Home & Living

19 Agustus 2021

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel, Ampuh!

Jika tidak rutin dibersihkan, peralatan berbahan stainless steel juga bisa berkarat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Stainless steel merupakan bahan peralatan dapur yang banyak dipilih karena terkenal akan keawetannya. Meski demikian, kebersihan peralatan dapur ini juga perlu diperhatikan sehingga Moms perlu mengetahui cara menghilangkan karat pada stainless steel.

Sebenarnya, noda karat pada stainless steel muncul karena pengaruh dari peralatan dapur lainnya, seperti sendok atau garpu berbahan logam yang berkarat.

Ketika karat pada logam menempel di permukaan stainless steel dalam jangka waktu yang lama dan teroksidasi dengan air, maka permukaan stainless steel pun juga terkena noda karat dan menjadi tidak sedap untuk dipandang.

Baca Juga: Tampak Seperti Baru, Simak Cara Menghilangkan Karat pada Sepeda Ini!

Penyebab Stainless Steel Berkarat

cara menghilangkan karat pada stainless steel

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui seperti apa cara menghilangkan karat pada stainless steel, ada beberapa penyebab lain yang bisa mengakibatkan peralatan dapur Moms yang berbahan stainless steel berkarat, di antaranya:

1. Pengaruh Asam

Ketika stainless steel terkena asam klorida dan asam sulfat, korosi (karat) permukaan dapat terjadi.

Asam klorida sangat asam dan digunakan dalam produksi plastik. Asam klorida encer biasanya ditemukan dalam bahan pembersih kerak untuk menghilangkan kerak kapur.

Sementara itu, asam sulfat adalah bahan kimia korosif yang dapat menyebabkan luka bakar kimia parah dan luka bakar termal sekunder. Ini digunakan dalam pengolahan mineral, penyulingan minyak, dan pengolahan air limbah.

Formula yang lebih encer dapat ditemukan dalam produk rumah tangga seperti pembersih saluran pembuangan.

2. Partikel Besi dan Baja Karbon

Korosi pada stainless steel juga dapat dipicu oleh kontak dengan partikel besi atau baja karbon. Partikel jejak dari besi atau baja karbon akan menyebabkan karat pada permukaan stainless steel.

Kontaminasi terjadi ketika stainless steel terkena percikan api atau partikel dari pengelasan, pemotongan, pengeboran, atau penggilingan baja karbon di dekatnya.

3. Suhu Tinggi

Karat juga dapat terbentuk pada stainless steel jika terkena suhu yang sangat tinggi dalam kisaran 300-800° Celsius. Jenis korosi ini biasanya ditemukan dalam aplikasi pengelasan di mana stainless steel dipanaskan dan kemudian didinginkan.

Saat stainless steel dipanaskan, sensitisasi dapat terjadi, dimana ikatan karbon dan kromium membentuk karbida. Sensitisasi panas ini pun berisiko merusak stainless steel.

Baca Juga: 5+ Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Agar Bersih Berkilau, Bye Kotoran!

Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel

Apabila peralatan dapur Moms yang terbuat dari stainless steel mengalami karat yang disebabkan oleh hal-hal di atas, jangan khawatir karena ada banyak cara menghilangkan karat pada stainless steel yang bisa dilakukan.

Apa saja kah? berikut cara menghilangkan karat pada stainless steel. Siapkan bahan-bahan dan ikuti langkahnya ya, Moms.

1. Uap Panas

cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan uap air panas

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan karat pada stainless steel yang pertama ialah dengan memanfaatkan uap panas dari air mendidih. Dengan menggunakan uap panas, karat pada permukaan stainless steel pun dapat dibersihkan dengan mudah, lho.

Moms hanya perlu menyiapkan air mendidih dan kain microfiber. Caranya pun tidaklah sulit, cukup letakkan kain microfiber di atas permukaan stainless steel yang berkarat.

Kemudian, tuangkan cukup air mendidih ke atas kain untuk membasahinya. Biarkan uap bekerja selama 5 hingga 10 menit.

Setelah permukaan stainless steel mendingin, gosok permukaan menggunakan kain dengan gerakan mengikuti arah serat.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari dan Mencegahnya Datang Kembali

2. Soda Kue dan Sabun Cuci Piring

cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan sabun cuci piring

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan karat pada stainless steel yang berikutnya, yakni menggunakan soda kue dan sabun cuci piring. Soda kue dan sabun cuci piring memang bisa digunakan sebagai pembersih peralatan dapur yang mudah dan terbukti ampuh.

Soda kue adalah bahan abrasif yang sangat halus yang tidak mungkin menggores permukaan stainless steel secara serius. Jadi, peralatan dapur Moms yang terbuat dari stainless steel pun tetap terlihat bagus dan tahan lama.

Untuk menghilangkan karat pada stainless steel, oleskan campuran soda kue dan sabun cuci piring cair ke kain mikrofiber atau kain lembut lainnya, dan gosokkan pada noda, gerakkan maju mundur searah dengan serat logam.

Jika noda karat sudah benar-benar hilang, bilas permukaan stainless steel menggunakan air dan keringkan menggunakan kain bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

3. Cuka

cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan cuka

Foto: Orami Photo Stock

Cuka menjadi bahan lainnya yang mudah digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada stainless steel.

Moms bisa menghilangkan noda karat pada stainless steel dengan menuangkan sedikit cuka putih atau cuka sari apel ke permukaan yang bernoda.

Biarkan selama beberapa menit, asam lembut dalam cuka dapat mengangkat noda. Gosok noda dengan kain lembut, mengikuti serat baja.

Bilas sampai bersih dan keringkan permukaannya dengan kain lap atau handuk bersih.

Baca Juga: Mengetahui Penyebab Whitehead dan 7 Cara Menghilangkannya

4. Jus Lemon dan Soda Kue

cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan soda kue dan jus lemon

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan karat pada stainless steel yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jus lemon yang dicampur dengan soda kue.

Kedua bahan-bahan ini akan bekerja dengan baik dalam menyerap noda karat sehingga permukaan stainless steel kembali bersih.

Caranya, campurkan beberapa sendok soda kue dengan jus lemon. Moms bisa memperkirakan takarannya dengan luas noda karat pada stainless steel.

Pasta soda kue dan jus lemon tersebut kemudian dapat digunakan untuk menutupi noda karat pada permukaan stainless steel sepenuhnya. Lalu, gunakan spons basah untuk membersihkan kotoran.

Jika pasta ini tidak sepenuhnya membersihkan karat, oleskan pasta lagi pada stainless steel dan coba diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dibersihkan dengan spons.

Apabila Moms tidak memiliki jus lemon, jus jeruk nipis juga dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan noda karat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Bahan dan Caranya Mudah Moms!

5. Krim Tartar

cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan krim tartar

Foto: Orami Photo Stock

Bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada stainless steel, yakni krim tartar.

Moms bisa mencoba untuk menghilangkan noda karat dengan mencampurkan satu sendok krim tartar bersama beberapa tetes jus lemon.

Setelah berubah menjadi pasta, oleskan campuran krim tartar dan jus lemon tersebut di bagian karat pada stainless steel. Lalu, gosok permukaan karat stainless steel tadi menggunakan spons basah.

Apabila noda karat sudah hilang, seka bagian stainless steel menggunakan kain lap atau handuk kering.

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Henna di Kuku Secara Alami, Mudah!

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada stainless steel yang mudah untuk dilakukan. Moms bisa mencegah munculnya karat pada stainless steel dengan mengurangi paparan udara dan air sehingga permukaannya tetap kering dan bebas karat.

Lakukan juga pembersihan secara rutin agar tidak ada sisa kotoran menempel pada stainless steel sehingga menyebabkan munculnya karat.

Saat membersihkannya, hindari pembersih abrasif yang mengandung alkohol, amonia, mineral spirits, atau cairan pemantik api karena bisa menggores permukaan stainless steel dan merusaknya.

Bila perlu, beri lapisan khusus pada bagian stainless steel agar terlindung dari kelembapan yang dapat memicu karat.

  • https://www.thespruce.com/remove-brown-stains-from-stainless-steel-1900549
  • https://www.reliance-foundry.com/blog/cleaning-stainless-steel
  • https://magicarustremover.com/rust-remover/how-to-clean-rust-off-of-stainless-steel/
  • https://www.barkeepersfriend.com/how-to-remove-rust-from-stainless-steel-sinks/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait