Parenting Islami

20 Juli 2021

Tata Cara dan Doa Menyembelih Ayam sesuai Syariat Islam

Sebelum menyembelih ayam, sebaiknya mengucapkan doa berikut ini ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ayam merupakan salah satu hewan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Walaupun termasuk makanan halal, tetapi Moms juga perlu membaca doa menyembelih ayam agar sesuai dengan syariat islam.

Jika proses pemotongan ini tidak benar sesuai syariat islam maka daging ayam yang kita peroleh menjadi tidak halal. Karena titik kritis dalam proses memperoleh daging adalah saat penyembelihan.

Salah satu syarat untuk mengurangi halal adalah atau menyayat 3 saluran yaitu saluran nafas, saluran kanan makan dan pembuluh darah kiri dan bagian leher.

Nah, biar enggak salah, yuk cari tahu doa menyembelih ayam dan tata cara pemotongannya menurut islam.

Baca juga: Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa dan Maknanya pada Si Kecil, Intip di Sini!

Tata Cara Menyembelih Ayam Menurut Islam

doa menyembelih ayam

Foto: freepik.com

Menurut Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) ada beberapa tahapan tata cara menyembelih ayam menurut islam. Berikut caranya.

  1. Penyembelih harus beragama Islam, dewasa (baligh) dan berakal sehat.
  2. Memastikan bahwa ayam yang akan disembelih harus dalam keadaan hidup, sehat, dan bersih serta disunnahkan untuk dihadapkan ke arah kiblat.
  3. Penyembelih melafazkan “Bismillahi Allahu Akbar” atau “Bismillahirrahmanirahiim” saat menyembelih unggas. Hal yang tidak diperbolehkan adalah menyembelih sambil makan, minum, merokok atau aktivitas lain yang menyebabkan lalai dalam mengucapkan basmalah.
  4. Melakukan penyembelihan pada pangkal leher unggas dengan memutuskan saluran pernafasan (trakhea/hulqum), saluran makan (esofagus/mari’) dan dua urat lehernya (pembuluh darah di kanan dan kiri leher/wadajain) dengan sekali sayatan tanpa mengangkat pisau. Proses penyembelihan dilakukan dari leher bagian depan diantara ruas tulang leher ke 2 dan ke 3 serta tidak memutus tulang leher (Gambar 3). Pisau yang digunakan harus setajam mungkin dan dalam keadaan bersih. Memastikan bahwa matinya ayam disebabkan oleh penyembelihan tersebut.
  5. Darah ayam dibiarkan keluar dengan waktu minimal 3 menit sebelum proses berikutnya (lebih baik dalam posisi digantung untuk memaksimalkan pengeluaran darah).
  6. Ayam yang akan masuk kedalam proses perendaman air panas harus dipastikan sudah mati (tidak ada reflek kornea mata dan darah berhenti memancar). Pada pemotongan skala industri, harus diperhatikan kecepatan konveyor dan jarak ke tempat pencelupan air panas.
  7. Proses penanganan selanjutnya dilakukan dengan kondisi yang bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri, najis atau bahan haram.

Baca juga: 5 Sunnah Rasul dan Doa Mimpi Buruk Agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Amalkan!

Doa Menyembelih Ayam Menurut Islam

doa menyembelih ayam menurut syariat islam

Foto: freepik.com

Tata cara memotong ayam sebaiknya hadapkan hewan ke arah kiblat kemudian pemotong harus membaca doa berikut.

1. Baca “Bismillâh

بِسْمِ اللهِ

Artinya, “Dengan nama Allah”

Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Baca sholawat untuk Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Baca doa menyembelih

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Baca juga: Ini Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan

Syarat Halal Penyembelihan Ayam

syarat dan doa menyembelih ayam

Foto: freepik.com

Pada saat proses penyembelihan hewan, aspek halal memang perlu diperhatikan.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan aspek kenyamanan hewan atau memperlakukan dengan cara terbaik, sehingga hasil pemotongan yang diperoleh halal dan thoyyib.

Salah satu perlakuan pra-pemotongan terhadap hewan adalah pengistirahatan agar diperoleh daging yang kualitasnya baik. Tak hanya itu, pastikan petugas yang memotong sudah mengetahui bacaan doa menyembelih ayam.

Panduan pemotongan ayam yang memenuhi persyaratan aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) sudah dikeluarkan oleh Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta pada SNI 99002:2016 Pemotongan halal pada unggas.

Terdapat 3 tahap proses pemotongan ayam, yaitu sebelum atau pra penyembelihan, sesaat sebelum penyembelihan dan setelah penyembelihan.

1. Penanganan Pra Penyembelihan.

Pada tahan penangan pra penyemblihan, Moms harus menyediakan tempat penampungan ayam sementara, pemeriksaan kesehatan oleh yang berwenang (pemeriksaan ante mortem) oleh ahli.

Kemudian ayam harus diistirahatkan, tidak boleh diberi makan dan hanya diberikan minum saja. Pada proses ini, petugas dapat menghafal doa menyembelih ayam agar semakin

2. Penanganan Sesaat Sebelum Penyembelihan.

Tahap ini juga tidak kalah penting Moms. Karena untuk penanganan penyembelihan hewan harus dilakukan oleh petugas yang sudah terampil dalam bidanganya. Jangan lupa untuk membaca doa menyembelih ayam dulu ya Moms.

Hal ini penting, karena mereka dapat menangkap dan memposisikan ayam pada saat akan disembelih untuk menghindari terjadinya memar, bercak darah dan patah tulang.

Selain itu, penyembelihan juga perlu menggunakna pisau yang tajam dan sudah disiapkan sehingga ayam tidak menunggu lama untuk disembelih. Namun tidak dibolehkan mengasah pisau didekat ayam yang akan disembelih. Karena hal ini dapat membuat ayam merasa stress karena akan disembelih

Jenis pisau yang disarankan tidak hanya tajam, tetapi juga memiliki mata pisau tunggal, lurus dan halus serta tidak bergerigi, berlubang, atau memiliki kerusakan.

Panjang pisau minimal harus empat kali lebar leher unggas yang disembelih dan pisau tidak terasa lentur saat digunakan.

3. Penanganan Setelah Penyembelihan

Doa menyembelih ayam memang penting, tetapi tahap setelah penyembelihan juga perlu diperhatikan ya Moms. Setelah penyembelihan, biarkan darah yang keluar sampai berhenti mengalir.

Setelah darah berhenti mengalir, Moms dapat melakukan pengerhaan berikutnya yaitu scalding atau perendaman pada air panas, pencabutan bulu, pengeluaran jeroan, pemeriksaan post mortem (setelah mati) dan pencucian karkas.

Baca juga: Agar Bernilai Pahala, Yuk Baca Doa Berhubungan Intim Ini!

Posisi Menyembelih Ayam

posisi menyembelih ayam

Foto: freepik.com

Untuk posisi penyembelihan ayam dapat diakukan dengan berbagai cara, tetapi pastikan mereka merasa nyaman.

Ayam dapat disembelih dalam posisi tergantung (kepala di bagian bawah) karena di dalam tubuh ayam tidak terdapat diafragma sehingga organ di ruang perut dapat dengan bebas masuk ke rongga dada.

Posisi ini berbeda dengan sapi, domba dan kambing yang mempunyai diafragma sehingga jika digantung, isi rongga perut dapat menekan atau bahkan merobek diafragma.

Pada sapi, domba dan kambing, posisi yang benar saat disembelih adalah dengan cara direbahkan pada posisi sebelah kiri hewan. Dengan demikian, pada ruminansia, penggantungan hewan baru dapat dilakukan setelah yakin bahwa hewan sudah mati.

Beberapa kesalahan posisi juru sembelih atau posisi ayamnya saat akan disembelih dapat menyebabkan ketiga saluran tidak terpotong sekaligus (ada saluran yang tidak terpotong).

Baca juga: Ini Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Keturunan, Yuk Amalkan!

Demikian penjelesan mengenai doa menyembelih ayam yang bisa Moms baca. Semoga bermanfaat ya.

  • https://islam.nu.or.id/post/read/71043/ini-doa-lengkap-menyembelih-hewan-kurban
  • https://www.halalmui.org/mui14/main/detail/sudahkah-cara-memotong-ayam-sesuai-syariat
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait