Parenting Islami

9 Juni 2021

9+ Doa Dagangan Laris dan Penuh Berkah saat Berniaga, Yuk Panjatkan!

Berikhtiar juga dengan rutin membaca doa dagangan laris ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rasulullah SAW merupakan seorang pebisnis ulung. Sejak kecil, beliau terbiasa berdagang dan hal tersebut berlanjut setelah Islam datang. Sebagai manusia yang beriman, selain berikhtiar mencari nafkah, tidak ada salahnya juga untuk membaca doa dagangan laris.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, selain mendapatkan keuntungan yang berkah saat berdagang. Ini menjadi salah satu etika berdagang dari Rasulullah SAW.

Terkait hal ini, Rasulullah SAW bersabda: “Berdaganglah kalian dengan jujur dan amanat, niscaya orang-orang yang jujur dan orang-orang yang mati syahid akan bersama dengan Nabi.” (HR Al-Hakim dan Tirmidzi).

Baca Juga: Tanda Anda Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan Daripada Pegawai

Etika Usaha dan Amalan saat Berdagang

Doa Dagangan Laris -1.jpg

Foto: Pxfuel.com

Sebelum menguatkan ikhtiar yang dibantu doa dagangan laris, ada baiknya untuk mengetahui etika usaha yang diajarkan oleh Rasulullah SAW selain mengutamakan kejujuran dan menjaga amanah dengan baik.

Sebab, Department of Islamic Studies, University of Malakand, Chakdara Dir(L) Pakistan mencatat, perdagangan memainkan peran penting dalam kehidupan manusia karena memiliki peran sentral dalam perekonomian masyarakat.

Islam juga telah memberikan arti penting yang sama. Perdagangan dalam Islam tidak hanya meyakinkan orang untuk mendapatkan materi semata, tetapi memberikan prinsip-prinsip terbaik untuk keberhasilan manusia di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya,

apabila membeli tidak mencela. Apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (HR Baihaqi).

Baca Juga: Jenis Usaha Dengan Modal Minim

Selain itu, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan. Misalnya:

  • Hormat kepada orang tua. Ini menjadi amal yang baik agar mendapatkan keberkahan atas usaha yang dilakukan. Sebab, doa orang tua akan mudah diijabah oleh Allah SWT, terutama jika berkaitan dengan anak-anaknya.
  • Selalu berbuat baik dengan sesama. Ini juga hal yang penting dilakukan untuk membuka pintu rezeki. Misalnya dengan berbuat baik kepada tetangga atau saudara, selalu bersedekah, dan sebagainya. Sebab, bisa saja Allah SWT membukakan pintu rezeki lewat doa-doa yang mereka panjatkan.
  • Perbanyak istighfar. Sebab dengan melakukannya, Allah SWT akan memberikan kelancaran usaha dan rezeki yang banyak.
  • Bersedekah. Ini juga dilakukan agar menjauhkan diri dari bahaya dan bencana, juga untuk memperoleh ganjaran berupa harta 10 kali lipat bahkan lebih dari yang disedekahkan.
  • Sholat Dhuha. Dari sekian banyak keutamaan shalat Dhuha, adalah agar orang yang melaksanakannya memiliki rezeki yang dicukupkan.

Baca Juga: Ingin Anak Jadi Pengusaha Sukses? Ini Caranya

Pilihan Doa Dagangan Laris

Doa Dagangan Laris -2.jpg

Foto: Al-monitor.com

Ada beberapa doa dagangan laris yang bisa dibaca agar mendapatkan keuntungan serta keberkahan dari ikhtiar berdagang yang sedang dilakukan. Di antaranya:

1. Doa Dagangan Laris

Doa dagangan laris ini memiliki beberapa versi, yakni:

  • “Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.” Artinya: “Segala Puji Bagi Allah yang Telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku.”
  • “Qāla 'īsabnu maryamallāhumma rabbanā anzil 'alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā 'īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn.” Artinya: “Isa putra Maryam berdoa, 'Ya Tuhan kami, turunkan lah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

2. Doa Agar Dagang Laku

“Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun.” Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Alquran telah dijaga.”

3. Doa Agar Untung Besar

“Allohumma innii as-asluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syai-iin qodiir.”

Artinya: “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot, dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

4. Doa Agar Banyak Pembeli

“Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.” Artinya: “Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima di sisimu.”

Ada juga doa lain yang bisa dibacakan, yakni: “Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb,”.

Artinya: “Ia berkata: 'Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

5. Doa Agar Mendapatkan Rahmat dan Berkah

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.” Artinya, “Ya Allah, Dzat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita,

dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayag baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu.”

Baca Juga: 15 Saran Dari Pengusaha Di Bawah Usia 30 Tahun

6. Doa Memperoleh Keuntungan

Imam al-Ghazali mengatakan: “Siapa orangnya yang menginginkan keuntungan mempunyai kewibawaan, dimuliakan, terlindung dari bahaya dan tipu daya musuh, diindahkan tuturkatanya dan luas rezekinya menjadi kaya, maka bacalah:

‘Ya hayyu qayyum’ setiap hari pada malam sebanyak seribu kali, dan siapa yang kesusahan maka perbanyakkan bacaan’Ya hayyu ya qayyum birahmatika asta’iesu’ (Dapat dibaca dalam bahasa Arab)."

7. Doa Memulai Usaha Dagang

Ada beberapa versi doa memulai usaha berdagang ini, yakni:

  • “Allaahumma innii a’uudzubika minal hadami wataraddii wal ghammi wal gharaqi qal hariiq.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehancuran (dalam usaha), terjatuh (bangkrut), tenggelam dan kebakaran.” (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Dawud).
  • “Al-Hamdu Lillaahil Ladzii Rozaqonii Haadza Min Ghairi Haulin Minnii Wa Laa Quwwatin, Alloohumma Baarik Fiihi." Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizqiku.”
  • “Bismil ‘llaahi tawakkaltu ‘ala ‘llaahi. Bismi ‘llaahi ‘lladzi laayadhurru ma ‘asmihii syaium fil ‘lardi walaa fi ‘ssamaa-I wahuwa ‘ssami’u’l ‘allim.” Artinya: “Dengan nama Allah, Aku menyerah kepada Allah. Dengan Nama Allah Yang tidak Melarat serta namaNya suatu juapun yang di bumi dan pula yang di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

8. Doa Memohon Rezeki yang Bermanfaat

“Allaahumma Innii As-aluka ‘ilmaan Naafi’an, Warizqan Thayyiban, Wa’amalan Mutaqabbalan.” Artinya: “Ya Allah, sungguh aku minta kepada-Mu ilmu-ilmu yang bermanfaat rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (HR Ahmad, Ibnu Majah).

9. Doa Meminta Kekayaan

“Qa’a rabbigfir li wa hab li mulkal la yambagi li’ahadim mim ba’di, innaka antal-wahhab.” Artinya: “Ia berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang juga pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS Shod: 35).

10. Doa Agar Lancar Berdagang

“Wa yarzuq-hu min haisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli sya’ing qadra.”

Artinya: “Dan dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 3).

Dengan sering membaca doa dagangan laris ini diharapkan akan mendatangkan rezeki yang tidak hanya banyak, tapi juga berkah. Aamiin.

  • https://www.researchgate.net/publication/335820246_IMPORTANCE_OF_COMMERCE_AND_TRADE_IN_THE_LIGHT_OF_THE_HOLY_QURAN_AND_SUNNAH
  • https://dalamislam.com/doa-dan-dzikir/doa-mujarab-untuk-dagang
  • https://jeda.id/real/doa-agar-dagangan-laris-dan-penuh-berkah-ini-bunyinya-8566
  • https://www.mustafalan.com/2020/08/doa-agar-dagangan-laris.html
  • https://penaungu.com/doa-supaya-dagangan-laris/
  • https://www.ruangmom.com/doa-dagangan-laris.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait