Kesehatan

23 April 2021

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Alami, Yuk Simak!

Sangat sederhana, tidur 8 jam sehari bisa membantu merawat payudara agar kencang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms penasaran dengan cara merawat payudara agar kencang dengan alami?

Beberapa cara merawat payudara agar kencang dengan alami dan sehat bisa dilakukan, meski dr. Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT mengatakan, operasi menjadi salah satu pilihan untuk memperbaiki bentuk payudara.

Moms pasti sudah mengetahui jika bentuk dan ukuran payudara setiap perempuan berbeda dan akan mengalami perubahan bentuk. 

Merawat payudara agar kencang adalah hal yang penting, karena meskipun tidak berbahaya,  payudara kendur akan menganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun.

American Society of Plastic Surgeons percaya bahwa kehamilan, menyusui, penurunan berat badan, penuaan, gravitasi, dan keturunan menjadi penyebab perubahan bentuk payudara karena hilangnya elastisitas kulit. 

Meski Moms tidak bisa sepenuhnya mengembalikan bentuk dan payudara seperti semula, tapi dr. Debra Wilson mengatakan, ada cara merawat payudara agar kencang dengan alami yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Olahraga

cara merawat payudara

Foto: wellandgood.com

Sudah jadi rahasia umum payudara tak memiliki otot, tapi Moms bisa mengencangkan jaringan dalam payudara atau merawar payudara agar kencang dengan melakukan olahraga.

Hal ini terjadi karena di bawah payudara terdapat jaringan ikat fobrosa dan otot yang dapat mengangkat payudara. 

Selain dapat merawat payudara agar kencang, olahraga juga bisa memperbaiki postur tubuh dan juga menigkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, American Cancer Society merekomendasikan, seorang wanita setidaknya melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit per minggu atau 75 menit hingga 150 menit dengan intensitas tinggi selama seminggu. 

Meski begitu, tak semua jenis olahraga bisa menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami. Beberapa olahraga yang disarankan untuk dapat mengangkat jaringan payudara yaitu: 

1. Push Up

Salah satu latihan atau olahraga terbaik yang dapat Moms lakukan untuk merawat payudara agar kencang alami adalah push-up. Olahraga ini juga menargetkan otot-otot dada dengan cara yang sangat disengaja. Jika push-up standar terlalu menantang, cobalah berlutut.

2. Berenang

Berenang untuk kesehatan payudara.jpeg

Foto: swimming.org
Olahraga kedua yang bisa menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami yaitu berenang. Pasti sebagian besar dari Moms bisa melakukan olahraga menyegarkan ini. 

Berenang adalah latihan tubuh bagian atas dan dada yang sangat baik karena dilakukan dalam lingkungan yang hampir bebas gravitasi. Moms mungkin tidak sadar, berenang membuat otot dada mendapatkan latihan yang membantu mengencangkan payudara. 

Baca Juga: Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil

3. Dumbbell Bench Press

Olahraga ini adalah latihan yang bagus untuk mengangkat payudara yang kendor atau merawat payudara agar kencang secara alami. Berbaring telungkup di bangku dengan dumbbell di masing-masing tangan dengan lurus menghadap ke atas. 

Turunkan tangan ke sisi dada dan kembali ke posisi awal. Lakukan sekitar 15 pengulangan dan istirahat selama beberapa menit sebelum beralih ke latihan lain.

4. Arm Curls

Arm curl.jpeg

Foto: fitnessrepublic.com

Ini adalah latihan beban yang masih menggunakan dumbbell.

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu, pegang dumbbell di masing-masing tangan dengan telapak tangan menghadap ke sisi paha dan lengan lurus ke bawah. 

Angkat beban dan regangkan tangan ke luar atau kw samping tubuh. Pindah ke posisi semula dan lakukan ini sekitar 10 kali pengulangan. 

5. Chest Squeeze With Medicine Ball

Latihan chest squeeze adalah latihan pemanasan dada yang baik dan bisa menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami.

Moms hanya harus duduk tegak di kursi dengan punggung dan perut tegang. Pegang bola medis atau bola berukuran sepak bola atau bola basket setinggi dada dan remas sekuat yang dibisa.  

Luruskan lengan hingga terentang penuh, sambil tetap menekan bola dengan stabil. Bawa bola kembali ke dada dan ulangi sebanyak 1-3 set sebanyak 10 kali pengulangan. 

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Ternyata Bermanfaat untuk Meningkatkan Performa Seks, Wajib Coba!

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Alami

cara merawat payudara

Foto: thelist.com

Cara merawat payudara agar kencang dengan alami akan terasa kurang lengkap jika hanya olahraga atau tanpa diimbangi dengan menjaga asupan nutrisi.

Penting diingat, makan makanan seimbang dan sehat merupakan cara untuk menutrisi kulit agar tetap sehat, kuat, dan juga mempengaruhi kesehatan payudara secara alami. 

1. Konsumsi Sayuran Mengandung Asam Folat

Tidak mendapat cukup folat kerap dikaitkan dengan gangguan kemampuan memperbaiki DNA. Karena DNA yang rusak kerap dikaitkan dengan kanker. Artinya, Moms juga perlu mengonsumi folat yang cukup untuk menjaga kesehatan payudara. 

Folat bisa didapat dari mengonsumsi bayam dan kacang polong hitam, serta dalam sereal dan biji-bijian. Cobalah untuk mendapatkan 400 mikrogram setiap harinya sebagai cara merawat payudara agar kencang dengan alami. 

2. Jadikan Buah Anggur Camilan Sehat

Anggur disebut sebagai buah yang memiliki sifat antikanker. Dari hasil penelitian, anggur mengandung antioksidan resveratrol, yang dapat melindungi sel tubuh Moms dari kerusakan yang menyebabkan kanker. 

Perlu ada penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut, karena penelitian lain menyatakan  resveratrol dalam anggur adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Meski begitu, tak ada salahnya jika Moms mulai mengonsumsi anggur sebagai camilan untuk mendapatkan manfaatnya. 

3. Penuhi Kecukupan Protein

Menjaga asupan protein.jpeg

Foto: www.musclefood.com
Protein dapat membantu mengencangkan otot, termasuk menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami. Pastikan Moms untuk memasukkan produk susu dan telur dalam menu makan harian untuk mendapatkan protein dalam jumlah cukup. 

Selain itu, lengkapi juga nutrisi yang dibutuhkan dengan kubis, tomat, kembang kol, brokoli, dan wortel untuk mendapatkan kuota nutrisi yang diperlukan seperti mineral, vitamin, dan kalsium. 

Baca Juga: Tren Salad Bar yang Kaya Akan Protein

4. Makan Cokelat

Cara merawat payudara agar kencang dengan alami bisa dengan makan cokelat juga bisa lho Moms. Para peneliti menemukan senyawa dalam cokelat hitam yang bisa melawan kanker. 

"Senyawa tersebut berinteraksi dengan enzim, yang menyebabkan sel kanker mati, tetapi meninggalkan sel normal saja," jelas direktur Pusat Kanker Kimmel di Universitas Thomas Jefferson, Richard Pestell, M.D seperti dikutip dari Glamour.

Temuan ini mengarah pada, bertambahnya daftar manfaat coklat untuk merawat kanker yang sudah ada saat ini sekaligus jadi alasan supaya Moms, bisa menikmati sekotak cokelat. 

5. Manfaatkan Es Batu

Ini mungkin sedikit tidak nyaman dan mungkin benar-benar membuat Moms merinding, tetapi menggunakan es batu merupakan langkah efektif sebagai cara merawat payudara agar kencang dengan alami. 

Caranya, ambil beberapa kubus es dan pijat di sekitar payudara Moms dengan gerakan melingkar selama sekitar 1-2 menit. Ini akan membantu mengencangkan otot-otot yang ada dan juga melawan selulit di sekitar area tersebut.

6. Pijatan Rutin

Pijatan rutin.png

Foto: timesofindia.com

Memijat payudara secara rutin memungkinkan Moms untuk memeriksa kesehatan payudara, apakah ada benjolan atau tidak.

Selain itu, pijatan juga bisa mengencangkan otot payudara, meningkatkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami. Gunakan minyak almond atau gel lidah buaya untuk pijatan rutin ini ya, Moms. 

Baca Juga: 5 Cara Memijat Payudara dan Mengencangkan Alami, Lakukan Secara Rutin!

7. Masker Payudara

Masker tak hanya membantu menjaga kesehatan kulit wajah, tapi juga kesehatan payudara dan bisa menjadi cara merawat payudara agar kencang dengan alami. Untuk masker payudara, Moms bisa membuat campuran kuning telur dan jus mentimun.

Kemudian oleskan di sekitar payudara dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan sekali sehari selama seminggu untuk merasakan perbedaannya. 

8. Gunakan Bra yang Tepat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 15 tahun oleh pakar ilmu olahraga dari University of Besançon, Perancis, Jean-Denis Rouillon menemukan, bra mengakibatkan payudara semakin kendur dan melemahkan otot-otot payudara. Selain itu, bra juga tidak mengurangi sakit punggung. 

“Secara medis, fisiologis, dan anatomis, tidak ada manfaat yang didapat payudara dengan menolak gravitasi. Sebaliknya, payudara malah akan menjadi lebih kendur dengan bra,” katanya kepada radio France Info. 

Sebelumnya, dalam penelitian yang dilakukan di University of Portsmouth, Inggris menemukan adanya kerusakan payudara beberapa wanita akibat memakai bra dengan ukuran yang salah. Jadi Moms, sebaiknya pakai bra berkualitas dan pas akan memberikan dukungan tambahan yang mengurangi ketegangan dan tekanan pada jaringan dan otot pendukung payudara. 

Selain itu, ada baiknya juga sesekali meninggalkan bra saat sedang di rumah atau tidur. Selain payudara Moms bisa bernapas dengan lebih leluasa, nyeri punggung akibat bra pun akan sedikit berkurang. 

Baca Juga: 7 Bentuk Payudara Wanita dan Cara Memilih Bra yang Tepat

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Pola Hidup Sehat

cara merawat payudara

Foto: skinnyms.com

Berikut ini beberapa cara merawat payudara agar kencang dengan pola hidup sehat.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan di angka ideal adalah bagian dari pola hidup sehat dalam merawat payudara agar kencang secara alami. Naiknya berat badan sama artinya dengan meningkatnya hormon estrogen. 

Kelebihan hormon estrogen bisa berdampak pada kesehatan. American Cancer Society menyebutkan, dominasi estrogen bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium. 

Selain itu, kelebihan berat badan juga memberi tekanan pada jaringan kulit serta memberi beban tambahan pada payudara hingga menyebabkan kendur. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, tak ada salahnya jika Moms mulai menentukan indeks masa tubuh.

2. Perbaiki Postur Tubuh

Moms, memperbaiki postur tubuh juga sama artinya dengan menjaga payudara tetap sehat. Pastikan Moms menjaga punggung tetap lurus dan bahu ke belakang di setiap kesempatan supaya berat badan bisa terdistribusi dengan merata ke seluruh tubuh. 

Postur tubuh bungkuk atau membungkuk bisa menambah tekanan dan ketegangan jaringan payudara yang akhirnya membuat payudara kendur semakin parah.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Menjaga kualitas tidur.jpeg

Foto: verywellhealth.com

Dari hasil penelitian, kadar melatonin menunjukkan dapat membantu mengatur hormon estrogen. Nah, perlu diingat Moms, menjaga hormon estrogen menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan payudara. 

Jadi selain menjaga estrogen, Moms juga harus menjaga stabilitas melatonin untuk mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas yaitu tujuh hingga delapan jam setiap hari.

Sebagai cara merawat payudara agar kencang dengan alami, perlu Moms ketahui bahwa kekurangan melatonin bisa menyebabkan insomnia juga tidur tidak nyenyak. 

Baca Juga: 5 Sebab Tidur Tak Berkualitas

4. Jaga Kesehatan Psikologi

Beberapa penelitian menunjukkan, faktor psikologis terkait dengan peningkatan risiko kanker. Mungkin karena kebanyakan orang melepas stress dengan minum alkohol atau makan berlebihan sebagai upaya untuk mengatasi tekanan.

Untuk menghindari hal itu, ada baiknya Moms mengatasi stress dengan tiga teknik mudah yang disarankan dari Program Gaya Hidup Sehat University of Pittsburgh Medical Center.

Mulai dari mengatur napas, menonton film komedi favorit, dan mengucapkan mantra yang bisa menenangkan diri seperti “I love my life”. 

Itulah beberapa cara merawat payudara agar kencang dengan alami. Mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga, dan pola hidup sehat harus dilakukan sebagai bentuk upaya merawat payudara agar kencang dan Moms lebih percaya diri.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait