Trimester 1

3 Mei 2021

11 Penjelasan Medis Serta Contoh Hamil Tanpa Gejala

Ketahui hal yang mendasari wanita tak sadar dirinya sedang hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Contoh hamil tanpa gejala? Apakah bisa terjadi?

Moms mungkin pernah mendengar cerita setidaknya satu kali, tentang wanita yang tidak tahu dia hamil hingga trimester dua atau boleh disebut hamil tanpa gejala.

Pikiran pertama Moms pasti bertanya-tanya. Bagaimana bisa tidak tahu kalau sedang mengandung bayi? Nyatanya, kondisi seperti ini memang dialami sebagian wanita yaitu hamil tampa gejala

Dilansir dari situs WebMD, seorang Obgyn di The Ohio State University Wexner Medical Center, kata Michael Cackovic MD mengatakan, ada alasan medis di balik wanita yang hamil tanpa gejala.

’’Yaitu wanita yang tidak melakukan hubungan seks rutin, siklus menstruasinya tidak teratur, dan tidak secara teratur mengunjungi dokter,’’ katanya.

Dalam keadaan seperti itu, ada kemungkinan Moms tidak dapat menyadari bahwa sedang hamil dan tidak menyadari gejala kehamilan yang ada.

Contoh Hamil Tanpa Gejala

Namun, ada beberapa hal lain yang mendasari ketidaktahuan seorang wanita bahwa dirinya sedang hamil tanpa gejala. Contoh hamil tanpa gejala sebagai berikut:

1.Ketakutan Berujung Penolakan

Ketakutan Berujung Penolakan - sumber newssarbcru.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pikiran untuk menjadi seorang ibu sangat menegangkan bagi beberapa wanita, sehingga mereka melakukan penolakan yang mendalam. Begitu dalam sehingga mereka tidak tahu bahwa mereka sedang hamil.

’’Penolakan adalah mekanisme pertahanan yang sangat kuat. Memungkinkan untuk berbicara sendiri dari setiap gejala yang manusia miliki. Gerakan di perut adalah 'hanya gas', misalnya,” kata Cackovic.

Misalnya, seorang remaja mungkin menolak atau mengabaikan kehamilan karena dia tidak ingin orang tuanya tahu dia berhubungan seks.

Seorang wanita yang sudah menikah dapat melakukan hal yang sama karena dia hamil oleh orang lain selain pasangannya.

2.Kesehatan Mental

02 KESEHATAN MENTAL - sumber onlymyhealthjpg.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Wanita lain memiliki masalah kesehatan mental yang membuat mereka tidak mengenali atau menerima bahwa mereka akan punya bayi.

Kondisi yang disebut penolakan kehamilan ini sering terjadi. Dilansir dari Medical News Today, beberapa penelitian memperkirakan bahwa satu dari 400 atau 500 wanita, menyadari bahwa mereka akan memiliki anak pada usia kehamilan 20 minggu, atau sekitar 5 bulan,

Menurut jurnal ilmiah BMC Psychology, penyangkalan kehamilan dalam contoh hamil tanpa gejala dapat terjadi pada wanita yang tidak ingin hamil, termasuk remaja, penderita kecanduan, dan mereka yang, karena berbagai alasan, percaya bahwa mereka belum siap untuk memiliki anak.

Walaupun begitu, satu dari 2.500 wanita berhasil sampai ke persalinan sebelum mereka mengerti bahwa mereka akan punya bayi.

Beberapa wanita mungkin mengalami kehamilan yang ditolak karena masalah kesehatan mental serius, seperti gangguan bipolar atau skizofrenia.

3.Tidak Merasakan Gejala

03 TIDAK MERASAKAN GEJALA - sumber business woman media.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagi sebagian wanita, informasi fisik kehamilan, seperti penambahan berat badan, mual di pagi hari, mulas, atau kelelahan, tidak terjadi.

Atau, gejalanya sangat samar sehingga hampir tidak terasa sama sekali. Bergantung pada tipe tubuhnya, maka masih masuk akal bagi seorang wanita untuk mencapai kehamilan 30 minggu tanpa terlihat hamil.

Sedangkan, Journal of Auton Neuroscience, mengungkap sekitar 70 hingga 80 persen orang hamil mengalami mual atau muntah. Jadi masih ada 20 sampai 30 persen yang sama sekali tidak mengalami mual di pagi hari.

Jika Moms hamil tanpa gejala seperti mual, mungkin merasa beruntung, bingung, atau bahkan khawatir. Karena mual di pagi hari adalah gejala trimester pertama yang umum dibicarakan, mungkin tampak aneh jika Moms tidak mengalaminya.

Atau, gejalanya sangat samar sehingga hampir tidak terasa sama sekali. Bergantung pada tipe tubuhnya, maka masih masuk akal bagi seorang wanita untuk mencapai kehamilan 30 minggu tanpa terlihat hamil.

4.Berat Badan Sering Berubah

04 PERUBAHAN BERAT BADAN - sumber CBS news.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika seorang wanita kelebihan berat badan atau ukuran tubuhnya sering naik turun, dia mungkin tidak memperhatikan ada bayi yang bertambah berat dalam tubuhnya.

Jika kegemukan, kata Cackovic, dia mungkin tidak "memiliki perasaan fisik hamil" seperti yang dirasakan wanita non-obesitas.

5. Masalah Siklus Menstruasi

Siklus Menstruasi - sumber .jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seorang wanita dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur karena stres, pengaruh obat-obatan medis, obesitas, atau masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Hal ini biasa pula dialami wanita dengan gangguan makan. Jadi, ketika haidnya tidak muncul, pikiran pertamanya mungkin bukan kehamilan. Melainkan hanya telat biasa.

6. Tidak Merasakan Gerakan Bayi

06 TIDAK MERASAKAN GERAKAN BAYI - sumber medical news today.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya calon ibu akan mulai merasakan bayinya menendang atau berguling antara usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. ’’Tetapi jika plasenta berada di depan rahimnya, dia mungkin tidak merasakan gerakan itu,’’ kata Cackovic.

Hal ini paling sering dialami wanita yang sibuk bekerja di luar rumah.

7. Usia

Usia ibu

Foto: Orami Photo Stock

Contoh hamil tanpa gejala biasanya dikarenakan wanita di usia akhir 30-an atau awal 40-an dapat salah mengira gejala kehamilan dengan menopause dini. Mereka mungkin juga berpikir bahwa peluang mereka untuk hamil lebih rendah karena usia.

Menurut penelitian dalam Journal of Royal Society of Medicine, 1 dari 475 wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka hamil sampai 20 minggu, dan 1 dari 2.500 wanita lainnya hanya mengetahui bahwa mereka hamil setelah mereka melahirkan.

Baca Juga: 7 Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari dan Penyebabnya

8. Konsumsi Pil KB

Ilustrasi pil KB

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi pil KB atau penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menjadi contoh hamil tanpa gejala yang kuat. Lantaran, salah satu alasan utama Moms cenderung datang bulan terlambat karena masih minum pil KB atau penggunaan alat kontrasepsi.

Jika Moms sering melewatkan minggu menstruasi dan hanya mengalami beberapa periode dalam setahun, kalian mungkin tidak terlalu memikirkannya apalagi hal ini tak pernah terlintas sebagai contoh hamil tanpa gejala.

9. Deteksi Terlalu Dini

Ilustrasi deteksi terlalu dini

Foto: Orami Photo Stock

Semua wanita berbeda dalam hal mengalami gejala kehamilan. Beberapa wanita tidak merasakan sesuatu yang berbeda sampai paruh kedua trimester pertama atau bahkan setelahnya sebagai contoh hamil tanpa gejala.

Jika ini masalahnya, Moms dapat menikmati beberapa minggu ekstra tanpa masalah.

Jika Moms baru saja mengandung dan mengharapkan tanda-tanda kehamilan, Moms mungkin perlu menunggu lebih lama.

Jika embrio yang telah dibuahi belum ditanamkan, Moms tidak akan mengalami gejala apa pun. Ini terjadi 6 sampai 12 hari setelah ovulasi. Setelah waktu ini, harus melakukan tes kehamilan untuk memeriksanya.

Baca Juga: Gejala Hamil yang Mengganggu, Tapi Merupakan Pertanda Kehamilan Sehat

10. Alami Gejala Lain

Gejala lain kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Kemungkinan penyebab hamil tanpa gejala adalah Moms mengalami tanda-tanda kehamilan tapi mengira disebabkan oleh hal lain. Contoh hamil tanpa gejala, Moms mungkin merasa lebih lelah dari biasanya, menyebabkan lebih banyak tidur siang atau waktu tidur lebih awal.

Alih-alih melihat ini sebagai kelelahan kehamilan, Moms mungkin berasumsi itu hanya karena memiliki minggu kerja yang sangat panjang dan telah berlari lebih dari biasanya.

Perubahan suasana hati dapat disalahkan pada konflik keluarga atau stres rutin. Jika mengalami perubahan apa pun, tanyakan pada diri apakah perubahan itu bisa disebabkan oleh kehamilan yang bisa menjadi contoh hamil tanpa gejala.

Baca Juga: 5 Tanda Awal Usia Kehamilan Trimester 3 Akan Terasa Berat

11. Tes Kehamilan Palsu

Test kehamilan palsu

Foto: Orami Photo Stock

Jika kehamilan Moms belum dikonfirmasi oleh dokter, dirimu mungkin bertanya-tanya apakah tes di rumah sebenarnya akurat. Tes rumahan bekerja dengan mendeteksi human Chorionic Gonadotropin (hCG), hormon yang ada pada awal kehamilan.

Untuk alasan ini, kebanyakan tongkat sangat akurat. Faktanya, hasil positif lebih mungkin akurat daripada hasil negatif. Namun, bukan berarti mendapatkan hasil positif palsu tidak mungkin dilakukan.

Tes rumah yang tidak akurat dapat disebabkan oleh kehamilan kimiawi, keguguran, kehamilan ektopik, pengobatan hingga cara penggunaannya yang salah.

Jika Moms tidak mengikuti petunjuk untuk tes rumah atau menggunakan tes yang kedaluwarsa, mungkin saja Moms mendapatkan hasil yang salah.

Baca petunjuknya dan ikuti persis seperti yang tertulis. Melakukan tes di pagi hari saat urin belum diencerkan dapat memberikan hasil yang paling akurat.

Menunggu 10 menit untuk melihat hasilnya juga dapat meningkatkan akurasi. Meskipun mungkin bersemangat, Moms harus menghindari tes terlalu dini. Menunggu satu minggu setelah menstruasi yang terlewat adalah ide yang bagus.

Itulah 11 yang mendasari alasan hamil tanpa gejala seorang wanita atau juga bisa menjadi contoh hamil tanpa gejala. Apakah Moms juga mengalaminya?

Meski ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan, banyak kok wanita yang tidak tahu sedang hamil namun berhasil melahirkan bayi yang sehat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait