02 Desember 2022

Bacaan Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajal Beserta Artinya, Yuk Panjatkan!

Dapat diamalkan agar tidak jadi orang yang tersesat
Bacaan Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajal Beserta Artinya, Yuk Panjatkan!

Sejak dahulu, Nabi Muhammad telah mengatakan agar umat muslim bersiap sebelum akhir zaman. Hingga beliau membekali umatnya dengan doa agar terhindar dari fitnah dajal.

Sebab, fitnah terbesar di akhir zaman ditandai dengan kemunculan dajal. Dalam banyak hadits telah tercantum dengan jelas bahaya makhluk ini.

Dikutip Jurnal Kewahyuan Islam Shahih, Ibnu Majah mengatakan bahwa Dajjal juga disebut pembohong, karena mengikuti kebenaran dengan kebatilannya.

Baca Juga: Doa di Sujud Terakhir, Yuk Panjatkan, Insya Allah Dikabulkan!

Apa yang Dimaksud dengan Dajal?

Ilustrasi Iblis
Foto: Ilustrasi Iblis (Britannica.com)

Agar umat Islam dapat terhindar dari fitnah dajal, salah satu caranya adalah dengan mencari tahu sosoknya. Sehingga, umat Islam bisa lebih waspada agar tidak menjadi pengikutnya.

Dajal merupakan makhluk Allah SWT yang diprediksikan Rasulullah SAW akan muncul di akhir zaman. Dajal akan membawa pengaruh buruk terhadap manusia.

Meski begitu, para ulama berbeda pendapat mengenai sosok dajal. Apakah dia makhluk fiktif yang menjadi simbol kejahatan, atau memang memiliki sosok sendiri di akhir zaman.

Dajal hadir untuk menyebarkan beragam fitnah bagi manusia. Fitnahnya adalah yang paling menyesatkan dan keji di dunia.

Sebab, mereka tidak hanya bermaksud menghancurkan hubungan manusia dengan manusia agar terjadi perpecahan dan kerusakan, tapi juga dapat menghancurkan aqidah.

Saat seseorang terjerumus ke dalam fitnah dajal, bisa saja dia jadi tidak mempercayai Allah SWT sebagai Tuhan, atau Alquran sebagai kitab suci lagi.

Seseorang akan hidup dengan tanpa petunjuk dan pedoman hidup selama di dunia, dan hanya berkeyakinan pada diri sendiri saja.

Pengaruh dajal akan sangat kuat, hingga manusia mempunyai dapat selalu menuruti segala perintahnya.

Beberapa kehebatan dajal sudah tersebar ke seluruh alam semesta. Dirinya akan mengaku sebagai Tuhan yang mampu berbuat segala sesuatu di luar akal.

Misalnya saja dia dapat menghidupkan orang mati, mendatangkan makanan, bahkan menyembuhkan segala penyakit yang ada.

Siapa pun yang menjadi pengikutnya akan tersesat dan termakan fitnah, hingga nantinya dibinasakan oleh Nabi Isa AS.

Jika bukan karena iman, tidak ada yang bisa mencegah seseorang dari kesesatan dajal.

Sebab bisa saja demi uang atau makanan, manusia menjual keimanannya dan beralih menjadi penyembah dajal.

Begitu dahsyat bahaya yang dibawa oleh dajal. Bahkan Rasulullah SAW sendiri sampai menyampaikan peringatan keras akan datangnya dajal.

Beliau sangat khawatir jika banyak umatnya yang masuk dalam kesesatan. Cinta kasih beliau kepada umatnya mengalahkan segala hal.

Baca Juga: Rangkaian Ayat dan Doa Meminta Keturunan, Yuk Amalkan!

Bacaan Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajal

Muslimah Berdoa
Foto: Muslimah Berdoa (Orami Photo Stock)

Terlepas dari adanya perbedaan dari kalangan ulama, Rasulullah SAW jauh-jauh hari menganjurkan umatnya untuk membaca doa agar terhindar dari fitnah dajal.

Dajal adalah makhluk yang diciptakan untuk menguji manusia.

Bagaimana pun bentuknya, berhasil atau tidaknya umat muslim menghadapinya salah satunya ditentukan oleh doa agar terhindar dari fitnah dajal.

Terkait doa tersebut, Imam Muslim dalam kitab sahihnya menyebutkan riwayat Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajal yang terhapus dari rahmat Allah,” (HR Muslim).

Berdasarkan hadits ini, para ulama berpendapat bahwa doa agar terhindar dari fitnah dajal disunahkan dibaca setelah selesai membaca taysahud akhir pada setiap salat dan sebelum salam.

Doa agar terhindar dari fitnah dajal dalam bahasa Arab, latin dan artinya yakni:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

"Allohumma inni a’udzu bika mina ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal."

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah dajal yang terhapus dari rahmat Allah.”

Selain itu, doa agar terhindar dari fitnah dajal juga bisa ditambhkan dengan membaca serta menghafalkan secara lancar sepuluh ayat pertama yang ada dalam Surat Al-Kahfi.

Sebab, dalam setiap ayat bahkan surat yang tertera dalam Alquran sebenarnya telah mengandung berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan.

Seperti dalam 10 ayat pertama Surat Al-Kahfi, akan ditemukan keistimewaan agar terhindar dari dajal. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Muslim.

Abu Darda’ pernah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) dajal,” (HR. Muslim).

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Keutamaan Membaca Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajal

Berdoa
Foto: Berdoa (Orami Photo Stock)

Dalam doa agar terhindar dari fitnah dajal, dinyatakan bahwa terdapat keutamaannya yakni meminta agar Allah SWT memberikan perlindungan dari fitnah di masa kehidupan dan kematian.

Tak terkecuali dari fitnah dajal yang berbahaya bagi umat muslim. Sebab saat ini bisa saja sudah memasuki akhir zaman, karena muncul ciri-cirinya.

Sehingga, doa tersebut sangat baik untuk dipanjatkan kapan saja dan di mana saja, termasuk sebagai zikir setelah sholat.

Saat membaca doa tersebut, seseorang juga akan mendapatkan berbagai mukjizat serta manfaat lainnya.

Misalnya dapat berlindung dari azab jahannam akibat termakan fitnah dajal, azab kubur, dan masih banyak lagi.

Dengan memanjatkan doa agar tehindar dari fitnah dajal sesering mungkin dengan khusyu, semoga umat muslim dapat terhindar dari fitnah-fitnah keji di akhir zaman. Aamiin ya Rabbal ‘Aalamiin.

  • http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/shahih/article/view/8910/0
  • https://umma.id/post/begini-doa-agar-terhindar-dari-fitnah-dajjal-379464?lang=id
  • https://www.ubai.web.id/2021/08/doa-terhindar-dari-fitnah-dajjal.html
  • https://www.mustafalan.com/2020/08/doa-terhindar-dari-fitnah-dajjal.html
  • https://pecihitam.org/cara-terhindar-dari-fitnah-dajjal/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.