Rupa-rupa

23 Juni 2021

Simak Ciri-ciri Poster yang Baik dan Benar, Bisa Jadi Sarana Edukasi Anak Agar Lebih Maksimal!

Bingung bagaimana seharusnya poster yang bagus? Ini dia syaratnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah tahu seperti apa ciri-ciri poster yang tepat dan menarik perhatian?

Secara umum, poster biasanya digunakan untuk memberikan keterangan atau informasi mengenai suatu hal kepada orang banyak.

Namun demikian, poster juga sering digunakan menjadi salah satu pilihan dari sebagai fasilitas pembelajaran yang berisi pesan edukatif untuk anak, lho.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri poster yang baik untuk digunakan untuk edukasi anak, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Website Edukasi Luar Negeri untuk Si Kecil, Mana yang Paling Favorit?

Pengertian Poster

Kita pasti sering melihat dan membaca beberapa poster yang ditempel di dinding atau bahkan poster digital di situs atau media sosial.

Poster seringkali berisi berbagai informasi atau iklan, seperti makanan, minuman, barang elektronik, atau informasi event yang akan diselenggarakan.

Poster merupakan salah satu jenis media publikasi yang sering digunakan. Secara sederhana, ciri-ciri poster adalah sebuah pengumuman atau informasi yang dikemas dalam bentuk gambar, tulisan, maupun perpaduan keduanya yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum.

Poster sering dibuat untuk mempromosikan bisnis kepada banyak orang, karena dianggap sebagai media yang mampu menarik perhatian pelanggan.

Sama halnya dengan promosi bisnis, poster juga dapat digunakan dalam proses belajar anak. Dengan menggunakan poster yang menarik, anak diharapkan mampu memahami informasi yang ingin disampaikan dengan cara yang tidak membosankan.

Dikutip dari riset Universitas Pasundan Bandung, metode pembelajaran quantum learning dengan mengoptimalkan unsur persuasif yang ditulis dalam poster memberikan hasil pembelajaran yang baik bagi siswa.

Metode ini memberikan pembelajaran yang melibatkan semua aspek, antara lain aspek kepribadian, pengetahuan dan perasaan.

Semua aspek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap belajar dan daya ingat, serta membuat proses belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan yang keseluruhannya terangkum di dalam poster yang dirancang.

Dalam memberikan edukasi untuk anak, fasilitas pembelajaran untuk menyampaikan pesan yang edukatif memberikan peranan penting untuk membantu anak memahami pesan yang ingin kita sampaikan.

Dalam mengedukasi anak melalui poster, aspek desain menjadi sangat penting agar menarik perhatian. Namun, hal lainnya yang harus tetap diperhatikan adalah informasi yang disajikan haruslah bermanfaat dan mudah dipahami anak.

Baca Juga: Akun Instagram Edukasi dan Hiburan Buat Anak

Ciri-ciri Poster yang Baik

Agar dapat memenuhi kebutuhan penyampaian informasi yang baik, poster yang dibuat juga haruslah memenuhi beberapa syarat.

Ciri-ciri poster yang baik dan dapat digunakan untuk edukasi anak, antara lain:

1. Dicetak Pada Kain atau Kertas

Poster A3

Foto: Freepik.com

Ciri-ciri poster yang baik biasanya dimuat dalam media kertas atau kain yang memiliki ukuran standar. Pada umumnya ada beberapa ukuran kertas yang menjadi acuan dalam membuat desain poster.

Untuk poster dengan media kertas atau kain, ukuran yang umum digunakan adalah:

  • Ukuran A2

Poster ukuran ini adalah dua kali ukuran A3 yakni 42cm x 59.4 cm, biasanya digunakan di tempat-tempat umum dan merupakan ukuran yang cukup besar.

  • Ukuran A3

Ukuran A3 adalah 29.7 cm x 42 cm yang merupakan dua kali lipat ukuran A4. Poster ini mampu memuat informasi yang lebih banyak dari pada A4 dan juga dapat dicetak dalam bahan Art Paper, Art Carton dan jenis kertas lainnya, serta dicetak dengan digital printing.

  • Ukuran A4

Ukuran poster A4 merupakan ukuran poster yang paling kecil, yakni 21 cm x 29,7 cm. Karena ukuran yang cukup kecil, teks pada poster ini harus jelas agar dapat dilihat dari jarak yang jauh.

Selain itu, headline yang digunakan juga harus menarik agar mendapat perhatian anak.

Baca Juga: 7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Balok Susun Bagi Anak

2. Gunakan Bahasa yang Singkat dan Jelas

Ciri-ciri poster yang baik untuk edukasi anak selanjutnya adalah menggunakan bahasa yang padat, singkat, mudah dipahami, dan jelas.

Pilihlah kata-kata dan susunan kalimat yang jelas serta mudah untuk dimengerti oleh anak, agar pesan edukasi dapat tersampaikan dengan jelas.

3. Menarik Perhatian

Poster menarik perhatian

Foto: Freepik.com

Desainlah poster yang menarik perhatian ketika terlihat. Pemilihan warna yang mencolok dan cerah biasanya menjadi pilihan yang paling tepat.

Selain itu, ciri-ciri poster yang memiliki warna yang cerah dan mencolok dapat merangsang perkembangan otak anak.

4. Menggunakan Kalimat Ajakan atau Persuasif

Dikutip dari PSD Learning, tujuan poster pendidikan adalah untuk membuat orang mengambil tindakan dalam beberapa cara atau bentuk.

Sama halnya dalam mengedukasi anak, ciri-ciri poster yang baik harus tampak jelas tentang apa yang ingin orang lakukan setelah mereka melihat poster atau tidak bertele-tele.

Oleh karena itu, poster perlu di desain dengan kalimat ajakan mengenai informasi edukatif yang ingin disampaikan dan dapat meninggalkan kesan setelah berlalu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Perempuan dan Tips Memilihnya!

5. Gambar atau Ilustrasi yang Menarik

Poster dengan ilustrasi menarik

Foto: Freepik.com

Ciri-ciri poster yang baik untuk edukasi anak biasanya memuat gambar yang menarik. Pilihlah gambar atau sketsa yang membuat anak penasaran untuk melihat dan mengetahui informasi yang termuat di dalamnya.

Pastikan juga gambar yang dipilih berfungsi sebagai titik fokus, kontras teks, dapat dilihat dari kejauhan, serta berhubungan dengan informasi teks yang dimuat dalam poster.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Mengedukasi, Si Kecil Pasti Suka!

6. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Lokasi peletakkan poster juga tak kalah penting. Sebaiknya poster ditempatkan di lokasi yang strategis agar dapat dilihat dengan jelas. Poster juga sebaiknya dipasang pada permukaan yang rata dan tempat umum yang dapat dijangkau anak-anak.

Warna dinding tempat menggantung poster juga harus diperhatikan. Hindari dinding dengan warna yang sama dengan warna dasar dalam desain poster.

Nah, demikian informasi mengenai ciri-ciri poster yang baik untuk mengedukasi anak. Hal-hal tersebut dapat diperhatikan untuk mendukung hasil optimal metode edukasi anak.

Media edukasi anak yang variatif akan membantu mereka dalam memahami secara mudah mengenai informasi penting bagi perkembangan mereka, dan tentunya mencegah mereka cepat bosan.

  • http://repository.unpas.ac.id/10348/5/BAB2.pdf
  • https://snapy.co.id/artikel/referensi-ukuran-poster-yang-sering-digunakan
  • https://snapy.co.id/artikel/ciri-ciri-dan-syarat-membuat-poster
  • https://saintif.com/poster-adalah/
  • https://k12teacherstaffdevelopment.com/tlb/how-can-i-use-poster-making-to-facilitate-learning-in-the-classroom/
  • https://psdlearning.com/1451/5-design-tips-create-best-educational-posters/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait