Parenting Islami

28 Maret 2021

Kumpulan Doa untuk Pengantin dan Maknanya, Hadiah Terindah untuk Mempelai

Ketahui doa untuk pengantin beserta keutamaan dan maknanya di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat menikah, pasangan tentu akan mendapatkan banyak doa untuk pengantin. Lantas, seperti apa doa untuk pengantin? Berikut ulasannya.

Pernikahan adalah momen yang sakral. Ada banyak rentetan prosesi yang akan dilewati oleh kedua pengantin, salah satunya memanjatkan doa pernikahan. Doa tersebut dilantunkan agar seluruh proses berjalan lancar, sekaligus mendoakan agar rumah tangga pengantin dirahmati Allah SWT.

Dalam doa yang diucapkan untuk pengantin, terselip harapan agar kehidupan rumah tangga pengantin tersebut selalu berada dalam kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci rumah tangga yang harmonis, dan bahkan hal tersebut telah dipelajari dalam sebuah studi.

Para peneliti di The Office for National Statistics Inggris mencatat, pasangan yang menikah lebih bahagia daripada orang memiliki status lain seperti orang yang berstatus lajang atau mereka yang telah bercerai dan mendapatkan status baru sebagai janda atau duda.

Selain itu, Alquran sebagai pedoman hidup umat islam, sangat jelas membahas tentang penciptaan manusia secara berpasang-pasangan. Hal ini dimaksudkan agar manusia bisa melangsungkan pernikahan, serta menjadi keluarga sakinah untuk mendapatkan keturunan yang shalih-shalihah.

Sebagai landasan dari hal penting tersebut sudah terdapat dalam Alquran. Dalam salah satu surat, Allah SWT berfirman: “Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan,” (An Najm: 45).

Untuk menunjukkan betapa pentingnya sebuah pernikahan menurut islam, Rasulullah SAW menyebutkannya sebagai salah satu sunnah saat bersabda: “Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul, yaitu rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah,”.

Selain itu, menikah bagi yang sudah baliqh dan mampu memang sangat dianjurkan agar menghindari berbagai maksiat. Saat melakukan pernikahan, pasangan akan berdoa untuk kebahagiaan keluarga kecilnya, dan juga para undangan yang juga turut memberikan doa untuk pengantin.

Baca Juga: 7 KB yang Cocok untuk Pengantin Baru, Pas untuk yang Menunda Punya Momongan

Doa untuk Pengantin

Doa untuk Pengantin -1

Foto: Orami Photo Stock

Saat memanjatkan doa, seseorang sebenarnya tengah menyampaikan sebuah harapan dan permintaan kepada Allah. Tak terkecuali saat memberikan doa untuk pengantin, yang tentunya turut berbahagia dan mengharapkan kebahagiaan itu selalu ada selama kehidupan pernikahan pasangan pengantin tersebut.

Apa yang perlu diungkapkan dalam doa untuk kedua pengantin tentunya akan lebih baik jika mengikuti petunjuk yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, selain mendapatkan berkah karena mengikuti contoh, sekaligus menjalankan sunnah dari Rasulullah SAW.

Saat mendatangi sebuah pernikahan, undangan bisa memberikan doa untuk pengantin ini; “Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir

Artinya: “Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan,” (HR Ahmad dan Hakim).

Setelah ditetapkan dan sah menjadi sepasang suami istri, dalam Islam mempelai pria disarankan untuk menyentuh ubun-ubun sang istri, sambil membacakan doa berikut: “Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya,”

Doa tersebut diucapkan oleh suami agar pasangan yang telah dipilihnya tersebut dapat saling mengengkapinya dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Sebab, sebuah pernikahan adalah tempat untuk saling menutupi keburukan dan mencintai kelebihan dari masing-masing pasangan.

Ada kalanya pengantin ingin segera dikaruniai momongan setelah menikah. Kedua pengantin dapat berdoa agar mendapatkan keturunan terbaik sesuai dengan keinginan. Doa tersebut terdapat dalam salah satu ayat Alquran yang berbunyi: ”Robbi hablii minash shoolihiin,” (As-Shafat: 100).

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang shaleh,”.

Baca Juga: Seks Pengantin Baru dan Sudah Lama Menikah, Apa Bedanya Ya?

Keutamaan Membaca Doa untuk Pengantin

Doa untuk Pengantin -2

Foto: Orami Photo Stock

Ketika mengucapkan doa untuk pengantin, hal ini berarti memohon keberkahan untuk kedua pengantin baru dalam berbagai hal, baik dalam hal rezeki maupun kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangganya kelak.

Selain itu, memberi doa untuk pengantin baru juga merupakan bentuk ibadah.

Berikut beberapa keutamaan membaca doa untuk pengantin:

  • Mengucap kalimat doa juga akan bernilai ibadah. Bagi tamu atau undangan, mengucap doa untuk pengantin artinya turut mengharap agar keduanya menjadi pasangan yang saling percaya, selalu rukun dan saling menyempurnakan.
  • Mengucap doa nikah berarti turut mengantarkan dan membekali pasangan pengantin menuju kehidupan baru, yaitu kehidupan pernikahan yang akan berlangsung selamanya.
  • Bagi pasangan pengantin, mengucap doa pernikahan juga bermakna meningkatkan ketakwaan pada Allah.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pengantin Baru

Makna Doa untuk Pengantin

Doa untuk Pengantin -3

Foto: Orami Photo Stock

Jika dicermati, doa untuk pengantin yang diucapkan untuk pengantin itu tersimpan harapan akan mendapatkan kesempurnaan dalam kebaikan, yakni;

1. Undangan Meminta Keberkahan untuk Pengantin

Dalam kata “Baarakallahu laka,” yang artinya “semoga Allah memberi keberkahan padamu”, merupakan doa untuk pengantin agar keduanya diberi keberkahan yang berarti kebaikan dari Allah yang kian bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Keberkahan tersebut bisa berupa rezeki yang baik, halal, dan melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan dalam pernikahan keduanya. Sebab, Allah juga melimpahkan rezeki karena adanya sebuah pernikahan.

Allah berfirman: “Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS An-Nuur: 32).

Ayat di atas memberikan pengertian bahwa salah satu pintu rezeki dari Allah akan terbuka saat orang tersebut menikah karena Allah. Pernikahan akan membuka karunia, keutamaan dan rezeki kepada pasangan yang menikah tersebut.

Keberkahan yang diucapkan sebagai doa untuk pengantin juga bisa berarti bertambahnya kebaikan dan amal ketaatannya. Artinya, jika sebelum menikah keduanya sulit mencapai ketenangan dalam beribadah, maka setelah menikah diharapkan akan mudah untuk beribadah dan lebih taat.

2. Meminta Keberkahan untuk Keturunannya

Dalam doa meminta keberkahan untuk pengantin ini, para tamu juga tidak hanya memintakan keberkahan untuk kehidupan keduanya saja, tapi juga doa untuk keturunan pasangan pengantin tersebut. Karena doa yang tulus adalah salah satu kado pernikahan yang terbaik.

Doa meminta keberkahan untuk anak-anak dan keturunannya terungkap dalam kata-kata “Wabaarakallahu ‘alaika” yang berarti “semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu,”.

Keberkahan dalam keturunan dapat berarti doa untuk pengantin tersebut dipanjatkan agar keduanya memperoleh anak-anak yang sehat, cerdas, shaleh, dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya. Dengan doa untuk pengantin ini, tamu juga ikut mendoakan agar keduannya cepat diberi keturunan.

Salah satu tujuan menikah adalah mendapatkan keturunan. Meminta keberkahan sebagai doa untuk pengantin bisa juga berarti mengharapkan kebaikan keturunan yang akan dimiliki nantinya. Sebab, ada yang mendapatkan keturunan dan hidupnya penuh berkah, namun ada juga yang terjadi sebaliknya.

Ada pasangan yang hidupnya merana sebab sudah lama tidak dikaruniai anak. Kehidupan keduanya kurang harmonis, sering uring-uringan, dan bahkan ada yang sampai menimbulkan perceraian. Di sisi lain, banyak pula orang cepat mendapatkan anak tapi malah membuat malapetaka bagi orang tuannya.

Ini pentingnya sebuah keberkahan yang diucapkan sebagai doa untuk pengantin. Keberkahan tidak hanya diukur dari segi kuantitas saja, tapi juga kualitas. Maka, doa keberkahan yang disampaikan kepada pengantin mencakup segala kebaikan untuk keduanya, beserta keturunannya di dunia dan akhirat.

3. Meminta Agar Allah Mengumpulkan Keduanya Selalu dalam Kebaikan

Sebaik-baiknya rumah tangga adalah hubungan yang didasari oleh sakinah, mawaddah, wa rahmah. Allah berfirman: “Dan, di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir,” (QS. Ar-Rum ayat 21).

Memiliki hubungan yang baik dan harmonis adalah sesuatu yang penting dalam sebuah rumah tangga. Karena keduanya adalah kunci utama untuk memperoleh keluarga yang bahagia dan sejahtera. Untuk mencapai keluarga yang baik dan harmonis, pasangan terlebih dahulu harus memeperoleh sakinah dan rahmat.

Hubungan keluarga bisa harmonis jika di dalamnya ada sakinah. Pasangan merasakan ketentraman dan kasih sayang saat bersama. Meskipun berada dalam keadaan yang diguncang kesulitan atau dikaruniai kesuksesan, suami dan istri tetap bisa merasakan ketentraman.

Jadi, keharmonisan rumah tangga mensyaratkan adanya “sakinah, mawaddah, wa rahmah” artinya ketenangan, ketulusan, dan kasih sayang. Tanpa tiga hal ini, sebuah keluarga akan sulit mencapai keharmonisan.

Baca Juga: Ini Doa sebelum Berhubungan dan Keutamaannya Menurut Islam, Yuk Amalkan!

Doa untuk Pengantin di Malam Pertama

Ini Doa sebelum Berhubungan dan Keutamaannya Menurut Islam, Yuk Amalkan!

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya para tamu dan kerabat yang memberikan doa untuk pengantin. Pengantin pun perlu mengamalkan doa, terutama di malam pertama. Dikutip dari NU Online, sebelum melakukan hubungan badan di malam pertama, mempelai pria dianjurkan membaca bismillah dan mengusap rambut bagian depan mempelai perempuan.

Saat pertama kali berjumpa di kamar pengantin pun, ada doa untuk pengantin yang perlu dibaca oleh mempelai pria, yakni:

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih.

Artinya, “Semoga Allah memberkahi setiap kita.”

Setelah itu, mempelai pria dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai berikut.

Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.

Artinya, “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya.”

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Suni, dan perawi lainnya dari Amr bin Syu‘aib dari ayahnya, dari kakeknya, dari Rasulullah SAW. Doa ini dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.

Baca Juga: Agar Bernilai Pahala, Yuk Baca Doa Berhubungan Intim Ini!

sebagai kado pernikahan terbaik, doa untuk pengantin hendaklah dibacakan di depan keduanya saat bersalaman aga pengantin benar-benar merasa didoakan dan baik yang mendoakan atau yang didoakan mendapat keberkahan dari Allah. Aamiin.

  • https://www.ons.gov.uk/peoplepopulationandcommunity/wellbeing/articles/personalandeconomicwellbeingintheuk/whatmattersmosttoourlifesatisfaction#most-important-factors-affecting-life-satisfaction
  • https://islam.nu.or.id/post/read/85100/kepada-mempelai-pernikahan-bacalah-doa-ini
  • https://islam.nu.or.id/post/read/72395/doa-pengantin-di-malam-pertama
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait