Kesehatan

20 Mei 2020

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan saat Puasa, Mudah!

Moms bisa berkumur air dan garam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berpuasa berarti terjadi perubahan pola makan dan tidur. Apalagi, selama jam puasa tidak ada asupan cairan masuk, menyebabkan tenggorokan kering dan selanjutnya menjadi radang tenggorokan.

Jika Moms mengalami kondisi ini, ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan atau batuk saat puasa yang bisa dilakukan. Baca lebih lanjut untuk mengetahui caranya, Moms.

Baca Juga: Meredakan Radang Tenggorokan, Coba 8 Makanan Ini!

Penyebab Radang Tenggorokan saat Puasa

mengobati radang tenggorokan saat puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Terjadinya radang tenggorokan tidak hanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Tetapi juga bisa oleh hal-hal lain. Mengutip Mayo Clinic, penyebab lain dari radang tenggorokan adalah:

  • Alergi. Seperti alergi pada bulu hewan peliharaan, jamur, debu, dan serbuk sari dapat menyebabkan sakit tenggorokan.
  • Kekeringan. Udara dalam ruangan yang kering dapat membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal. Bernafas melalui mulut, juga membuat tenggorokan kering dan sakit.
  • Iritasi. Polusi udara luar dan dalam ruangan seperti asap tembakau atau bahan kimia dapat menyebabkan sakit tenggorokan kronis.
  • Ketegangan otot. Misalnya ketika berteriak, berbicara dengan keras, atau berbicara dalam waktu lama tanpa istirahat, bisa sebabkan radang tenggorokan.
  • Penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Adalah gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung naik kembali pada pipa makanan (esofagus).

Baca Juga: 7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Cara Mengobati Radang Tenggorokan saat Puasa

mengobati radang tenggorokan saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati radang tenggorokan saat puasa. Cara-cara ini mudah dan bisa dilakukan di rumah. Berikut ini perawatan rumahan yang bisa Moms lakukan.

1. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. Ini karena garam mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang, lalu membantu meringankan ketidaknyamanan.

Family Doctor merekomendasikan mencampur 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan aduk rata. Kumur-kumur selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi beberapa kali setiap hari.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

2. Konsumsi Teh Hangat dan Madu

mengobati radang tenggorokan saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa minum teh hangat yang dicampur madu saat berbuka puasa sebagai cara mengobati radang tenggorokan ketika puasa. Madu memiliki manfaat dalam mengobati radang tenggorokan.

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang bisa bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, sekaligus mengurangi peradangan," jelas Patti Mahautmr, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh hangat dan aduk rata. Minumlah beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Minum Cukup Air Putih Saat Sahur dan Berbuka

mengobati radang tenggorokan saat puasa-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam JAMA Network, disebutkan bahwa jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, direkomendasikan minum banyak cairan, banyak istirahat, dan minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas jika diperlukan.

Karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih saat berbuka puasa dan sahur, setidaknya sebanyak 30 mL/kg berat badan. Apalagi, mengingat dehidrasi bisa membuat tenggorokan kering.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Humidifier untuk Bayi yang Penting Diketahui

4. Gunakan Humidifier

mengobati radang tenggorokan saat puasa-4

Foto: Orami Photo Stock

Penggunaan humidifer juga bisa menjadi cara untuk mengobati radang tenggorokan saat puasa.

Humidifier membantu menjaga kelembapan udara dalam ruangan tetap baik. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, merekomendasikan untuk menjaga tingkat kelembapan dalam rumah pada tingkat antara 30-50 persen.

Mengutip Penn Medicine, humidifier akan menjaga udara tetap lembap dan membuka saluran sinus. Tambahkan 1-2 sendok makan vapor rub atau hidrogen peroksida untuk memberikan bantuan tambahan.

5. Mandi Air Hangat

mengobati radang tenggorokan saat puasa-5

Foto: Orami Photo Stock

Bila tidak punya alat humidifier, Moms bisa menjaga kelembapan dengan mandi air hangat. Bernapaslah dengan uap dari mandi air hangat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan sakit tenggorokan.

Cara lain, coba rebus air dalam panci di atas kompor selama 30 menit untuk meningkatkan kelembapan di rumah. Tambahkan satu sendok makan salep mentol ke dalam air mendidih untuk mengisi udara dengan aroma mentol.

Itu dia Moms, beberapa cara untuk mengobati radang tenggorokan saat puasa yang bisa dilakukan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait