16 Maret 2024

9+ Doa Dagangan Laris dan Penuh Berkah saat Berniaga

Berikhtiar juga dengan rutin membaca doa dagangan laris ini

Apa saja doa dagangan laris yang bisa diamalkan? Cari tahu, yuk!

Rasulullah SAW merupakan seorang pebisnis ulung.

Sejak kecil, beliau terbiasa berdagang dan hal tersebut berlanjut setelah Islam datang.

Sebagai manusia yang beriman, selain berikhtiar mencari nafkah, tidak ada salahnya juga untuk membaca doa dagangan laris.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, selain mendapatkan keuntungan yang berkah saat berdagang.

Ini menjadi salah satu etika berdagang dari Rasulullah SAW.

Terkait hal ini, Rasulullah SAW bersabda: “Berdaganglah kalian dengan jujur dan amanat, niscaya orang-orang yang jujur dan orang-orang yang mati syahid akan bersama dengan Nabi.” (HR Al-Hakim dan Tirmidzi).

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Cerai, Ketahui Persyaratan dan Biayanya

Etika Usaha dan Amalan saat Berdagang

Usaha Dagangan (Pxfuel.com)
Foto: Usaha Dagangan (Pxfuel.com)

Sebelum menguatkan ikhtiar yang dibantu doa dagangan laris, ada baiknya untuk mengetahui etika usaha yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini selain mengutamakan kejujuran dan menjaga amanah dengan baik.

Sebab, Department of Islamic Studies, University of Malakand, Chakdara Dir(L) Pakistan mencatat, perdagangan memainkan peran penting dalam kehidupan manusia karena memiliki peran sentral dalam perekonomian masyarakat.

Islam juga telah memberikan arti penting yang sama.

Perdagangan dalam Islam tidak hanya meyakinkan orang untuk mendapatkan materi semata, tetapi memberikan prinsip-prinsip terbaik untuk keberhasilan manusia di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya,

Apabila membeli tidak mencela. Apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih utang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (HR Baihaqi).

Baca Juga: 13 Aplikasi Game Penghasil Uang, Bisa Tanpa Modal!

Selain itu, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan. Misalnya:

  • Hormat kepada orang tua. Ini menjadi amal yang baik agar mendapatkan keberkahan atas usaha yang dilakukan. Sebab, doa orang tua akan mudah diijabah oleh Allah SWT, terutama jika berkaitan dengan anak-anaknya.
  • Selalu berbuat baik dengan sesama. Ini juga hal yang penting dilakukan untuk membuka pintu rezeki. Misalnya dengan berbuat baik kepada tetangga atau saudara, selalu bersedekah, dan sebagainya. Sebab, bisa saja Allah SWT membukakan pintu rezeki lewat doa-doa yang mereka panjatkan.
  • Perbanyak istighfar. Sebab dengan melakukannya, Allah SWT akan memberikan kelancaran usaha dan rezeki yang banyak.
  • Bersedekah. Ini juga dilakukan agar menjauhkan diri dari bahaya dan bencana, juga untuk memperoleh ganjaran berupa harta 10 kali lipat bahkan lebih dari yang disedekahkan.
  • Sholat Dhuha. Dari sekian banyak keutamaan salat Duha, adalah agar orang yang melaksanakannya memiliki rezeki yang dicukupkan.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh, untuk Moms yang Pelupa!

Pilihan Doa Dagangan Laris

Berdagang di Pasar ( Al-monitor.com)
Foto: Berdagang di Pasar ( Al-monitor.com)

Ada beberapa doa dagangan laris yang bisa dibaca agar mendapatkan keuntungan serta keberkahan dari ikhtiar berdagang yang sedang dilakukan.

Berikut kumpulan doa dagangan laris:

1. Doa Dagangan Laris

Doa dagangan laris ini memiliki beberapa versi, yakni:

“Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.”

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah yang Telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku.”

“Qāla 'īsabnu maryamallāhumma rabbanā anzil 'alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā 'īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn.”

Artinya: “Isa putra Maryam berdoa, 'Ya Tuhan kami, turunkan lah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

2. Doa Agar Dagang Laku

“Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun.”

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya Al-Qur'an telah dijaga.”

“Allohumma innii as-asluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb