bersama membuat aturan dan batasan-batasan jelas. Adapun batasan dan aturan tersebut harus masuk akal, memiliki alasan yang dapat diterima oleh anak dan orang tua.

Membuat aturan bersama penting agar anak belajar bagaimana berkomitmen atas apa yang telah dibuat dan disetujuinya.

Orang tua juga perlu menaruh rasa percaya pada anak bahwa mereka tidak akan melakukan kesalahan yang sama dan memberikan kesempatan untuk berubah.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi kenakalan remaja. Semoga berhasil, ya, Moms.

  • https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/download/1132/567
  • https://puspensos.kemensos.go.id/mengatasi-kenakala-remaja
  • https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/14393/6947
  • http://repository.unair.ac.id/48823/4/4.%20BAB%201%20PENDAHULUAN%20.pdf
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/teenagers-and-communication
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait