Trimester 1

TRIMESTER 1
9 Desember 2020

Gejala dan Cara Mencegah Covid-19 pada Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Jangan terlalu cemas dan khawatir ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Virus corona atau Covid-19 banyak menimbulkan keresahan di dalam masyarakat. Tidak hanya mereka yang sehat saja, para ibu hamil pun tidak bisa dipungkiri ikut merasa cemas jika harus melalui proses persalinan di tengah pandemi Covid-19.

Banyak dari mereka yang mungkin tidak berani melakukan kontrol rutin kehamilan ke dokter kandungan, akibat takut berkunjung ke rumah sakit. Padahal hal ini penting untuk mengetahui tumbuh kembang janin di dalam perut.

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

Belum lagi adanya kasus ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 muncul beberapa waktu lalu, semakin menambah kecemasan para Moms yang sedang hamil.

Nah, agar Moms tidak terlalu cemas lagi dan tahu apa yang harus dilakukan, dr. Merwin Tjahjadi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, memaparkan gejala dan pencegahan Covid-19 pada ibu hamil dalam webinar RSPI "Aman Melahirkan di Masa New Normal" via zoom, Rabu, 25 November 2020. Disimak yuk, Moms.

Gejala Klinis Covid-19 pada Ibu Hamil

Covid-19 pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Menurut dr. Merwin, ada beberapa gejala Covid-19 pada ibu hamil yang perlu diwaspadai sebagai tanda dari gejala Covid-19 pada ibu hamil. Ada apa saja? Yuk kita tengok, Moms.

  • Demam.
  • Batuk.
  • Malaise, perasaan tidak nyaman, pegal-pegal, dan lelah tanpa sebab yang jelas.
  • Sesak napas, Moms akan mengalami kesulitan bernapas secara tiba-tiba.
  • Nyeri otot, nyeri oto disekujur tubuh juga akan mendadak dirasakan, seperti habis melakukan pekerjaan berat.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Diare, memang tidak semua gejala Covid-19 pada ibu hamil disertai diare, namun jika Moms mengalaminya, patut diwaspadai.

Itu dia Moms beberapa gejala yang mungkin dialami ibu hamil, yang mengindikasikan terinfeksi virus Covid-19 pada ibu hamil.

Jika Moms mengalami gejala-gejala di atas, disarankan untuk langsung menghubungi dokter untuk mencari tahu langkah selanjutnya.

Cara Mencegah Covid-19 pada Ibu Hamil

Covid-19 pada ibu hamil

Foto: the-scientist.com

Para ibu hamil mungkin bertanya-tanya apakah Covid-19 pada ibu hamil akan mempengaruhi Moms dan bayi di dalam kandungan yang belum lahir?

Sampai saat ini para ahli memang masih terus mempelajarinya. Namun belum ada bukti yang menunjukkan bahwa janin di dalam kandungan dapat tertular Covid-19 dari ibunya.

Namun tidak ada salahnya berjaga-jaga untuk mencegah kita dari terinfeksi virus corona kan Moms? Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Baca Juga: Terapkan 6 Kebiasaan Sehat Anak Selama Pandemi Ini, Usir Jauh Penyakit!

1. Jaga Kebersihan

Sama seperti protokol kesehatan pada umumnya, Moms disarankan untuk rajin mencuci tangan. Cucilah tangan sesering mungkin dengan air mengalir minimal 20 detik. Gosok tangan dengan benar, dan jangan lupakan punggung tangan juga ya, Moms.

“Jika sedang tidak berada di dekat air mengalir, ibu hamil bisa mencuci tangan dengan menggunakan cairan pembersih tangan, dengan minimal kandungan 60 persen alkohol. Gosok sela-sela jari dan punggung tangan juga juga ya,” ujar dr. Merwin.

2. Perhatikan Etika saat Bersin

Ketika bersin dan batuk, pastikan untuk tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau gunakan tisu, yang harus langsung segera dibuang ke tempat sampah selesai digunakan.

Setelahnya, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau bisa juga gunakan cairan pembersih tangan. Ingat untuk tidak menggunakan telapak tangan ya, Moms.

3. Jangan Menyentuh Wajah

Hindari menyentuh wajah, karena mata, hidung, dan mulut adalah pintu masuk untuk virus. Hindari bersalaman juga dan sebagai penggantinya, lambaikan tangan, salam siku, beri senyum, atau menyatukan tangan di depan dada sembari mengucapkan salam.

4. Gunakan Masker

Ibu hamil harus menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, misalnya untuk berbelanja atau melakukan kegiatan lainnya. Bila memungkinkan, gunakan masker medis ya, Moms.

Baca Juga: Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus, Simak di Sini!

5. Jaga Jarak

Jaga jarak penting untuk dilakukan juga. Jagalah jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Jangan berada di dekat orang yang tidak sehat ya Moms.

6. Makan Makanan Bergizi

Yang terakhir, namun tidak boleh dilupakan adalah makan makanan bergizi.

“Ibu hamil harus terus makan bergizi, cukup minum, dan mengunjungi dokter kandungan secara teratur,” jelas dr. Merwin.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19 pada ibu hamil. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobat” bukan?

Artikel Terkait