Parenting Islami

22 Februari 2021

7 Cara dan Kumpulan Doa Disayang Suami Menurut Islam, Moms Wajib Tahu!

Salah satu cara agar terus disayang suami menurut islam adalah dengan memanjatkan doa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang tidak ingin disangyang suami? Semua istri tentu ingin selalu disayang oleh suami tercinta. Lantas, bagaimana cara agar terus disayang suami? Apakah ada doa disayang suami? Simak ulasannya di bawah ini.

Keharmonisan dalam rumah tangga tentunya harus dilakukan secara kompak oleh suami dan istri. Ternyata, hal tersebut bukan hanya bisa dibumbui oleh romantisme, tetapi juga oleh masalah. Berani mengungkapkan emosi yang sehat dan mencari solusi bersama akan membuat hubungan semakin kuat.

Sebuah studi Society for Personality and Social Psychology menemukan, pasangan yang bisa marah secara terbuka pada awalnya lebih bahagia dalam jangka panjang. Sebab, ‘ketidaknyamanan’ akibat rasa marah namun jujur adalah Sesutu yang sehat untuk hubungan dalam jangka panjang.

Selain itu, kekompakkan juga bisa dirasakan saat bisa berbagi beban rumah tangga bersama. Menurut studi UCLA, pasangan yang setuju untuk berbagi pekerjaan di rumah cenderung lebih bahagia dalam hubungannya. Pasangan yang memiliki tanggung jawab yang jelas jauh lebih mungkin untuk merasa puas.

Biasanya, suami menjadi objek yang lebih sering menerima kasih sayang dari pasangannya. Namun sebenarnya tidak ada salahnya jika istri pun mendapatkan hal yang sama, meski memiliki pasangan yang cuek. Sebenarnya, ada cara agar terus disayang suami menurut islam, beserta doa disayang suami.

Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Diucapkan Pada Suami Setiap Hari Agar Tetap Mesra

Cara Agar Terus Disayang Suami Menurut Islam

7 Cara Agar Terus Disayang Suami Menurut Islam -1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Islam, selain doa, ikhtiar juga penting Moms. Karena itu, selain memelajari doa disayang suami, penting juga untuk Moms menemukan cara agar terus disayang suami.

Suami merupakan pemimpin dalam rumah tangga. Surga dan neraka istri ditentukan oleh suami. Rasul SAW bersabda: “Tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suami), agar Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segera memisahkanmu kepada Kami (Allah dan Rasul).” (HR Tirmidzi dari Muadz bin Jabal).

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh istri agar rumah tangganya senantiasa dilimpahi kebahagiaan, salah satunya adalah dengan cara menyenangkan suami agar bisa mendapatkan perlakuan yang sama. Berikut adalah beberapa cara agar terus disayang suami menurut islam yang bisa dicoba selain tentunay mengamalkan doa disayang suami.

1. Meluruskan Niat Pernikahan untuk Ibadah

Selain doa disayang suami, meluruskan niat pernikahan untuk ibadah juga bisa membuat Moms terus disayang suami lho.

Ini adalah hal yang utama. Sebab, pernikahan yang sedang dijalani adalah semata-mata sebagai kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga saat melaluinya hati akan lebih tenang dan senantiasa bahagia.

Ini juga akan menjauhkan istri dari sifat terus menuntut hal yang diluar kuasa suami, karena Allah akan senantiasa menjaga keharmonisan keluarga yang lurus niatnya hanya untuk mencapai keridhaan dari-Nya dan termasuk kepada keluarga yang diberikan keberkahan.

2. Mentaati Suami

Cara agar terus disayang suami menurut islam selanjutnya adalah menaatinya. Hal ini juga termasuk dalam salah satu kewajiban istri kepada suami. Sebab, suami adalah imam dan pemimpin dalam rumah tangga. Jika surga anak berada di telapak kaki sang ibu, maka surga istri terletak pada ridha suaminya.

Mentaati, melayani dan menyenangkan hati suami akan menjadi ladang pahala bagi istri. Melayani di sini mencakup semua hal seperti melayani kebutuhan biologis dan psikologisnya. Jika hal tersebut dilakukan, tentunya suami akan menjadi lebih senang dan lebih ridha pada sifat istrinya tersebut.

3. Memupuk Rasa Syukur dan Selalu Ceria

Istri yang senantiasa menunjukkan rasa syukur dan keceriaan merupakan ‘rumah’ tempat pulang yang ternyaman dan menyenangkan bagi suami. Karena dengan adanya rasa syukur, tidak ada tuntutan lain yang bisa memberatkan suami.

Keceriaan yang terpancar dari istri juga akan akan mengalirkan energi positif pada suami, anak dan seisi rumah. Hal ini tentunya akan menjadi cara agar terus disayang suami menurut islam yang memberikan rasa bahagia dan tentramnya rumah tangga.

Baca Juga: Cara Mengungkapkan Fantasi Seksual pada Suami

4. Menjaga Kesetiaan dan Kesabaran

Doa disayang suai memang penting Moms. Tapi, Moms juga penting untuk selalu menjaga kesetiaan dan kesabaran dalam menghadapi suami.

Kesetiaan adalah sesuatu yang harus dijaga setelah pernikahan. Islam secara jelas mengatur hal ini, yakni seorang istri boleh berhubungn atau berkomunikasi dengan laki-laki lain kecuali seijin suaminya dan dilakukan dengan tujuan, waktu dan tempat yang tepat.

Selain itu, kesabaran juga menjadi kunci agar terus disayang syamu menurut islam. Hal ini akan menjadi suatu hal yang sangat diidam-idamkan seorang suami, yakni memiliki istri yang penyabar. Sifat ini akan menjadi oase yang menyejukkan di tengah pasang surutnya masalah dalam rumah tangga.

5. Memberikan Penghargaan

Suami adalah imam dalam keluarga yang wajib memberikan nafkah secara lahir dan batin. Hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, memberi apresiasi atau penghargaan sangat penting untuk diberikan atas usaha atau pekerjaan sekecil apapun yang telah dilakukan oleh suami.

Penghargaan yang ditunjukkan kepada suami akan membuatnya lebih bersemangat dan merasa jerih payahnya sangat berguna bagi rumah tangga sehingga akan menjadi cara agar terus disayang suami menurut islam.

6. Memberi Solusi, Nasihat dan Kritik Saat Dibutuhkan

Bukan hanya memberikan kasih sayang, suami juga harus diberi solusi, nasihat dan kritik saat mulai melenceng dari tugasnya. Hal ini akan membuat suami menyadari kesalahannya dan tida mengulanginya, serta bisa belajar dari kesalahan untuk terus berkembang memperbaiki diri.

Yang perlu diperhatikan adalah cara penyampaian dan waktu yang tepat. Agar nasihat dan kritik yang disampaikan dapat diterima dan tidak membuat suami tersinggung. Sampaikanlah dengan lembut dengan perkatan yang mudah difahami, dan dalam waktu yang santai.

7. Pandai Mengatur Keuangan

Salah satu kriteria istri idaman adalah pandai mengatur keuangan. Hal ini sangat penting dilakukan karena kebutuhan rumah tangga tidak sedikit dengan biaya yang juga tidak murah. Ini juga dapat menjadi bentuk syukur atas rezeki yang diberikan suami karena semua serba berkecukupan.

Baca Juga: Punya Gaya Traveling Beda dengan Suami? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Doa Disayang Suami

7 Cara Agar Terus Disayang Suami Menurut Islam -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain mengetahui cara agar terus disayang suami menurut islam, Moms juga bisa memanjatkan doa disayang suami. Sebab, perlakuan yang dilengkapi dengan doa akan mendapatkan ridha dari suami juga ditambahkan keberkahan dari Allah.

Moms bisa mengamalkan doa disayang suami ini untuk mempertahankan keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga. Simak di sini!

  • Membaca surat Al Insyiroh sebanyak 3 kali setelah sholat fardhu dengan niat untuk meningkatkan rasa kasih sayang dan cara agar terus disayang suami menurut islam. Setelah itu, tiupkan pada telapak tangan dan usapkan pada wajah.
  • Membaca Surat Ali Imran ayat 31 sebagai doa disayang suami: “Allohummaj’alni mahbuban ‘inda zaujii birohmatika yaa arhamar roohimiin,”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku dicintai suamiku, dengan RahmatMu wahai Dzat yang Maha Penyayang diantara semua penyayang,”.
  • Doa disayang suami, lebih setia dan tidak selingkuh. “Walqoitu alaika mahabbbatan manna, walitusna’a ‘alaa ainii,”. Artinya: “Dan aku telah limpahkan kasih sayang kepadamu yang datang dariNya dan agar engkau diasuh dengan pengawasanNya,”.
  • Doa untuk melembutkan sikap suami. “Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii,”. Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah kekakuan lidahku supaya mereka mengerti perkataanku,”.

Mudah-mudahan cara dan doa disayang suami menurut islam ini dikabulkan oleh Allah, sehingga ikatan suami istri semakin berkah.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait