27 Mei 2024

10 Hadis dan Ayat Alquran tentang Sedekah, Masya Allah!

Terdapat hadis tentang sedekah yang mencegah masuk neraka

Dalam Islam, sifat dermawan dan tolong menolong menjadi salah satu akhlak yang harus dimiliki. Oleh karena itu, terdapat penjelasan dari ayat Alquran tentang sedekah beserta hadisnya.

Pendapat ini juga diperkuat oleh hasil penelitian Ziswaf Jurnal Zakat dan Wakaf, yang mengatakan bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk memiliki sifat kedermawanan.

Tujuannya adalah memiliki rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT, mewujudkan kepekaan sosial yang tinggi, serta terwujudnya masyarakat yang gemar tolong-menolong.

Baca Juga: 7 Doa agar Anak Sukses dan Berhasil di Dunia serta Akhirat

Perbedaan Sedekah dan Zakat

Perbedaan Sedekah dan Zakat (Orami Photo Stock)
Foto: Perbedaan Sedekah dan Zakat (Orami Photo Stock)

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang ayat Alquran tentang sedekah beserta hadisnya, kenali dulu perbedaan antara sedekah dan juga zakat dalam Islam.

Secara umum, sedekah atau infak adalah menyisihkan harta dalam bentuk uang atau benda yang bisa bermanfaat untuk diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan, dan hukumnya sunah.

Pemberian sedekah ini tidak ada keharusan untuk diberikan kepada orang miskin, atau keharusan seperti layaknya zakat kepada 8 golongan asnaf, tetapi dapat diberikan untuk siapa saja.

Bahkan Rasulullah SAW mengatakan ada sedekah yang paling mudah diberian dalam sebuah hadis.

Dari Abu Dzar RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya: "Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu." (HR Tirmidzi).

Berbeda dengan sedekah, zakat hukumnya wajib jika sudah tercapai haul, nishob, atau jangka waktu tertentu yang mengikat.

Dari segi istilah, zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Baca Juga: 5+ Syarat Foto Buku Nikah, Harus Formal dan Berlatar Biru!

Ayat Alquran tentang Sedekah

Ayat Alquran tentang Sedekah (Orami Photo Stock)
Foto: Ayat Alquran tentang Sedekah (Orami Photo Stock)

Ada beberapa ayat Alquran tentang sedekah yang bisa menajdi pedoman dalam menjadikannya kebiasaan yang baik yang mengandung pahala.

1. Ayat Alquran tentang Sedekah dan Kematian

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

"Wa anfiqụ mimmā razaqnākum ming qabli ay ya`tiya aḥadakumul-mautu fa yaqụla rabbi lau lā akhkhartanī ilā ajaling qarībin fa aṣṣaddaqa wa akum minaṣ-ṣāliḥīn."

Artinya:

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS Al-Munafiqun: 10).

2. Ayat Alquran tentang Sedekah dan Keutamaannya

إِنَّ ٱلْمُصَّدِّقِينَ وَٱلْمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقْرَضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

"Innal-muṣṣaddiqīna wal-muṣṣaddiqāti wa aqraḍullāha qarḍan ḥasanay yuḍā'afu lahum wa lahum ajrung karīm."

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18).

Baca Juga: 10 Jenis Puasa Sunah yang Dianjurkan Rasulullah SAW

3. Ayat Alquran tentang Sedekah yang Diganti oleh Allah SWT

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

"Qul inna rabbī yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u min 'ibādihī wa yaqdiru lah, wa mā anfaqtum min syai`in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur-rāziqīn."

Artinya:

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’.

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS Saba: 39).

4. Ayat Alquran tentang Sedekah 700 Kali Lipat

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

"Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab'a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā'ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi'un 'alīm."

Artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.

Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 261).

5. Ayat tentang Sedekah Saat Lapang dan Sempit

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

"Allażīna yunfiqụna fis-sarrā`i waḍ-ḍarrā`i wal-kāẓimīnal-gaiẓa wal-'āfīna 'anin-nās, wallāhu yuḥibbul-muḥsinīn."

Artinya:

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.

Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali Imran: 134).

ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِ ۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb