Trimester 1

13 Januari 2022

5 Kebutuhan Dasar Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi, Dads Juga Wajib Tahu!

Ssstt... Salah satunya kebutuhan seksual!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, Kehamilan merupakan bagian dari siklus seorang wanita yagn bisa sebabkan perubahan pada diri. Perubahan itu meliputi banyak hal sehingga pemenuhan kebutuhan dasar ibu hamil perlu dipikirkan untuk menjaga kehamilannya.

Kebutuhan dasar ibu hamil sangat memengaruhi kesehatan Moms maupun Janin hingga melahirkan. Tidak terpenuhinya kebutuhan dasar ibu hamil, maka akan berdampak pada kesehatan Moms selam kehamilan dan juga berdampak pada proses persalinan kelak.

Hal ini juga tertuang dalam peraturan pemerintahan Nomor 61 Tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi menyatakan bahwa setiap perempuan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan untuk mencapai hidup sehat dan mampu melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas serta mengurangi Angka Kematian Ibu.

Kebutuhan Dasar Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Lalu apa saja kebutuhan dasar ibu hamil yang harus diketahui Moms dan Dads?

1. Oksigen

Moms dan Dads, paru-paru bekerja lebih berat untuk keperluan ibu dan janin. Lalu, pada hamil tua sebelum kepala masuk panggul, paru-paru pun terdesak ke atas sebabkan sesak nafas. Guna mencegah hal tersebut maka kebutuhan dasar ibu hamil perlu:

  • Latihan nafas dengan senam hamil
  • Tidur dengan bantal yang tinggi
  • Makan tidak telalu banyak
  • Hentikan merokok

Posisi miring kiri dianjurkan untuk meningkatkan perfusi uterus dan oksigenasi fetoplasenta dengan mengurangi tekanan vena asenden (hipotensi supine) dan jangan lupa bila Moms mengalami gangguan nafas untuk segera konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Pembersih Miss V untuk Ibu Hamil?

2. Kebutuhan Nutrisi

Tahukah Moms kebutuhan dasar ibu hamil juga terletak pada nutrisi. Kebutuhan gizi ibu hamil meningkat 15% dibandingkan kebutuhan normal. Peningkatan gizi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan Moms dan Si Kecil dalam kandungan.

40% makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil digunakan untuk pertumbuhan janin dan sisanya digunakan untuk pertumbuhan ibunya. Secara normal kenaikan berat badan ibu hamil 11-13 kg. Selain itu juga pemenuhan vitamin kehamilan termasuk dalam kebutuhan dasar ibu hamil dilansir dari ACOG.

Kebutuhan dasar ibu hamil untuk nutrisi pada trimester pertama ini bisa sedikit terganggu lantaran ibu hamil mengalami penurunan berat badan karena nafsu makan turun dan sering timbul mual serta muntah.

Cara mengatasi kebutuhan dasar ibu hamil dalam hal nutrisi ini bisa terpenuhi yaitu makan dengan porsi kecil tapi sering seperti sup, telur, susu, biscuit, buah-buahan dan jus.

Pada trimester kedua, maka nafsu makan mulai meningkat, kebutuhan makan maka harus lebih bannyak dari biasanya maka cara mengatasi kebutuhan dasar ibu hamil dalam pemenuhan ini, Moms harus makan-makanan yang meliputi zat sumber tenaga, pembangun, pelindung, dan pengatur.

Kebutuhan dasar ibu hamil ini merupakan kebutuhan janin.

Trimester terakhir maka nafsu makan sangat baik tetapi jangan berlebihan. Cara mengatasi kebutuhan dasar ibu hamil pada trimester ketiga ini adalah kurangi karbohidrat, tingkatkan protein, sayur-sayuran, dan buah-buahan, lalu lemak tetap dikonsumsi.

Lalu, diminta juga mengurangi makanan terlalu manis atau terlalu asin.

Baca Juga: 17 Manfaat Lidah Buaya untuk Ibu Hamil dan Bayi, Bantu Atasi Morning Sickness!

3. Personal Hygiene

Personal hygiene adalah kebersihan yang dilakukan untuk diri sendiri. Kebersihan badan mengurangkan kemungkinan infeksi, karena badan yang kotor banyak mengandung kuman-kuman.

Kebutuhan dasar ibu hamil juga mulai dari perawatan gigi, mandi, perawatan rambut, pemeliharaan payudara, perawatan vagina sesuai dengan permintaan dokter, hingga perawatan kuku.

4. Pakaian

Pakaian juga termasuk dalam kebutuhan dasar ibu hamil. Pakaian yang dikenakan Moms saat hamil harus nyaman, mudah menyerap keringat, mudah dicuci, tanpa sabuk atau pita yang menekan di bagian perut atau pergelangan tangan, tidak terlalu ketat di leher dan lainnya.

Pakaian ibu hamil harus ringan dan menarik karena tubuhnya akan bertambah besar.

Bahkan kebutuhan dasar ibu hamil juga masuk ke ranah alas kaki. Seperti sepatu yang harus pas, enak, dan aman, sepatu bertumit tinggi dan berujung lancip tidak baik bagi kaki, khususnya pada saat kehamilan ketika stabilitas tubuh terganggu dan cedera kaki yang sering terjadi.

Jenis bra hamil disesuaikan dengan agar dapat menyangga payudara dan nyeri punggu yang tambah menjadi besar pada kehamilan serta memudahkan ibu ketika akan menyusui. Ada dua pilihan BH yang biasa tersedia, yaitu BH katun biasa dan BH nylon yang halus.

Baca Juga: 9+ Manfaat dan Risiko Konsumsi Gurita untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

5. Seksual

Masalah hubungan seksual merupakan kebutuhan biologis yang tidak dapat ditawar, tetapi perlu diperhitungkan bagi mereka yang hamil, kehamilan bukan merupakan halangan untuk melakukan hubungan seksual.

Pada hamil muda hubungan seksual sedapat mungkin dihindari, bila terdapat keguguran berulang atau mengancam kehamilan dengan tanda infeksi, pendarahan, mengeluarkan air.

Pada kehamilan tua sekitar 14 hari menjelang persalinan perlu dihindari hubungan seksual karena dapat membahayakan.

Bisa terjadi bila kurang higienis, ketuban bisa pecah, dan persalinan bisa terangsang karena, sperma mengandung prostaglandin.

Perlu diketahui keinginan seksual ibu hamil tua sudah berkurang karena berat perut yang makin membesar dan tekniknya pun sudah sulit dilakukan. Posisi diatur untuk menyesuaikan pembesaran perut.

Itulah beberapa informasi dasar yang wajib diketahui oleh calon ibu. Dengan mengetahui kebutuhan dasar ibu hamil maka tak akan merasakan gelisah atau khawatir pada masa kehamilan dan proses persalinan mendatang.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail ibu hamil dapat pergi ke dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi dan melakukan check-up.

  • https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/459/384
  • http://eprints.umpo.ac.id/4028/2/BAB%20I.pdf
  • https://www.scribd.com/doc/194675464/Makalah-Askeb-Kebutuhan-Dasar-Ibu-Hamil
  • http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__4_Th_2019_ttg_Standar_Teknis_Pelayanan_Dasar_Pada_Standar_Pelayanan_Minimal_Bidang_Kesehatan1.pdf
  • http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1078/3/BAB%20II.pdf
  • https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/459
  • https://www.emc.id/id/care-plus/calon-ibu-informasi-dasar-kehamilan-berikut-wajib-diperhatikan
  • http://eprints.umpo.ac.id/4028/2/BAB%20I.pdf
  • https://www.verywellfamily.com/everything-you-need-to-buy-for-pregnancy-4772789
  • https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait