3-12 bulan

5 November 2021

15 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi, Yuk Coba!

Perut kembung pada bayi adalah hal yang wajar, Moms! Tapi tetap harus waspada, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Pada usia 0-3 bulan, bayi kerap mengalami perut kembung karena saluran cernanya yang masih belum bekerja sempurna. Lalu, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi?

Ketika Si Kecil mendapat laktosa berlebihan dari foremilk ASI, hal ini juga dapat menyebabkan penumpukan gas di perutnya.

Menurut La Leche League International, foremilk adalah cairan ASI di awal ketika bayi mulai menyusui. Foremilk tidak selalu rendah lemak, ini bervariasi sesuai dengan nutrisi pada ibu.

Apakah Moms pernah mendapati Si Kecil mengalami masalah perut kembung? Si Kecil memang akan menjadi kurang nyaman dan bisa saja menjadi lebih rewel daripada biasanya.

Tapi tenang saja, Moms, ada berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi!

Baca Juga: Hindari 5 Penyebab Perut Bayi Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

"Perut kembung pada bayi dikatakan berbahaya apabila bayi rewel, perut tampak tegang mengilat, bayi muntah-muntah, atau bayi tidak buang air besar (BAB) selama beberapa hari dan menyebabkan bayi tidak nyaman," jelas dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Moms tidak perlu khawatir, begini cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara yang mudah dan sederhana.

Cara ini dapat dilakukan apabila bayi tidak merasakan nyeri berlebihan pada perut atau dalam kondisi baik-baik saja. Simak, yuk!

1. Pijat Perut Bayi

Memijat perut bayi dapat mengatasi perut kembung pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang paling mudah adalah dengan memijat perutnya searah jaruh jam.

Pijatlah dengan lembut menggunakan minyak telon hingga ia juga merasa hangat dan nyaman.

Selain minyak telon, Moms juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kayu putih agar hangat pada tubuh bayi lebih terasa.

Gerakan memijat dengan lembut ini juga akan membuat badan bayi terasa lebih rileks dan tidak merasakan pegal akibat terlalu lama berbaring atau menyusui.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

2. Lakukan Gerakan Sepeda

Ini juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Posisikan Si Kecil telentang di kasur. Moms dapat mengangkat kedua kakinya kemudian ayunkan kedua kaki tersebut seperti gerakan sedang mengendarai sepeda.

Gerakan ini menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi yang ampuh, karena dipercaya dapat membantu untuk mengeluarkan gas dari dalam perutnya, lho!

Terapi fisik ini mampu membantu bayi melepaskan udara berlebih saat bayi mengalami perut kembung.

Gerakan kaki seperti mengayuh sepeda yang melingkar ini akan menyebabkan gerakan di usus, yang dapat membantu melepaskan udara berlebih yang terperangkap di perut.

3. Sendawakan Bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi, jangan lupa untuk membantu bayi untuk bersendawa setelah ia usai menyusu.

Proses sendawa ternyata dapat mendorong udara yang masuk selama menyusui keluar dari perutnya.

Moms dapat menggendong dan mendekapnya secara tegak dan tunggulah sampai Si Kecil bersendawa sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Selain digendong, Moms juga bisa menyendawakannya dengan posisi duduk. Pangkulah buah hati, usap-usap punggungnya hingga ia bersendawa.

Baca Juga: Cacar Air saat Hamil Tua, Apakah Bisa Menular pada Bayi?

4. Tengkurapkan Bayi

Ketika mendapati Si Kecil kembung, cara mengatasi perut kembung pada bayi juga dapat dilakukan dengan menelungkupkan badannya.

Posisi tengkurap juga dapat membantu mendorong udara di perut hingga keluar.

American Academy of Pediatrics juga menyarankan posisi ini untuk mengeluarkan gas dari bayi Moms.

Jadi ini aman dilakukan ya, Moms, sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Tak hanya itu, sambil tengkurap Si Kecil juga bisa beraktivitas dan meningkatkan kemampuannya bergerak dan mengembangkan motoriknya.

Bayi yang terlalu lama berbaring juga tidak baik, karena dapat menghambat proses pencernaan bayi dan menyebabkan bayi terkena konstipasi atau sembelit.

5. Lakukan Proses Menyusui dengan Posisi Tepat

Menyusui dengan tepat dapat mengatasi perut kembung pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Nah, ini, dia hal yang penting dilakukan untuk meminimalkan risiko Si Kecil mengalami perut kembung. Perhatikan posisi saat menyusui bayi, ya, Moms.

Posisikan Si Kecil agak sedikit tegak agar ASI dapat masuk ke perutnya secara lancar dan tidak banyak udara yang masuk, sehingga dapat menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Hal yang sama juga dapat Moms lakukan ketika Si Kecil menyusu dengan bantuan botol.

Jangan posisikan bayi tidur telentang karena rawan tersedak dan juga bisa menimbulkan masalah di perutnya.

"Ketika sedang menyusui bayi, pastikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Kalau tidak, bayi akan menghirup udara. Lebih banyak udara yang tertelan berarti berpotensi lebih banyak gas," ujar Jennifer Shu, M.D., Dokter Anak di Atlanta dan pengarang Food Fights: Winning The Nutritional Challenges of Parenthood Armed with Insight, Humor, and A Bottle of Ketchup.

Baca Juga: Cegukan Pada Bayi, Apakah Berbahaya?

6. Memakaikan Gendongan Bayi

Selanjutnya, cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memakai gendongan bayi.

Menggendong bayi dengan gendongan juga salah satu cara meredakan sakit kembung bayi lho, Moms.

Tapi, Moms harus memastikan bayi berada dalam posisi nyaman dan mampu menggerakkan kepalanya dan bernapas dengan bebas saat berada dalam gendongan.

Pastikan gendongan bayi sesuai dengan usia bayi, agar bentuk gendongan dapat menyesuaikan tubuh bayi dengan nyaman dan aman.

Salah menggunakan gendongan, dapat membuat tulang bayi tidak tubuh secara optimal.

7. Mengisap Dot

Menggunakan dot bayi tepat dapat mengatasi perut kembung pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Siapa bilang dot tidak ada gunanya? Penggunaan dot bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara memberikan bayi dot untuk dihisap.

Namun, mengisap dot dengan keras dapat membuat bayi mengisap udara dan memperparah perut kembung.

Pastikan ya Moms, ketika mengisap dot, bayi tidak dalam keadaan lapar ya. Setidaknya Si Kecil sudah minum susu atau sudah sedikit mengonsumsi makanan.

Pemberian dot ini juga berlaku apabila anak rewel atau Moms sedang ada aktivitas yang menghalangi pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil.

Baca Juga: 7 Penyebab Bayi Meronta di Dalam Gendongan, Wajib Tahu!

8. Kontrol Udara yang Masuk dalam Tubuh Si Kecil

Apakah makanannya berasal dari payudara atau botol, cobalah memberi makan bayi Moms dalam posisi yang lebih tegak untuk mengurangi udara yang ditelan anak.

Jika Moms sedang menyusui, pastikan posisi bayi terkunci dengan benar.

Untuk bayi yang diberi melalui susu botol, uji puting dan botol anti-gas, yang dapat mengubah aliran ASI dan mengurangi jumlah udara yang ditelan bayi.

Pastikan bahwa puting susu Moms selalu penuh dengan susu, sehingga bayi Moms tidak mengonsumsi susu formula yang mengandung banyak udara.

Selain melakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi ini, coba hindari mengocok botol terlalu banyak, yang dapat menambahkan gelembung ekstra pada susu.

9. Beri Bayi Makan Sebelum Lapar

beri-bayi-makan-sebelum-lapar-dapat-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin ini cara tradisional mengatasi perut kembung pada bayi.

Moms harus memberi makan Si Kecil sebelum ia kelaparan. Jika ia kelaparan, tentu akan menangis dan rewel, terutama saat Si Kecil benar-benar masih kecil.

Namun, semakin banyak bayi Moms menangis, semakin banyak pula udara yang akan ditelannya (dan semakin banyak gas yang dimilikinya).

Jadi sebisa mungkin, untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi ini, pelajari isyarat atau tanda lapar awal pada bayi untuk mencegah agar Si Kecil tidak menangis dan menambah kembung di perutnya.

Baca Juga: Bukan Lapar Atau Sakit, Ini 5 Tanda Tak Biasa Bayi Menangis

10. Pertimbangkan untuk Menggunakan Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang secara alami ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kimchi dan yogurt serta dalam suplemen dan formula yang dipasarkan untuk mengatasi masalah perut pada bayi.

Penelitian pada orang dengan kondisi usus seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) telah menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gas, kemungkinan dengan mendukung kesehatan usus.

Walaupun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk membuktikan bahwa hal ini memang bekerja untuk bayi yang memiliki banyak gas di perutnya.

Sementara itu, probiotik umumnya dianggap aman, namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Moms sebelum memberi bayi probiotik sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi, ya.

11. Cek Nutrisi Makanan

Cek nutrisi makanan bayi dapat mengatasi perut kembung pada bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms menyusui, bicarakan dengan dokter anak tentang apakah Moms harus tidak mengonsumsi makanan yang berpotensi menyebabkan gas pada bayi.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan gas paa bayi termasuk produk susu, kafein, bawang merah dan kol.

Ini juga merupakan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang patut diperhatikan.

Selain itu, makanan yang mengandung gas biasa dikonsumsi bayi juga terdapat pada sayuran, seperti kacang, brokoli, kol, jagung, dan kentang.

Pastikan apabila Moms ingin menggunakan sayuran ini untuk MPASI, porsi yang diberikan tidak berlebihan, ya Moms.

Terapkan cara tradisional mengatasi perut kembung pada bayi ini, ya.

Baca Juga: Perut Bayi Bunyi Setelah Menyusui, Tanda Lapar Atau Suatu Masalah Kesehatan?

12. Coba Teh Chamomile

Konsultasikan dengan dokter Moms tentang memberikan anak teh chamomile sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Tanyakan pada dokter anak terlebih dahulu, tetapi dokter kadang-kadang menyarankan memberi bayi Moms teh chamomile dingin atau hangat (bukan panas).

Biasanya, Moms disarankan untuk memberikannya melalui pipet atau mencampurnya dalam ASI perah jika Moms memberi anak susu botol.

Ini karena mungkin akan efektif mengurangi rasa sakit gas dan gejala kolik.

Meski kembung pada bayi pada umumnya normal terjadi dan dapat diatasi dengan mudah, ada beberapa kasus tertentu di mana Moms harus mewaspadai perut kembung yang merupakan suatu indikasi penyakit tertentu.

13. Memperhatikan Jenis Dot Bayi

Jenis dot bayi untuk mengatasi perut kembung pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Salah memberikan ukuran dan jenis botol susu pada bayi, dapat menyebabkan perut kembung pada bayi.

Memerhatikan bentuk ukuran botol bayi dan tekstur dot adalah bagian dari cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Saat menyusui dengan botol, sebaiknya bayi membutuhkan waktu antara 20 menit hingga 1 jam untuk menyelesaikan makannya.

Jika mereka selesai menyusui dalam 5 menit, mereka menelan terlalu cepat dan menelan udara berlebih. Dalam kasus seperti ini, aliran dot mungkin terlalu besar untuk usia mereka.

Cobalah beralih ke dot susu yang memiliki aliran lebih perlahan, agar gas tidak terlalu banyak masuk ke dalam perut bayi.

Baca Juga: Lebih Hemat Budget, Ini 7 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Disewa Saja!

14. Gunakan Gas Tetes

Menggunakan gas tetes simetikon adalah cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Menurut Healthy Children, meneteskan sebotol tetes gas dapat memecah gas pada perut bayi.

Ini aman untuk dilakukan untuk bayi namun perlu pengarahan dari dokter sebelum menggunakannya ke bayi.

Salah memberikan dosis atau penyalahgunaan dapat berakibat gangguan kesehatan serius pada bayi.

Jadi, pastikan Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

15. Mengajak Anak Bermain

Mengajak anak bermain adalah cara mengatasi perut kembung pada bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengajak anak bermain dan mengalihkan pikiran mereka, merupakan cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Usia bayi yang lebih tua akan lebih menangis dan rewel karena kesakitan atau saat mereka bosan.

Jika kondisi bayi tampak baik-baik saja, ajaklah bayi bermain, bernyanyi, dan permainan interaktif lainnya agar mengalihkan mereka dari rasa nyeri akibat perut kembung.

Dengan membuat anak lebih aktif dan mengalihkan rasa nyeri mereka, ini salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Perut Balita Kembung Setelah Makan

Itu dia Moms, cara mengatasi perut kembung pada bayi. Jika kembung disertai muntah berwarna hijau serta tidak buang air besar dan buang angin, Moms dapat segera memeriksakan Si Kecil ke dokter.

Perut kembung pada bayi memang normal, selagi anak tidak rewel, menangis atau merasakan nyeri secara berlebihan.

Namun apabila, perut kembung pada bayi didahului oleh sakit perut dan buang air besar disertai lendir dan darah, ini adalah satu tanda serius yang perlu Moms ketahui, ya.

Untuk memastikan Si Kecil tumbuh dan berkembang sesuai usianya, Moms bisa pantau tinggi dan berat badannya dengan fitur Growth Tracker di Orami App!

Pada fitur Growth Tracker ini, Moms dapat mengetahui apakah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Si Kecil tetap berada dalam batas yang normal, atau justru berisiko dan perlu berkonsultasi ke dokter.

Yuk, coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/diapers-clothing/Pages/Breaking-Up-Gas.aspx
  • https://www.llli.org/breastfeeding-info/foremilk-and-hindmilk/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait