Rupa-rupa

27 Juni 2021

Terjebak Friendzone, Kenali Tanda-Tandanya dan Cara Cepat Move On

Jangan sampai terjebak di situasi tidak menyenangkan ini ya!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Sudah menonton film komedi romantis Thailand berjudul Friend Zone yang tayang di Netflix? Film itu sedikit banyak menggambarkan mengenai hubungan dua orang yang terjebak di zona pertemanan atau friendzone.

Beruntungnya, kisah dalam film tersebut berakhir happy ending. Tokoh pria yang terjebak friendzone selama 10 tahun, pada akhirnya diterima cintanya oleh si tokoh perempuan.

Sayangnya, tidak semua hubungan seperti ini berakhir bahagia. Malahan kadang lebih banyak berakhir dengan kesedihan dan kekecewaan pada salah satu pihak.

Baca Juga: Friends With Benefits, Apa Itu?

Apa itu Friendzone?

reuni serial friends, benarkah hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Friendzone adalah situasi yang terjadi ketika dua orang bersahabat, dan salah satunya naksir atau menyimpan perasaan suka kepada yang lainnya, sementara yang lainnya menganggap tidak lebih dari sekedar teman.

Mengutip Perceptions of Healthy and Respectful Relationships and Friend Zone Phenomena oleh Cherish Krista Michael, istilah friendzone dipopulerkan oleh sitkom televisi Friends yang sangat terkenal di pertengahan tahun 90-an. Sitkom Amerika yang mengisahkan persahabat platonik antara 6 orang yaitu Rachel, Monica, Phoebe, Joey, Chandler dan Ross.

Ungkapan friendzone muncul di episode berjudul "The One with The Blackout", dimana keenam sahabat itu berdiskusi tentang seks dan relationship, kemudian Joey mengambil kesimpulan bahwa Ross yang sedang naksir dengan Rachel terjebak dalam zona pertemanan.

Istilah ini kian dikenal oleh kalangan anak muda karena reality show berjudul Friend Zone yang tayang di MTV pada tahun 2011. Reality show itu tentang seseorang yang memiliki perasaan romantis kepada sahabatnya sendiri dan ingin membawa hubungan mereka ke jenjang lebih tinggi.

Friends With Benefits, Apa Itu 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hubungan friendzone secara alami dapat menimbulkan rasa kecewa ataupun frustasi dari kedua belah pihak, baik pada pihak perempuan maupun laki-laki. Agar hubungan seperti ini tidak berlarut-larut, ada baiknya kamu mengenali tanda-tanda si dia hanya menganggapmu sebatas teman saja ya.

Tanda-tanda Kamu Terjebak Friendzone dengan Orang yang Disukai

6643 meet single friends

Foto: Orami Photo Stock

Berada dalam situasi friendzone adalah hal yang paling tidak diinginkan dalam hubungan pertemanan. Selain bisa menghancurkan hubungan persabahatan yang sudah terbangun lama, rasanya sudah pasti tidak nyaman.

Untuk itu, hindari situasi macam ini dengan mengetahui tanda-tanda perasaanmu tidak berbalas dan hanya dianggap sebagai teman seperti dikutip dari Insider.com berikut.

Baca Juga: Waspadai Tanda-tanda Toxic Relationship dan Cara Tepat Mengakhirinya

1.Tidak Punya Effort untuk Lebih Dekat denganmu Secara Fisik

pria tidak bisa berteman dengan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Ketika kita menyukai seseorang, kita selalu ingin dekat dengan dia secara fisik. Misalnya saja ketika sedang nongkrong, makan, ataupun jalan-jalan. Pasti kita akan selalu mengambil kesempatan untuk duduk di sampingnya.

Menurut analis perilaku Jeff Schafer yang menulis untuk Psychology Today, sentuhan fisik merupakan indikator untuk mengetahui seseorang menyukai kita atau tidak. Apabila kita menyentuhnya dan dia menghindar, bisa jadi orang tersebut tidak siap untuk hubungan yang lebih intimate.

Nah, jika teman yang kamu taksir tidak pernah berusaha untuk dekat-dekat denganmu atau bahkan menghindari situasi di mana kalian mungkin saling berkontak fisik, bisa jadi itu menjadi indikator bahwa dia tidak memiliki perasaan romantis terhadapmu.

2. Jarang Terlihat Rapi Ketika Bersamamu

Ingin terlihat bersih, rapi dan keren oleh orang yang ditaksir adalah hal normal yang terjadi kepada setiap orang. Namun apabila teman yang kamu taksir tidak berusaha berdandan, dan tampil menarik terutama saat kalian janjian bertemu di kafe ataupun jalan-jalan bersama, percayalah dia lebih nyaman menjadi teman untukmu.

3. Kamu yang Selalu Berinisiatif Lebih Dulu

Tanda kamu terjebak friendzone yang lain adalah hanya kamu saja yang berusaha.

Berusaha menarik perhatiannya dengan segala cara seperti mengirim pesan duluan, menelepon, selalu mengajaknya bertemu lebih dulu ataupun sering mengirimkannya makanan tanpa sekalipun dia berinisiatif untuk membalas. Apabila hal ini terjadi padamu itu tanda-tanda dia hanya menganggapmu tak lebih dari teman biasa.

4. Sering Curhat tentang Perempuan yang Ditaksirnya

3 Rahasia Seks Wanita yang Disembunyikan dari Pria 03.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanda kamu berada dalam situasi friendzone selanjutnya adalah dia dengan gamblang bercerita tentang perempuan yang ditaksirnya di kantor atau di kampus tanpa peduli sedikitpun tentang perasaanmu. Ini adalah sinyal yang jelas dalam hubungan friendzone. Jika teman yang kamu taksir pernah melakukan ini, siap-siaplah untuk berusaha keluar dari zona yang tidak nyaman ini ya.

5. Tidak Pernah Flirting atau Merayu

Sebenarnya cukup mudah untuk menebak apabila laki-laki naksir kepada perempuan. Mereka menunjukkannya dengan flirting, biasanya lewat tatapan mata, sentuhan ataupun melempar kata-kata rayuan.

Perhatikan apakah teman yang kamu taksir pernah flirting atau menggodamu. Jika ya, mungkin saja sebenarnya kalian memiliki perasaan yang sama. Tetapi jika tidak pernah sekalipun menggodamu, itu tanda-tanda kamu hanya sebatas teman baginya.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kode-Kode Flirting!

Cara Cepat Move On dari Hubungan Friendzone

Wanita Memikirkan Seks - 3 Rahasia Seks Wanita yang Disembunyikan dari Pria 02.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Terjebak friendzone sangatlah tidak menyenangkan, apalagi kalau kamu sudah sangat menyukainya. Meski demikian, kamu harus mampu bersikap tegas agar hubungan tidak menyenangkan ini tidak berkepanjangan.

Ini dia sekian cara agar bisa keluar dan move on dari friendzone.

Baca Juga: 3 Alasan Anda Susah Move On

1. Jangan terlalu berusaha

Hubungan friendzone adalah hubungan yang tidak seimbang karena salah satu pihak berusaha lebih daripada yang lainnya. Agar lebih mudah keluar dari situasi ini, cobalah untuk tidak terlalu berusaha seperti sebelumnya.

Kurangi frekuensi mengirim pesan, menelepon atau mengajaknya bertemu lebih dulu. Hal ini akan membantumu perlahan-lahan move on dari hubungan ini.

2. Tidak selalu ada

5 Karakter Wanita Leo dalam Hubungan Asmara

Foto: Orami Photo Stock

Ketika menyukai seseorang, kita akan dengan mudahnya bilang 'ya' dan berusaha selalu ada untuknya, mengorbankan waktu, perasaan hingga materi yang dimiliki.

Mulai sekarang, ambil sikap tegas dengan berani menolak jika dia minta bantuan ataupun sekedar ditemani untuk jalan-jalan di luar.

Dengan begitu, dia tidak akan selalu bergantung pada kehadiranmu ataupun sebaliknya.

3. Fokus pada diri sendiri

Cara agar bisa keluar dari friendzone adalah dengan fokus pada mengembangkan diri dan melakukan hal-hal bermanfaat.

Ada banyak hal yang bisa mengalihkan perhatianmu darinya, misalnya saja melakukan hobi favorit, misalnya belajar make-up, belajar masak, atau kegiatan apapun yang bisa membuatmu menjadi lebih baik.

Baca Juga: Selain Jadi Hobi, Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

4. Tegas dengan batasan yang kamu buat

karakter wanita sagitarius 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Memutus pertemanan sepihak ketika berada dalam hubungan friendzone bukanlan keputusan yang bijak. Agar kamu bisa perlahan keluar dari hubungan ini, buatlah batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan dalam pertemanan kalian. Misalnya saja, menolak ketika orang yang kamu taksir berceita tentang perempuan disukainya, meminta saran ketika menembak seseorang dan sebagainya.

Jangan sampai perasaan sepihakmu itu merugikan diri dan menghancurkan pertemanan kalian ya.

5. Jujur dengan perasaanmu

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika terjebak friendzone adalah dengan menyatakan perasaanmu dengan jujur. Ajak dia mengobrol seperti biasa, supaya suasana tidak menjadi canggung.

Ungkapkan semua hal yang ingin kamu sampaikan. Apapun responnya, terima dan tetap pertahankan hubungan pertemanan kalian. Memang perlu keberanian melakukan hal ini, tapi kalau tidak mencobanya, siapa yang tahu?

6. Temukan gebetan baru

karakter wanita capricorn 4.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Banyak yang bilang kalau cara terbaik untuk move on dari hubungan sebelumnya adalah mencari gebetan baru. Saran ini perlu dicoba agar kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan atau kekecewaan.

Siapa tahu ternyata gebetan barumu itu bisa membawa suasana menyenangkan dan membuatmu lebih cepat move on.

Baca Juga: Jangan Ceritakan 5 Hal Ini pada Pacar Baru Anda!

Well, itu dia pengertian friendzone, tanda-tanda serta cara agar tidak terjebak lama-lama dalam hubungan yang tidak menyenangkan ini. Hubungan friendzone itu nyata dan banyak terjadi di sekitar kita lho. Jika kamu salah satunya yang sedang terjebak dalam situasi ini, yuk segera ambil sikap! Biar kamu tidak merasakan dampak kerugian lebih besar dan cepat move on.

  • https://www.insider.com/does-my-crush-think-of-me-as-just-a-friend-2018-10
  • https://theeverygirl.com/friend-zone-real-not-think/
  • https://www.glamour.com/story/5-tips-for-staying-out-of-the
  • https://repository.asu.edu/attachments/158075/content/Michael_asu_0010N_15268.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait