Parenting Islami

16 Juni 2021

10 Rekomendasi Penjual Kurban Online, Idul Adha Sebentar Lagi

Beli hewan kurban online lebih aman lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Beberapa tahun belakangan ini, Moms tidak perlu dipusingkan dengan datang memilih hewan kurban untuk Idul Adha, karena sudah banyak pedagang kurban online.

Umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha tepatnya pada 20 Juli 2021 mendatang. Perayaan ini biasanya identik dengan pemotongan daging kurban.

Sayangnya di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, agaknya kita takut jika harus datang langsung ke tempat yang menjual hewan ternak untuk memilih hewan kurbannya.

Nah, menyiasati hal ini, Moms bisa membeli hewan kurban secara online lho. Saat ini pembelian hewan kurban tidak harus melihat langsung dan melakukan transaksi di tempat penjualan.

Ada beberapa tempat yang menjual hewan kurban online untuk mempermudah pembeli. Toko apa saja yang menjual hewan kurban online? Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Trik Mengajarkan Anak Salat Idul Adha

Penjual Hewan Kurban Online

Apa saja tempat jual hewan kurban online yang bisa Moms kunjungi? Yuk cek di bawah ini Moms.

1. Artafarm.id

penjual kurban online

Foto: instagram.com/artafarm.id

Penjual kurban online pertama yang bisa Moms kunjungi adalah Artfarm.id di Instagram. Toko online ini menjual hewan kurban berupa kambing yang tersedia dalam berbagai berat, mulai dari 25 kg.

Untuk harganya berada dikisaran Rp1 Juta - Rp3 Juta. Moms akan diminta mengisi format pembelian jika tertarik memesan. Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan memberikan DP terlebih dahulu.

2. Master Domba Farm

penjual kurban online

Foto: tokopedia.com/masterdomba

Situs marketplace Tokopedia memang terkenal menjual berbagai kebutuhan yang kita inginkan, termasuk hewan kurban. Jika Moms sedang mencari hewan kurban untuk Idul Adha 2020 nanti, Moms bisa membeli di Master Domba Farm melalui Tokopedia.

Moms bisa memilih jenis kurban apa yang diinginkan, tersedia juga paketan untuk memudahkan pembeli memilih.

Keunggulannya membeli hewan kurban di Tokopedia, proses pemesannya mudah dan tidak ribet. Hanya saja mungkin untuk menghubungi pembeli, hanya bisa lewat chat Tokopedia saja.

Baca Juga: 7 Aturan Kurban Idul Adha dalam Islam, Yuk Pelajari!

3. Qfarm.id

penjual kurban online

Foto: instagram.com/qfarm.id

Penjual hewan kurban online lainnya yang bisa Moms temukan di Instagram adalah @qfarm.id. Berdasarkan informasi di bio Instagram, Qfarm ini milik peternak di Desa Cikalong, Bandung.

Qfarm tidak hanya menjual kambing saja, tetapi juga sapi. Jadi Moms bisa membeli hewan kurban sapi saja atau kambing saja, atau dicampur juga bisa.

Jika Moms membeli di sini, untuk pengiriman ke Jakarta, Bandung, Bekasi dan sekitarnya akan dikenakan bebas ongkir. Bahkan jika hewan yang dikirimkan cacat, mereka memberikan jaminan penggantian 100% lho Moms!

4. Allamanda Productions

penjual kurban online

Foto: intisari.grid.id

Moms bisa menemukan toko satu ini di marketplace Shopee. Allamanda Productions menjual sapi, kambing, dan domba untuk kebutuhan Idul Qurban dan Aqiqah. Agar Moms lebih yakin, lokasi kandangnya terletak di Taman Galaxy, Bekasi.

Toko ini menerima pengiriman ke Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) serta Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang). Yang semuanya tidak dipungut biaya alias gratis ongkir. Moms juga bisa memilih berbagai jenis hewan kurban dalam berbagai berat.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Bisa Jadi Obat Darah Rendah?

4. Global Qurban

global qurban.jpg

Foto: instagram.com/globalqurban

Global Qurban merupakan lembaga khusus qurban yang berada di bawah naungan ACT. Penjual kurban online ini bisa menyalurkan hewan kurban ke seluruh wilayah di Indonesia dan ke-50 negara.

Melalui website globalqurban.com, Moms bisa beli kambing dan sapi dengan berbagai macam berat dan harga yang terjangkau.

Global Qurban juga bersedia menyalurkan kurban buat daerah konflik di Palestina dan Suriah dengan menyumbangkan daging qurban unta, domba maupun sapi.

Jika ingin memesannya, Moms bisa membeli langsung di website atau melalui kontak yang ada di Instagram @globalqurban.

5. Dompet Dhuafa

dompet dhuafa.jpg

Foto: instagram.com/dompetdhuafaorg

Moms, Dompet Dhuafa tidak hanya melayani penyaluran zakat saja, tetapi mereka juga memiliki layanan untuk Idul Adha yang di mana Moms bisa membeli hewan kurban secara online.

Terdapat 4 kategori dari layanan kurban online, yaitu kambing standar bobot 23-25 kilogram, kambing medium seberat 26-28 kilogram, kambing premium seberat >29 kilogram, dan sapi seberat 250-300 kilogram.

Penyalurannya pun dijamin akan diterima oleh warga yang belum pernah menikmati daging kurban, seperti di wilayah kurang mampu, tertinggal, dan pedalaman, serta wilayah bencana dan konflik.

Kualitas hewan juga terjamin karena berasal dari peternak lokal binaan Dompet Dhuafa.

6. Bank Qurban

bank qurban.jpg

Foto: bankqurban.com

Penjual kurban online yang selanjutnya adalah Bank Qurban.

Melalui website www.bankqurban.com, ada banyak pilihan hewan kurban yang bisa Moms pilih. Mulai dari kambing, hingga sapi dengan harga yang bervariatif.

Melalui program sebar qurban nusantara yang diadakan oleh Bank Qurban, memastikan hewan kurban yang Moms beli akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk ke daerah-daerah terpencil.

Dengan begitu keberkahan Hari Raya Qurban tidak hanya dirasakan di kota melainkan juga di wilayah terpencil di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 3 Olahan Kambing untuk Idul Adha, Moms Wajib Tahu Resepnya!

7. Kitabisa

Kitabisa Qurban.jpg

Foto: instagram.com/kitabisacom

Situs crowdfunding, Kitabisa.com juga menyediakan program kurban online. Bedanya, di sini Moms bisa pilih sendiri lokasi penyalurannya dari pulau Jawa, luar pulau Jawa, hingga luar negeri.

Kambing dan sapi yang disalurkan memenuhi kriteria untuk jadi hewan kurban dan Moms juga akan mendapatkan update maupun laporan lengkap penyaluran setelah pemotongan hewan kurban.

8. Baznas

Basnaz Kurban.jpg

Foto: Instagram.com/baznasindonesia

Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) juga memiliki program kurban online. Dalam program ini, Moms bisa membeli hewan kurban kambing, domba, hingga sapi dengan harga yang terjangkau.

Moms bisa membelinya melalui website baznas.go.id/kurbanonline. Website tersebut akan memberikan langkah-langkah cara membelinya sehingga Moms tidak kebingungan.

Hewan kurban akan dibeli langsung dari peternak binaan di desa, disembelih dan kemudian didistribusikan di desa.

Pada tahun 2020, penyebaran hewan kurban sudah mencapai kurang lebih 3.500 kepala keluarga dan 24 provinsi, lho.

9. Kambing Qurban

kambingqurban.jpg

Foto: kambingqurban.com

Penjual hewan kurban yang satu ini menyediakan hewan kurban dan pengirimannya langsung ke pembeli.

Pembeli bisa memilih hewan yang ditawarkan berdasarkan berat dari hewan yang akan dikurbankan.

Pengiriman online hanya dibeberapa wilayah saja, seperti Tangerang Selatan, seluruh Jakarta, dan Depok.

Moms bisa memesannya melalui online dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan pada website kambingqurban.com dan melakukan kesepakatan dengan pihak terkait.

Tidak hanya secara online, Moms juga bisa meninjau langsung lokasi penjualan hewan kurban ini di Pamulang Tangerang Selatan.

Baca Juga: Masak Setengah Jam dengan Resep Daging Sapi Cabai Hijau yang Lezat

10. Qurban Nusantara

Qurban Nusantara.jpg

Foto: instagram.com/sahabatyatimindonesia

Penjual kurban online selanjutnya adalah Qurban Nusantara.

Melalui website qurbannusantara.com, Moms bisa membeli hewan kurban dan disalurkan langsung ke orang-orang yang membutuhkan di seluruh nusantara.

Jika Moms berminat, cukup mengisi formulir yang ada di website tersebut dan melakukan transaksi. Di sini Moms hanya membayar hewan kurban saja, karena sudah gratis biaya perawatan, pemotongan, dan pendistribusian.

Qurban Nusantara juga memiliki program tabungan qurban, yang di mana melakukan auto debit dari rekening bank secara otomatis sehingga Moms tidak perlu lagi lupa menabung untuk berkurban.

Itu dia Moms beberapa penjual kurban online yang bisa Moms kunjungi. Meskipun dari rumah, Moms tetap bisa menyumbang hewan kurban kok.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait