06 Mei 2024

Coulrophobia, Ketakutan terhadap Badut yang Berlebihan

Salah satu penyebabnya adalah pengalaman traumatik

Coulrophobia adalah kondisi mental di mana penderitanya memiliki fobia atau ketakutan ekstrim terhadap badut.

Ketakutan ini bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Reaksinya bisa berupa ketakutan yang sangat ekstrim dan irasional ketika melihat badut secara langsung atau hanya sekadar melihat gambar, foto, dan video badut.

Hal ini juga senada dengan penjelasan dr. Leonardi A. Goenawan, Sp.KJ, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah – Puri Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya .

"Ketakutan ini sedemikian kuatnya hingga dapat melumpuhkan kapasitas seseorang untuk mampu berfungsi secara normal.

Suatu survei di Universitas Chapman di Amerika, setidaknya 7.8% orang di Amerika memiliki coulrophobia," jelas dr. Leonardi.

Kondisi ini umumnya timbul karena respon psikologis seseorang yang berkaitan dengan peristiwa traumatik di masa lalu, atau bisa juga penyebabnya tidak diketahui.

Melansir dari Cleveland Clinic, istilah coulrophobia pertama kali muncul pada akhir 1990-an.

"Coulro" merupakan kata Yunani yang merujuk pada kaki panggung.

Sebab film-film terbaru kerap menampilkan sosok badut yang berpenampilan seram seperti di film IT dan Joker hingga membuat banyak orang sadar akan ketakutan pada badut.

Baca Juga: Fobia Ketinggian, Bisakah Diatasi?

Penyebab Coulrophobia

Anak Menonton Film Horor
Foto: Anak Menonton Film Horor (Freepik.com/freepik)

Sama seperti fobia-fobia lainnya, ketakutan pada badut juga bisa didasarkan karena pengalaman traumatis atau tidak diketahui secara jelas penyebabnya.

Menurut dr. Leonardi fobia umumnya timbul dari berbagai sumber, terutama jika ada kejadian traumatis dan menakutkan di masa lalu yang membuat penderitanya membayangkan kembali ketakutan tersebut.

"Kadangkala kita dapat merasa sangat takut pada sesuatu yang kita sendiri tidak paham alasannya," kata dr. Leonardi.

Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi.

1. Film Horor

Menurut dr. Leonardi terdapat korelasi antara film, media, dan iklan tentang film horor bertema badut yang dikemas dengan sedemikian realistis dan mengesankan.

Hal ini seringkali membuat seseorang kehilangan batas antara realistas dan imajinasi hingga tidak bisa membedakan mana dunia nyata dan mana yang tidak nyata.

Kesan yang ditimbulkan akibat film tersebut pun menjadi sangat mendalam hingga memengaruhi reaksi tubuh sebelum penderitanya sempat untuk menalar sebuah kejadian.

Baca Juga: Venustraphobia, Fobia Saat Berhadapan dengan Wanita Cantik

2. Pengalaman Traumatik

Nah, penyebab selanjutnya dari coulrophobia adalah pengalaman traumatik di masa lalu.

Pengalaman hidup traumatik tentunya bisa dialami siapa saja terlebih jika pengalaman ini datang dari masa anak-anak, Si Kecil akan sulit untuk melupakan sesuatu hal yang membuatnya trauma dan takut.

"Memiliki pengalaman masa kecil yang melibatkan badut yang membuat kita sangat ketakutan atau merasa terjebak tanpa ada peluang untuk melepaskan diri dapat diklasifikasikan sebagai pengalaman yang traumatik," jelas dr. Leonardi.

Pasca kejadian traumatik tersebut, otak akan memerintah tubuh untuk panik bila berhadapan dengan situasi yang melibatkan badut di dalamnya.

Baca Juga: Trypophobia, Fobia terhadap Kumpulan Lubang Kecil

3. Fobia yang Dipelajari

Poin ini mungkin membuat Moms bertanya-tanya, bukan? Namun menurut dr. Leonardi keadaan ini terbilang agak lebih jarang dibanding penyebab lainnya.

Namun fobia yang dipelajari menjadi sangat mungkin dialami, di mana seseorang "belajar" untuk turut merasa takut dari figur penting di masa kecil seseorang.

"Kita belajar banyak hal tentang dunia dan kehidupan sehari-hari dari orang tua, saudara kandung, dan kerabat dekat.

Dengan demikian, tidaklah mengherankan kita juga belajar untuk takut pada badut, apabila ada dalam keluarga terdekat yang juga merasa sangat takut terhadap badut," ungkap dr. Leonardi.

Proses pembelajaran ini dilakukan tanpa melalui proses nalar yang lengkap, yaitu ketika seseorang mengajari orang lain bahwa badut adalah sesuatu yang patut untuk ditakuti.

Sama seperti fobia pada umumnya, coulrophobia juga akan menimbulkan ketakutan yang luar biasa...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb