Parenting Islami

24 September 2021

5+ Doa untuk Anak yang Susah Diatur Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Ketahui juga cara mendidik anak dalam Islam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Akan sangat banyak kejutan yang dihadirkan anak untuk Moms, jadi jangan lupa untuk membekali diri dengan pengetahuan mengenai doa untuk anak yang susah diatur Moms. Sebab, ada masanya anak bersikap seperti itu dan itu menjadi bagian dari perkembangannya.

Sebab selain dengan melakukan pendekatan yang intensif, doa tersebut bisa menjadi usaha lain untuk melembutkan hati anak. Tentunya, stok sabar juga amat sangat dibutuhkan sehingga perteumbuhan anak tidak terganggu dan Moms bisa membersamainya dengan baik.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Anak yang Baru Lahir untuk Melindunginya dari Mara Bahaya, Yuk Amalkan!

Doa untuk Anak yang Susah Diatur dalam Islam

Penyebab-Anak-Tantrum-Setelah-Pulang-Sekola-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa versi doa untuk anak yang susah diatur yang bisa Moms pilih.

1. Doa Pertama dari Ustadz Ahmad Zahrudin M. Nafis

Ustadz tersebut menyarankan untuk mengamalkan ajaran Nabi Muhammad sebagaimana yang tercantum pada kitab Sa’adatuddaroin, Karya Syekh Yusuf Bin Ismail Annabahani. Doanya tersebut tertera dalam Alquran, yakni:

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ تَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

(Afaghayro dini llahi tabghuna walahu aslama man fis samawati wal ardi thow’an wakarhan wailayhi turja’un)

Artinya: “Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan.” (QS Ali Imron: 83)

2. Doa Kedua dengan Membaca Surat Al Fajr

Cara mengamalkannya adalah dibaca sebanyak 7 kali sambil mengusapkan ke ubun-ubun kepala sang anak saat tidur. Lakukanlah dengan istiqomah dan insya Allah ini akan menjadi doa untuk anak yang susah diatur dan melembutkan hati Si Kecil.

Baca Juga: Catat! Amalkan Doa Ini untuk Anak yang Sakit

3. Doa Ketiga

(Allaahummaj’al Aulaadanaa Aulaadan Shoolihiina Haafi-Zhiina Lil Qur’aani Wassunnati Fuqohaa Fiddiini Mubarokan Khayaatuhum Fiddunyaa Wal Aa’khiroti)

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang saleh dan salihah, orang-orang yang hafal Alquran dan Sunnah. Serta orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

4. Doa dari Ayat Alquran:

  • Niatkan untuk mendoakan anak supaya menjadi anak yang saleh dan salihah
  • Membaca surah Al-Fatihah
  • Membaca Ayat kursi
  • Membaca surah Al-Insyirah
  • Membaca Surat Thaha ayat 1-5
  • Membaca doa amalan nabi Daud: “Ya allah, lembutkanlah hati anakku ini (sebut namanya lengkap) seperti Engkau telah melembutkan Nabi Daud akan besi.”

5. Doa Agar Anak Saleh dan Salihah

اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya: "Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka

dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.”

6. Doa Nabi Zakaria

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

(Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’)

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Ali 'Imran:38)

Baca Juga: 5 Rangkaian Doa untuk Anak Penuh Makna, Yuk Panjatkan!

Cara Mendidik Anak dalam Islam

memeluk anak dalam islam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam At-Ta’lim IAIN Bengkulu disebutkan bahwa betapa pentingnya perkembangan moral anak pada masa pubertas. Sebab, masa pubertas merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap anak, karena merupakan perkembangan yang normal.

Selain saat kecil, di masa ini Moms juga perlu banyak-banyak membaca doa untuk anak yang susah diatur. Karena masa pubertas adalah masa mencari jati diri, saat Moms terlalu mengekang atau terlalu membebaskan akan berdampak pula pada kehidupan masa depannya.

Selain membaca doa untuk anak yang susah diatur ini, jangan lupakan juga untuk terus mengajari dan mendidik anak-anak. Sebab, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua dalam mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang saleh dan salihah.

Lalu bagaimana cara mendidik anak menurut islam yang baik dan benar? Selain terus berikhtiar dengan membaca doa untuk anak yang susah diatur, berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan dalam mendidik anak.

1. Konsumsi Makanan yang Halal

Hendaknya hal ini telah dilakukan bahkan sejak dalam kandungan. Moms harus selalu mengkonsumsi makanan yang halal dan jangan sekali-kali memakan dan meminum sesuatu yang syubhat atau bahkan haram.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram, neraka lebih berhak baginya.”

Jika hartanya tergolong syubhat, maka hendaknya diupayakan agar harta syubhat itu tidak sampai dimakan, tapi dipergunakan untuk kebutuhan yang lain. Sebab, makanan yang shubhat atau bahkan haram itu dapat menimbulkan dampak negatif pada orang yang mengkonsumsinya.

Diceritakan, “Suatu ketika Abu Yazid Al Busthami mengadu pada ibunya perihal dirinya yang sudah beribadah kepada Allah SWT selama kurang lebih 40 tahun, tapi belum dapat merasakan nikmatnya beribadah. Beliau lalu bertanya kepada ibunya,

jangan-jangan ibunya pada waktu mengandung atau menyusui dirinya dulu pernah mengkonsumsi makanan yang tidak halal. Ternyata kekhawatiran Abu Yazid ini terbukti, ibunya tadi mengakui, bahwa pada masa menyusui Abu Yazid dulu, saat naik ke loteng dia pernah meminum air susu satu gelas tanpa mencari tahu dulu siapa yang memilikinya.”

2. Orang Tua Hendaknya Senang dan Cinta Terhadap Orang-orang yang Saleh

Ini dilakukan agar kelak anaknya kelak tertulari kesalehan orang-orang saleh tersebut. Apa yang dilihat oleh anak biasanya akan dilakukan juga. Oleh karena itu, dengan mendekatkannya kepada sosok yang saleh dan salihah, diharapkan sang anak bisa berbuat kebaikan juga.

Mendekatkan diri dengan orang yang saleh juga dalam menjaga keimanan dan juga amalan saleh, baik bagi Moms ataupun Si Kecil. Sebab, berkumpul dengan orang saleh akan selalu diingatkan dengan kesabaran dan kebenaran.

Demikian penjelasan mengenai doa anak yang susah diatur beserta tulisan arab, latin dan artinya. Semoga Moms bisa bersama-sama dengan Si Kecil dan keluarga selalu dalam kebaikan.

  • https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/557
  • https://www.walisembilan.com/doa-untuk-anak-yang-susah-diatur/
  • https://umma.id/channel/answer/post/mengapa-anak-susah-diatur-dan-adakah-doa-untuk-anak-menurut-kepada-orang-tua-401726
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait