Kesehatan

13 Oktober 2021

9+ Cara Menghilangkan Garis Senyum secara Alami, Yuk Coba!

Salah satunya dengan senam wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Terlalu banyak tersenyum rupanya bukan hanya membawa kebahagaiaan, karena ternyata ada beberapa orang yang mencari tahu cara menghilangkan garis senyum.

Sebab, garis senyum akan terlihat seperti keriput yang bisa saja ingin dihilangkan. Beberapa Moms ada yang menggunakan cara singkat seperti operasi atau penyuntikan botox.

Tapi ada juga cara menghilangkan garis senyum secara alami, yang bahkan bisa dilakukan sejak remaja agar tidak memiliki garis senyum yang akan mengganggu di kemudian hari.

Baca Juga: Seni Adalah Salah Satu Cara Mengatasi Stres Pada Anak

Cara Menghilangkan Garis Senyum secara Alami

Cara Menghilangkan Garis Senyum -1.jpg

Foto: Sciencebecomesher.com

Seiring bertambahnya usia, garis senyum terbentuk secara alami di wajah, membuat Moms terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Penggunaan bahan-bahan alami tentu dilakukan agar menghindari lebih sedikit efek samping dan bisa menjadi cara menghilangkan garis senyum yang bisa menjadi pilihan terbaik.

1. Gunakan Minyak Zaitun

Menggunakan hampir semua jenis minyak ke kulit akan membantu melembapkannya dan membuat Moms terlihat muda.

Beberapa minyak yang paling populer adalah minyak kepalapa, biji anggur dan minyak zaitun. Cukup taruh sedikit di ujung jari dan pijat di sekitar mulut dan garis senyum.

Karena sifat anti-penuaan minyak zaitun, itu sangat efektif dalam menghilangkan garis senyum. Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang efektif mencegah munculnya garis tersebut.

Moms akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika melakukannya saat malam hari dan membiarkannya semalaman.

Yang harus dilakukan adalah mengoleskan minyak zaitun ke wajah, pijat dengan baik terutama di dekat area di mana garis tawa biasanya muncul. Ulangi proses ini dua kali sehari.

2. Pelembap Malam

Jika Moms lebih suka menggunakan perawatan krim untuk menghilangkan kerutan, pelembap malam hari akan memiliki dampak terbesar sebagai cara menghilangkan garis senyum.

Pelembap malam biasanya sedikit lebih berat dan Moms harus biarkannya semalaman atau setidaknya delapan jam untuk membiarkannya bekerja dengan baik.

Moms bisa mencari pelembap yang juga mengandung anti penuaan dan memiliki bahan alami seperti kolagen, antioksidan, minyak kacang dan vitamin E.

3. Jus

Makan buah sangat bagus untuk kesehatan, tetapi mengoleskannya ke kulit akan membantu pengelupasan dan pengencangan kulit.

Moms bisa mengoleskan jus lemon atau jus nanas sebagai cara menghilangkan gars senyum yang alami dan mudah dilakukan.

Asam akan membantu mengencangkan kulit kendur dan antioksidan melawan radikal bebas. Minum jus wortel juga dianjurkan untuk menjaga kulit terlihat cerah, awet muda dan bebas kerut.

4. Senam Wajah

Melakukan latihan wajah akan memperkuat otot-otot yang mencegah kendur dan keriput. Caranya, Moms bisa meletakkan ujung jari dengan kuat di atas garis senyum, lalu tersenyum selebar mungkin sambil menjaga bibir tetap terpisah.

Tahan posisi ini selama 5-10 detik, istirahat dan ulangi. Moms bisa mengulanginya selama 30 kali dalam sehari. Cobalah selama sebulan dan lihat apa yang akan terjadi.

Baca Juga: Yuk Tiru 4 Cara Menegur Anak Dengan Bijak

5. Air

Tetap terhidrasi akan membuat sel-sel kulit terlihat awet muda. Moms bisa meminum satu atau dua gelas tambahan di sela-sela menggunakan pelembap, masker, dan latihan wajah.

Selain memberikan kesegaran, ini juga akan membantu garis senyum menjadi lebih cerah dan menghindari wajah dari kerutan.

6. Putih Telur

Putih telur adalah bahan rahasia untuk mengencangkan kulit dan menjadi cara menghilangkan garis senyum yang mengurangi kerutan.

Moms dapat mengoleskan putih telur langsung ke kulit di sekitar mulut dan mata, lalu biarkan mengering selama 30 menit dan akhiri dengan mencuci wajah dengan air hangat.

7. Suplemen Lidah Buaya

Ternyata, lidah buaya tidak hanya menyembuhkan permukaan kulit. Sebuah studi dari Annals of Dermatology menemukan bahwa mengonsumsi suplemen gel lidah buaya membuat peningkatan yang signifikan pada kerutan dan elastisitas wajah.

Selama 90 hari, peserta penelitian meminum bubuk gel lidah buaya pekat yang dilarutkan dalam air suling. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang nyata dalam kadar kolagen dan mengurangi garis wajah.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin Tanpa AC

Cara Menghilangkan Garis Senyum untuk Remaja

Cara Menghilangkan Garis Senyum -2.jpg

Foto: Charlestonhairandmakeup.com

Selain mengatasi stres yang meningkat di sekolah dan tekanan dari teman sebaya, remaja juga perlu mengatasi perubahan fisik.

Bukan hal yang aneh bagi seorang remaja untuk melihat ke cermin dan menemukan garis-garis halus dan kerutan di wajah mereka.

Sebenarnya ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan biasanya dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup yang tepat.

Biasanya, tidak umum bagi remaja untuk memiliki kerutan yang dalam atau bahkan garis-garis halus. Kerutan biasanya datang seiring bertambahnya usia.

Munculnya kerutan dini pada remaja bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, stres, kulit kering, bahkan ekspresi wajah.

Selian dengan cara-cara di atas, pengobatan rumahan berikut ini dapat mengurangi kerutan dan bisa menjadi cara menghilangkan garis senyum secara bertahap.

8. Gunakan Madu

Madu mengandung beberapa antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan kulit dini.

Ini juga mengandung senyawa yang dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati, mengurangi garis-garis halus, dan menghilangkan kerutan ringan.

Untuk hasil terbaik, oleskan madu mentah pada wajah dan leher dan diamkan selama 20-30 menit. Akhiri dengan mencuci muka dengan air hangat.

9. Gunakan Krim Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan memainkan peran penting dalam sintesis kolagen, dikutip Oregon States University.

Penggunaan krim wajah yang kaya vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang pada akhirnya mengurangi munculnya kerutan.

Para remaja dapat mempertimbangkan untuk mengoleskan krim malam ini sebelum tidur. Cuci muka dengan air hangat dan oleskan krim sesuai petunjuk.

10. Pengobatan Topikal

Ini bisa menjadi pengobatan pilihan untuk menghilangkan kerutan ara remaja. Ini bisa termasuk penggunaan serum dan krim yang bertujuan menghilangkan kerutan dari waktu ke waktu.

Beberapa contoh termasuk serum dan krim berbasis asam hialuronat dengan vitamin C atau retinol. Asam hialuronat dapat membantu meningkatkan elastisitas epidermis, lapisan atas kulit.

Ini dapat membantu mengurangi kerutan dengan menjaga kulit tetap kenyal dan halus. Krim dengan vitamin C atau retinol (vitamin A) dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan sintesis kolagen.

Meski cara menghilangkan garis senyum ini mudah, diperlukan ketelatenan dan waktu yang tidak sebentar karena bukan cara instan. Selamat mencoba!

  • https://www.healthgrades.com/right-care/cosmetic-procedures/9-natural-ways-to-erase-laugh-lines
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2883372/
  • https://iskincarereviews.com/skin-care-beauty/remedies-to-rid-laugh-lines/
  • https://www.momjunction.com/articles/teenage-wrinkles-at-young-age-causes-prevention_00709200/
  • https://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-C
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait