3-12 bulan

21 Juli 2021

Dukung Bayi Aktif Bergerak, Mama Harus Pilih Popok yang Tepat

Tunjukkan kasih sayang ibu, dukung Si Kecil aktif bergerak dengan nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Karla Farhana
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bayi aktif bergerak merupakan tanda pertumbuhan yang optimal. Setiap detik perkembangan Si Kecil merupakan momen yang sangat penting dan berarti. Karenanya, sebagai tanda cinta ibu kepada anak, Mama pasti ingin mendukung Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Apalagi, di masa golden age, Si Kecil sedang aktif-aktifnya dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.Tentu akan dibutuhkan dukungan kuat dari Mama.

Dalam sebuah peneltian berjudul Check the Status of the Development of Children Under Age 5 in Rural Areas of Isfahan Using the ASQ Questionnaire in 2012-2013 Year, golden age merupakan masa pertumbuhan anak yang penting di bawah usia 5 tahun.

Selama masa ini, Si Kecil akan tumbuh dan mengembangkan berbagai kemampuan seperti pemahaman terhadap dunia baru, komunikasi, motorik halus dan kasar, berbicara, serta kemampuan lainnya.

Sementara, dilansir dari cegahstunting.id, periode emas merupakan periode yang paling kritis untuk tumbuh kembang yang optimal. Periode emas ini terhitung 1000 Hari pertama Kehidupan (HPK), sejak bayi dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Baca Juga: Proses Tumbuh Kembang yang "Beda" dari Anak Kebanyakan, Ini Kisah Saya Menerima Keadaan Ezio

Dalam studi bertajuk The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children, anak-anak perlu mengembangkan berbagai skill agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal serta dapat mengelola stres dengan baik.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, permainan dengan orang tua dan teman-teman sebaya akan membantu Si Kecil mengasah keterampilannya seperti kecerdasan emosi, kognitif, dan juga bahasa.

Untuk itu, Mama perlu mendukung dan memberikan yang terbaik, termasuk kenyamanan untuk Si Kecil dalam keseharianya. Bagaimana cara Mama mendukung tumbuh kembang anak?

Sebelumnya, mari kita lihat terlebih dahulu ciri atau tanda anak yang aktif bergerak.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Ciri-ciri Bayi Aktif Bergerak

Selama masa pertumbuhan anak, Mama mungkin kadang merasa cemas apakah Si Kecil tumbuh dengan baik. Dilansir dari Tommys.org, salah satu tanda bayi tumbuh dengan baik dan sehat adalah bayi aktif bergerak, bahkan sejak berada dalam kandungan.

Yuk kita simak, aktif bergerak bagaimana yang dimaksudkan.

1. Aktif Menendang

Setiap pertumbuhan dan perubahan pada Si Kecil sangat penting bagi Mama. Selain bertambahnya tinggi dan berat badan, pertumbuhan anak yang sehat juga bisa dilihat dari ciri bayi aktif bergerak.

Misalnya, dilansir dari healthychildren.org, bayi usia 3 bulan sudah mulai aktif menendang. Sementara, pada usia 3-4 bulan, Si Kecil biasanya lebih aktif karena sudah bisa menekuk lututnya. Sehingga, tak heran jika Mama akan sering melihatnya menendang dan memainkan kakinya saat sedang berbaring, atau bermain bersama Dads.

2. Mengangkat Kepala

Memasuki usia 5 bulan, balita biasanya sudah bisa mulai mengangkat kepalanya ketika sedang tengkurap. Hal ini merupakan tanda kalau otot-otot di area leher dan bahu mulai kuat dan tubuhnya akan mempersiapkan diri untuk belajar duduk di usia 8 bulan, kemudian berdiri dan bahkan berjalan.

3. Semakin Aktif Bergerak

Selanjutnya, beberapa bulan sebelum merayakan ulang tahunnya yang pertama, Mama akan menyadari kalau bayi aktif bergerak lebih banyak. Gerakannya pun sudah jauh lebih kompleks. Mama akan mendapati Si Kecil mulai tidak bisa duduk diam dalam waktu lama, dan cenderung ingin memegang setiap barang yang ada di dekatnya.

Hal ini karena otot dan motorik kasar serta halusnya sudah mulai aktif dan hampir sempurna. Selain itu, Si Kecil juga semakin penasaran dengan dunia yang luas ini.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

4. Aktif Bermain

Tanda bayi aktif bergerak selanjutnya adalah anak senang bermain paling tidak 15 menit selama beberapa kali dalam sehari. Ketika anak gemar bermain baik di rumah maupun di luar ruangan, hal ini menandakan bahwa bayi aktif bergerak.

5. Olahraga Permainan

Selain bermain dengan berbagai macam boneka atau mainan di rumah, ciri bayi aktif bergerak selanjutnya adalah gemar berolahraga. Namun, Mama perlu memastikan asupan air mineral Si Kecil cukup selama anak berolahraga dan bermain, ya!

6. Belajar dengan Bermain

Menurut dokter anak di RS Anak St. Christopher, Philadelphia, AS, Vanessa Durand, anak-anak butuh bergerak dengan bebas untuk bisa tumbuh dengan baik.

"Anak-anak belajar dari pengalaman yang mereka dapatkan lewat seluruh panca indera mereka. Jika anak dibatasi untuk bergerak, apalagi di usia dini, proses pertumbuhan anak yang sangat berharga dan penting akan terganggu," katanya kepada the Atlantic.

Popok yang Tepat, Bantu Bayi Bergerak Lebih Bebas dan Nyaman

Foto: GOO.N Smile Baby Comfort Fit ( Disney Edition )

Demi mencegah terbatasnya ruang gerak Si Kecil, Mama perlu mendukung bayi aktif bergerak dengan berbagai cara. Mulai dari olahraga, hingga belajar lewat berbagai permainan edukatif untuk mengasah motorik kasar dan kalus sang buah hati.

Namun, gerakan Si Kecil kerap kali terhambat oleh berbagai hal, salah satunya karena popok yang kurang pas dan nyaman saat digunakan.

Ini merupakan saat yang tepat bagi Mama untuk menunjukkan tanda cinta ibu kepada buah hati, lewat pemilihan popok yang pas. Sehingga, Si Kecil bisa tetap aktif dan bergerak bebas tanpa ada masalah selama masa golden age-nya.

GOO.N X Disney menghadirkan GOO.N Smile Baby Comfort Fit ( Disney Edition ) yang ukurannya telah disesuaikan oleh ukuran tubuh bayi, sehingga lebih pas dan nyaman saat dipakai Si Kecil yang aktif bergerak. Ada beragam ukuran popok yang bisa Mama pilih, yaitu:

  • S: 4-8 kg
  • M: 7-12 kg
  • L: 9-15 kg
  • XL: 12-22 kg

Baca Juga: Ingin Anak Tumbuh Cerdas? Perhatikan Tahap Perkembangannya Sesuai Umurnya!

GOO.N Smile Baby Comfort Fit ( Disney Edition ) ini juga memiliki Embossed yaitu permukaan bergelombang yang dapat menyebarkan pipis ke seluruh permukaan popok dengan rata dan cepat. Popok GOO.N Smile Baby Comfort Fit memiliki daya tampung Tahan Hingga 12 Jam popok akan tetap kering dan tidak menggembung, dengan begitu, Si Kecil merasa nyaman dan bebas bergerak sepuasnya!

Selain itu, karet pinggang dan paha GOO.N Smile Baby Comfort Fit ( Disney Edition ) lebih Fit, sehingga nyaman dan lebih pas ketika dikenakan anak. Ukurannya pun dibuat sesuai dengan bentuk tubuh bayi, sehingga lebih Fit di badan.

Tak hanya itu, popok GOO.N Smile Baby Comfort Fit sudah mengalami Size Up yaitu memiliki peningkatan pada range berat badan dan ukuran popok, karena ukuran popok size L dan XL saat ini sudah mengalami Size Up, sehingga pada popok ukuran size XL sudah bisa meng-cover size popok ukuran XXL.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Berenang

Itu dia Mama popok tepat yang bisa mendukung bayi aktif bergerak dengan memberikan kenyamanan sepanjang hari. Tanda cinta yang Mama berikan untuk Si Kecil lewat pemilihan popok yang tepat ini akan membantu anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

(ADV)

  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/How-Active-is-Your-Baby.aspx
  • https://pediatrics.aappublications.org/content/142/3/e20182058
  • https://cegahstunting.id/berita/pentingnya-periode-emas-1000-hpk-bagi-pertumbuhan-dan-perkembangan-si-kecil/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5319284/
  • https://mft.nhs.uk/app/uploads/sites/4/2018/04/Feeling-your-baby-move-is-a-sign-that-they-are-well.pdf

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait