Program Hamil

10 Juni 2021

9 Rekomendasi RSIA di Jakarta Pusat hingga Utara

Simak sederet RSIA di Jakarta yang bisa Moms datangi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Saat Moms dan Si Kecil sedang sakit, tentu Moms akan lebih nyaman berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak atau sering disingkat sebagai RSIA. Sama seperti namanya, RSIA merupakan rumah sakit yang dinilai lebih “bersahabat” bagi ibu dan anak.

Segala keperluan perawatan kesehatan seperti pemeriksaan kandungan, pemeriksaan kesehatan Moms dan Si Kecil, perencanaan kehamilan, hingga pemeriksaan kandungan dapat dilakukan di RSIA.

Hal ini tentu sedikit berbeda dengan Rumah Sakit Umum yang memiliki pelayanan cenderung lebih luas.

Meski demikian, perawatan kesehatan di RSIA masih menjadi favorit para Moms karena dinilai lebih nyaman serta tidak bercampur dengan pasien yang lain yang memiliki masalah penyakit umum lainnya.

Rekomendasi RSIA di Jakarta

Mengenal Blue Baby Syndrome, Kondisi Kulit Bayi Menjadi Biru setelah Lahir

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau memiliki anak berusia maksimal 10 tahun, dan berdomisili di Jakarta, RSIA di Jakarta tentu mudah ditemukan.

Namun, RSIA di Jakarta mana yang menjadi rekomendasi banyak Moms? Simak beberapa opsi berikut:

Baca juga: 20 Larangan untuk Ibu Hamil Muda, Penting!

1. RSIA Bunda Jakarta

rumah sakit bunda

Foto: bunda.co.id

RSIA Jakarta yang pertama yang menjadi rekomendasi adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak, Bunda Jakarta. RSIA Bunda ini memiliki lokasi strategis, berada di pusat Jakarta yaitu 1 km ke arah timur dari Bunderan HI. Dekat, kan Moms?

Ada berbagai poliklinik yang dimiliki oleh RSIA Bunda yang didirikan sejak tahun 1973 ini. Sebut saja mulai dari klinik kebidanan, klinik anak, klinik alergi anak, klinik tumbuh kembang, klinik laktasi, ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit), dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit).

Untuk kesehatan kehamilan, Moms bisa mendapatkan fasilitas USG 3D dan 4D dimensi.

Terkait fasilitas rawat inap, Moms dan Si Kecil yang membutuhkan perawatan kesehatan intensif, rumah sakit ini memiliki kategori kamar berbeda yaitu rawat ibu, rawat bayi, rawat anak, kamar bersalin dan kamar operasi.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.28, RT.9/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta Pusat 10350.

Telepon: 1500799

2. RSIA YPK Mandiri

RSIA di Jakarta ini telah berdiri sejak tahun 1960. Mengutip laman RSIA YPK Mandiri, rumah sakit ini memiliki fasilitas poliklinik uroginekologi center, psikologi, THT, laktasi, kulit & kelamin, penyakit dalam, serta bedah.

Di rumah sakit ini, juga ada layanan untuk tumbuh kembang anak. Para dokter dan petugas medis di rumah sakit pun lengkap.

Banyak selebriti ternama Indonesia seperti Dian Sastrowardoyo hingga putri Presiden Joko Widodo, yaitu Kahiyang Ayu melahirkan bayi kecilnya di rumah sakit ini.

Alamat: Jl. Gereja Theresia No.22, RT.7/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta Pusat 10350

Telepon: (021) 390 9725

Baca juga: Bolehkah Anak Diimunisasi saat Sakit? Cari Tahu Dulu Faktanya

3. RS Primaya Evasari

Periksa Hamil

Foto: primayahospitals.com

RSIA di Jakarta selanjutnya yang turut menjadi rekomendasi untuk Moms yang berdomisili di area Rawamangun, Cempaka Putih, dan sekitarnya adalah RS Primaya Evasari.

Saat ini, RS Primaya Evasari memiliki 115 tempat tidur. Dilengkapi juga dengan layanan khusus kesehatan ibu dan anak seperti layanan inseminasi, pemeriksaan jantung (elektrokardiogram), serta USG 3 dan 4 dimensi.

Fasilitas penunjang seperti ruangan ICU, NICU dan PICU juga menjadi salah satu keunggulan dari RS Awal Bros Evasari.

Untuk rawat inap, RS Primaya Evasari juga memiliki ruang perawatan bersalin serta ruang perawatan anak dengan fasilitas yang dirancang untuk kenyamanan keluarga.

Baca juga: Bayi Tidak Mau Menyusu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alamat: Jalan Rawamangun No. 47, Pramuka, Jakarta Pusat.

Telepon: (021) 420 1515 /0877 8498 1817.

4. RSIA Sam Marie Basra

Jika Moms sedang mencari RSIA di Jakarta Timur, Moms bisa mengunjungi Rumah Sakit Ibu dan Anak Sammarie. Lokasinya ada di area di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Rumah sakit ini didirikan pada tanggal 10 Oktober 2004.

Ada berbagai fasilitas yang dapat diperoleh di sini mulai dari IGD, ICU, NICU, PICU, laboratorium, apotek, hingga medical check up.

Rumah Sakit Ibu dan Anak SamMarie Basra ini juga melayani penanganan infertilitas, pemeriksaan kesuburan, bayi tabung, inseminasi, dokter anak, hingga proses persalinan

Jika Moms enggan untuk datang ke rumah sakit dengan alasan tertentu, Moms juga bisa melakukan konsultasi online dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke nomor 0877-8400-2251.

Alamat: Jl. Jend. Basuki Rachmat No.31, RT.3/RW.2, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jalarta Timur 13420

Telepon: (021) 86613145

5. RSIA Hermina Jatinegara

RS Hermina

Foto: herminahospitals.com

RSIA di Jakarta untuk Moms dan Si Kecil yang berdomisili di Jakarta Timur adalah RSIA Hermina Jatinegara.

Rumah sakit ini berdiri pada tahun 1991, dan menjadi rumah sakit Hermina pertama. RS Hermina Jatinegara sekarang telah menawarkan layanan premium untuk pasien dengan layangan Obgyn, Pusat Pediatrik, Fetomaternal, Fertilitas dan Onkologi Wanita.

Dengan layanan tersebut, pasien bisa mendapatkan perawatan yang lebih komprehensif dalam mendeteksi dini tumor, kanker, atau kelainan lainnya.

Layanan lainnya meliputi CT Scan, ekokardiografi, EEG (Elektroensefalografi), hemodialisa, endoskopi THT, endoskopi saluran cerna, KTK (Klinik Tumbuh Kembang), PICU (Unit Perawatan Intensif Anak), ICU/NICU (Unit Perawatan Intensif/Unit Perawatan Intensif Neonatal), mamografi, spirometry, histeroskopi, laboratorium PA, Klinik Bobath, dan tes pendengaran (BERA, OAE,Otoskopi, & Timpanometri)

Rumah sakit ini pun memiliki 170 tempat tidur, fasilitas ICU, NICU, PICU, Perinatology, Hemodialisis, Thalassemia, Kemoterapi, KTK, Bobath, dan Endoskopi.

Alamat: Jalan Raya Jatinegara Barat No. 126, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13320

Telepon: (021) 851 3838/ 819 1223/ 1500 488

6.RSIA Asih

RSIA di Jakarta yang keenam yang menjadi favorit para Moms adalah RSIA Asih. Bisa jadi karena lingkungan RSIA Asih yang sangat homey dan pelayanannya yang sangat ramah.

Meski tampak seperti rumah yang nyaman, namun RSIA Asih menyediakan layanan unit gawat darurat, laboratorium, apotek, poliklinik anak, kebidanan & kandungan, klinik edukasi orang tua, fertilitas, fetomaternal, gizi. Poliklinik ini bahkan dikelola oleh dokter dan tim medis bersertifikat.

Dikutip dari laman resminya, pelayanan instalasi gawat darurat di RSIA Asih buka 24 jam dan menyediakan ambulan yang siap siaga.

Alamat: Jl. Panglima Polim I No.34, Jl. Panglima Polim I, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Telepon: (021) 2700 610/09/ 0811-8474-006

7. RSIA Kemang (Kemang Medical Care)

rsia kemang

Foto: rsiakemang.id

Satu lagi RSIA di Jakarta yang ada di bagian Selatan adalah Kemang Medical Care (RSIA Kemang). Rumah sakit ini memiliki fasilitas poli umum, anak, kebidanan dan kandungan, gigi anak dan dewasa, penyakit dalam, bedah umum, THT, kulit dan kelamin, hingga klinik laktasi.

RSIA Kemang Medical Centre juga memiliki parents education center dan konseling psikologis. Untuk Moms yang inign memantau tumbuh kembang anak, di sini juga tersedia klinik tumbuh kembang untuk screening dan deteksi dini. Dalam laman resminya disebutkan bahwa semua layanan tersebut buka setiap hari.

Alamat: Jl. Ampera Raya No.34, RT.2/RW.9, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

Telepon: (021) 27545454

Baca juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

8. RSAB Harapan Kita

RSAB Harapan Kita adalah RSIA di Jakarta yang menjadi rekomendasi selanjutnya. Rumah sakit ini memiliki fasilitas khusus untuk menunjang perawatan penyakit jantung, termasuk pada pasien anak-anak.

Terkait dengan layanan kesehatan lainnya, RSAB Harapan Kita, juga termasuk rumah sakit yang memiliki Pediatric Neurosurgery Services.

Jika Moms berencana untuk melakukan perawatan kesehatan di sini, ada beberapa dokter yang menjadi favorit Moms. Seperti dr Irsal Yan, SpOG, dr Sudirmanto, SpOG-KFER, dr Dwi Miranti Anggraini, SpA, dr Vinny Yoanna, SpA, dan dr Pandu Caesaria Lestari, SpA

Alamat: Jalan Letjen S. Parman Kav. 87, Slipi, Jakarta Barat.

Telepon: (021) 566 8284.

Baca juga: Mengapa Ibu Hamil Lebih Sensitif Terhadap Suami dan Mudah Marah?

9. RSIA Grand Family

RSIA Jakarta

Foto: rsiagrandfamily.com

Rumah Sakit Ibu dan Anak Grand Family (RSIA Grand Family) adalah sebuah Rumah Sakit swasta yang secara khusus menyediakan fasilitas dan layanan kesehatan bagi ibu dan anak, berlokasi di kompleks Elang Laut Selatan, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Selain layanan untuk program hamil, Moms yang hendak melahirkan, hingga kesehatan anak, RSIA di Jakarta Utara ini, terdapat juga layanan Automated Breast Volume Scanner (ABVS), pemeriksaan menggunakan gelombang suara (Ultra-Sound) untuk mengevaluasi kelainan payudara, hingga fasilitas unggulan yaitu Family Rehabilitation Center (FRC).

Alamat: Jl. Pantai Indah Selatan 1. Komplek Elang Laut Boulevard Kav. 1 No. 1 Penjaringan, Jakarta Utara

Telepon: (021) 29673737/ 29673777

Demikian beberapa RSIA di Jakarta yang Moms bisa jadikan referensi. Yang perlu diingat saat memilih rumah sakit adalah pilih rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan Moms, Dads, dan Si Kecil.

Untuk informasi lebih lanjut, Moms dan Dads bisa menghubungi customer service di nomor telepon atau kunjungi website setiap RSIA di Jakarta di atas tersebut.

  • https://primayahospital.com/rumah-sakit/evasari/
  • https://rsypkmandiri.co.id/
  • https://rsiaasih.co.id/doctors-schedule/
  • https://rsiakemang.id/
  • https://www.rsabhk.co.id/
  • https://www.rsiagrandfamily.com/
  • https://bunda.co.id/web/rsiabundajakarta
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait