Kesehatan

6 Februari 2020

Kenali Masker N95 dan Cara Menggunakannya, Penting di Tengah Wabah

Penting, agar bisa digunakan dengan tepat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Sekarang, banyak jenis masker pelindung dijual di pasaran. Salah satunya adalah masker N95. Yuk, simak penjelasan tentang masker ini.

Munculnya berbagai macam virus, tentu menjadi ancaman yang berbahaya bagi semua orang. Apalagi akhir-akhir ini ramai diberitakan jenis virus baru, yaitu virus Corona yang menjadi perhatian dunia.

Wabah virus Corona (Koronavirus) yang mulanya terjadi di China ini merupakan bentuk virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari flu biasa hingga parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

Baca Juga: Mengenal Virus Corona yang Menjangkit 200 Orang di China

Demi mencegah terjangkitnya virus ini, masyarakat pun dihimbau untuk menggunakan masker. Salah satu masket yang dianjurkan untuk digunakan demi mengantisipasi virus Corona adalah masker jenis N95.

Agar tidak bingung, yuk simak penjelasan berikut ini mengenai masker N95.

Apa Itu Masker N95?

masker N95

Foto: economictimes.indiatimes.com

Mengutip dari U.S. Food and Drug Administration, masker N95 berarti juga masker wajah yang menggunakan respirator N95. Jenis masker ini merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi pemakainya dari partikel cair dan udara yang mencemari wajah. Biasanya digunakan sebagai salah satu bagian dari strategi pengendalian infeksi.

Respirator N95 adalah alat pelindung pernafasan yang dirancang untuk mencapai kesesuaian wajah yang sangat dekat dan penyaringan partikel udara yang sangat efisien.

Penunjukan 'N95' berarti bahwa ketika dilakukan pengujian yang cermat, respirator memblokir setidaknya 95 persen partikel uji yang sangat kecil (0,3 mikron).

Jika dipasang dengan benar, kemampuan penyaringan respirator N95 melebihi kemampuan masker wajah biasa. Namun perlu diingat bahwa respirator N95 yang dipasang dengan benar tidak sepenuhnya menghilangkan risiko penyakit atau kematian.

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona yang Sedang Marak Terjadi

Penggunaan Masker N95 untuk Umum

masker N95

Foto: sea.mashable.com

Agar berfungsi seperti yang seharusnya, respirator N95 membutuhkan kecocokan yang tepat untuk wajah kita. Secara umum, untuk memeriksa kecocokan yang tepat, pengguna harus mengenakan respirator dan menyesuaikan tali sehingga respirator cocok dengan erat juga nyaman untuk wajah.

Jenis masker N95 ini cocok digunakan untuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit parah dari influenza atau penyakit pernapasan lainnya.

Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Maskar N95

masker N95

Foto: cosmo.ph

Orang yang memiliki masalah pernapasan kronis, jantung, atau kondisi medis lainnya yang membuat sulit bernapas harus memeriksakan diri ke ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan masker N95.

Baca Juga: Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus, Simak di Sini!

Hal ini dikarenakan respirator N95 dapat mempersulit pemakainya untuk bernapas. Beberapa model memiliki katup pernapasan yang dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah dan membantu mengurangi penumpukan panas.

Jika respirator rusak atau kotor, atau jika mulai sulit bernapas, harus mengeluarkan respirator, membuangnya dengan benar, dan menggantinya dengan yang baru. Untuk membuang respirator N95 dengan aman, letakkan di kantong plastik dan masukkan ke tempat sampah. Cuci tangan setelah memegang respirator bekas.

Nah, sekarang Moms sudah tahu apa itu masker N95 dan bagaimana penggunaannya yang tepat, bukan? Bijaklah memilih dan menggunakan masker, ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait