Kesehatan

9 April 2021

Ini 5 Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan, Jangan Terjebak ya, Moms!

Penasaran dengan jenis kelamin buah hati Moms? Inilah ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus diketahui.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ciri-ciri hamil anak perempuan patut diketahui ketika Moms dan Dads menginginkan lahirnya anak perempuan. Biasanya ciri-ciri hamil anak perempuan tak terlalu dipikirkan karena Moms dan Dads ingin langsung mengetahuinya dan memutuskan untuk USG.

Kehamilan merupakan sebuah anugerah terindah yang dialami para calon ibu. Memiliki buah hati yang sehat adalah impian setiap orang tua di dunia. Menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga proses persalinan lancar juga merupakan tanggung jawab calon ibu.

Ada beberapa hal yang membuat seorang calon ibu penasaran dengan kehamilannya, salah satunya mengetahui jenis kelamin sang buah hati. Apalagi ketika Moms sudah mengharapkan anak dengan jenis kelamin tertentu.

Biasanya jenis kelamin sudah dapat diketahui setelah usia kehamilan 3 bulan. Selain melalui USG atau ultrasonografi. Meski demikian, banyak orang yang percaya mengenai mitos ciri-ciri hamil anak perempuan nih, Moms!

Ada beberapa mitos yang mengatakan tentang ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus Moms tahu. Simak di bawah ini.

Mitos Mengenai Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan

Apa saja tanda tentang ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus Moms ketahui? Yuk kita simak.

1. Morning Sickness yang Cukup Parah

246882316-H.jpg

(Foto: parenting.firstcry.com)

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus Moms ketahui mitos belaka adalah ketika mengalami morning sickness, terdiri dari mual dan muntah yang cukup parah.

Mual di pagi hari atau morning sickness berhubungan dengan perubahan hormon serta gula darah yang rendah. Jadi, Moms nggak perlu langsung membeli begitu banyak baju untuk anak perempuan ya!

Dilansir dari jurnal yang berjudul British Journal of Anaesthesia , suplemen jahe dapat membantu mengurangi gejala mual selama kehamilan.

Bila Moms ingin membelinya setelah berkonsultasi dengan dokter, pilih penjual online yang bisa dipercaya dan reputasinya baik, atau kunjungi toko kesehatan.

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang tidak memperbolehkan Moms untuk mengonsumsi jahe selama masa kehamilan. Karena itu, Moms perlu memperhatikan kondisi tubuh terlebih dahulu.

Hal itu lah yang membuat Moms harus melakukan konsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi jahe sebagai asupan harian.

Baca juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

2. Perubahan Mood

pregnancy-emotional-mood-sadness 1440.jpg

(Foto: babymed.com)

Jika Moms memiliki mood swings, bukan berarti Moms akan memiliki bayi perempuan.

Dilansir dari American Pregnancy , perubahan mood sendiri hadir karena adanya perubahan hormon yang terjadi ketika masa kehamilan. Jadi, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan ini sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan nih, Moms!

Mood swings sangat wajar terjadi pada ibu yang sedang mengandung bayi laki-laki maupun perempuan.

Ketika Moms mengalami perubahan suasana hati yang cepat berubah, mudah tersinggung, sedih, dan menangis, Moms jangan langsung membeli aksesori perempuan. Sebaiknya Moms melakukan USG agar prediksi jenis kelamin Si Kecil bisa diketahui dengan tepat.

Baca Juga: 5+ Penyebab Timbul Flek Cokelat Saat Hamil Muda Hingga Trimester Ketiga, Yuk Cari Tahu Moms

3. Perubahan Bentuk Payudara

260560802-H-696x476.jpg

(Foto: parenting.firstcry.com)

Selain perut yang semakin membesar, perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang sering terjadi adalah di bagian payudara. Banyak orang yang percaya, ketika payudara sebelah kiri terlihat lebih besar dibandingkan sebelah kanan, bisa jadi Moms menunjukkan ciri-ciri hamil anak perempuan.

Namun kali ini pun sama, Moms. Pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka.

Perubahan bentuk payudara ini juga bisa disebabkan karena adanya hormon yang meningkat saat kehamilan. Jadi, sebaiknya Moms jangan langsung percaya ketika hal ini disebutkan oleh orang terdekat ya!

Baca juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

4. Detak Jantung

photo-1457342813143-a1ae27448a82.jpg

(Foto: unsplash.com)

Ciri-ciri hamil anak perempuan berikutnya adalah ketika janin memiliki detak jantung yang tinggi. Biasanya detak jantung tersebut mencapai 140-160 detak per menit. Namun, hal ini belum terbukti oleh medis. Karena pada dasarnya detak jantung janin normal berkisar antara 120-160 detak per menit.

Tidak hanya itu, detak jantung janin nyatanya bisa berubah-ubah, tergantung aktivitas janin di dalam kandungan dan usianya. Nah, karena ini lah ciri-ciri hamil anak perempuan yang satu ini pun bisa dibilang hanya mitos belaka.

Memang benar adanya ketika detak jantung bayi perempuan akan lebih cepat dari bayi laki-laki. Namun hal ini hanya akan terbukti ketika sang bayi sudah lahir ke dunia.

Sebelum waktu tersebut, usia fetuslah yang memberikan efek pada kecepatan detak jantung Si Kecil.

Sekitar minggu ke 5 kehamilan, usia janin sendiri biasanya akan sama dengan detak jantung ibu yakni antara 8 hingga 85 detakan per menit.

Detak jantung tersebut akan meningkat secara stabil hingga minggu ke 9. Di masa itu, detak jantung janin akan berada pada 170 hingga 200 per menit dan kemudian kembali melemah di antara 120 sampai 160.

5. Bentuk Perut

photo-1493894473891-10fc1e5dbd22.jpg

(Foto: unsplash.com)

Tahukah Moms, banyak yang bilang bahwa salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan bisa dilihat dari bentuk perut? Ketika Moms hamil dan memiliki bentuk perut yang naik dan membesar ke atas itu adalah tanda hamil anak perempuan.

Meski begitu, masih banyak ahli yang mengatakan hal itu belum tentu akurat. Bentuk perut tersebut nyatanya bisa disebabkan karena kondisi fisik, bentuk otot perut, kenaikan berat badan, dan banyak alasan lainnya.

Ya, karena itu lah ciri-ciri hamil anak perempuan di atas disebut sebagai mitos, Moms!

Baca juga: Deretan Manfaat Jika Ayah Rutin Mengusap Perut Ibu Hamil

Itulah 5 ciri-ciri hamil anak perempuan yang sering dibicarakan di masyarakat dan Moms perlu tahu bahwa hal tersebut hanya mitos belaka. Perlu diingat, Moms boleh percaya atau tidak.

Namun, untuk mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung secara akurat Moms bisa langsung melakukan USG di rumah sakit terdekat bersama dokter kandungan.

Nah daripada Moms mempercayai ciri-ciri hamil anak perempuan, lebih baik Moms mengenal jenis-jenis USG yang bisa Moms lakukan nih!

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Jenis-jenis USG Kehamilan

USG kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Seiring dengan perkembangan zaman, terdapat beberapa jenus USG yang bisa Moms lakukan untuk mengetahui perkembangan Si Kecil.

Bukan hanya bisa mendeteksi masalah pada janin, USG juga bisa dilakukan untuk melihat jenis kelamin Si Kecil nih!

Berikut jenis USG yang perlu Moms ketahui!

1. Ultrasonografi Transvaginal

Ini adalah jenis USG kehamilan yang bisa menghasilkan gambar janin dengan lebih jelas. Nah biasanya jenis USG ini dilakukan ketika masa awal kehamilan Moms.

Tes USG ini pun dilakukan dengan memasukkan alat sensor ke dalam vagina. Alat sensor tersebut berupa ultrasound kecil yang bisa memonitor denyut jantung yang ada pada janin.

Tak hanya itu, USG ini juga bisa melihat kelainan pada serviks yang bisa membahayakan dan menyebabkan kelahiran prematur bahkan keguguran.

Baca Juga: Mengapa Ibu Hamil Lebih Sensitif Terhadap Suami dan Mudah Marah?

2. Ultrasonografi 2D

Nah yang kedua adalah jenis USG kehamilan standar yang biasa digunakan, Moms. Pemeriksaan USG ini pun menggunakan transduser di atas perut dan menghasilkan gambar 3D dari janin yang saat itu sedang berkembang dalam rahim.

Baca Juga: Moms, Ini Dia Ukuran Normal Hasil USG dan Tahapan Perkembangan Janin!

3. Ultrasonografi 3D

Kalau yang ini akan sedikit berbeda dengan pemeriksaan USG 2D yang bisa disebut USG tradisional.

USG 3D bisa membuat Moms melihat Si Kecil dengan lebih jelas, lho! Dengan menggunakan USG 3D, dokter bisa melihat lebar, tinggi, dan kedalaman janin serta organ dengan lebih jelas.

Tak hanya itu, jenis USG inni pun bisa membantu Moms dalam mendiagnosis masalah yang dicurigai selama kehamilan. Jadi, Moms bisa mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan dengan tepat agar tidak mengganggu kesehatan janin dan diri sendiri.

Jenis USG ini pun mengikuti cara yang sama dengan USG 2D. Bedanya, USG 3D menggunakan probe serta perangkat lunak khusus untuk membuat gambar 3D.

Teknologi USG jenis ini membutuhkan pelatihan secara khusus. Jadi, tidak semua tempat menyediakan teknologi ini Moms! Jadi, Moms mungkin perlu ke rumah sakit lain untuk bisa melakukan USG 3D.

Usai mengetahui manfaat USG, Moms tidak perlu lagi memikirkan mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan bukan? Jangan sampai termakan mitos, lebih baik langsung periksakan ke dokter saja yuk!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait