Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Aug 1, 2018

Kenali 6 Gejala Kulit Sensitif Pada Anak

Bagikan


Anak-anak terutama bayi yang baru lahir memang tentu memiliki kulit yang sensitif sehingga memerlukan perawatan yang khusus.

Ada beberapa gejala kulit sensitif pada anak yang sebaiknya Moms kenali, karena banyaknya ciri-ciri ini mungkin terlihat sederhana sehingga kerap tak disadari:

Jerawat

Tak hanya orang dewasa saja ternyata Si Kecil juga bisa berjerawat lho, hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon androgen Moms saat melahirkan.

Saat anak berjerawat, Moms harus mulai merawat kulitnya untuk selalu bersih. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan kain yang halus saat membersihkannya.

Ruam

Ruam terutama ruam popok merupakan hal yang banyak terjadi pada bayi karena adanya peradangan kulit akibat terlalu lama terkena urin atau kotoran bayi.

Saat Si Kecil mengalami ruam, maka upayakan untuk sering mengganti popoknya. Jangan lupa pula untuk membersihkannya dengan baik dan menjaga untuk tetap kering. Bila perlu, oleskan krim atau salep yang dapat mengurangi iritasinya.

Baca Juga: Ternyata Bayi Juga Bisa Jerawatan, Mengapa?

Kulit Kering

Fungsi epidermisnya yang belum sepenuhnya berkembang membuat Si Kecil rentan terhadap kulit kering.

Sering oleskan pelembab khusus untuk kulit bayi untuk mencegah kulit iritasi, terutama pada bagian lipatan kulit yang sering berkeringat. Hindari pula produk kosmetik bayi yang mengandung deterjen, pewarna, dan pewangi.

Biang Keringat

Umumnya biang keringat muncul di area wajah dan lipatan tubuh bayi dimana biasanya keringat menumpuk. Biang keringat umumnya membuat gatal dan panas sehingga Si Kecil tentu merasa tak nyaman.

Bila Si Kecil mengalaminya, maka upayakan untuk menghindari pakaian dengan bahan yang sulit menyerap keringat, pemakaian baju yang terlalu tebal, atau berlapis, dan hindari pula pakaian bayi yang terlalu ketat. Jangan lupa pula untuk selalu menghindarkannya dari kepanasan.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Biang Keringat pada Anak dan Dewasa

Bisul

Bisul pada bayi umumnya memiliki ciri yang sama dengan orang dewasa, dimana biasanya bisul ini terasa nyeri dan mengganggu. Biasanya bisul disebabkan oleh adanya bakteri tertentu yang terjadi pada bagian dalam kulit.

Bila Si Kecil bisulan, maka upayakan untuk tak memaksa untuk memecahkannya karena akan membuat infeksi menyebar. Cukup bersihkan saja area bisul tersebut dengan antiseptik.

Eksim

Eksim pada bayi biasanya terjadi di sekitar wajah, siku, dan di belakang lutut, yakni kulit akan tampak bersisik kemerahan dan menimbulkan gatal.

Eksim sendiri biasanya disebabkan oleh alergi makanan. Umumnya makanan yang mengandung gandum dan susu, namun bisa juga disebabkan oleh bulu hewan atau deterjen.

Saat Si Kecil terserang eksim sebaiknya jangan memandikan mereka sesering biasanya, dan jangan lupa untuk menggunakan salep atau krim yang mengandung kortikosteroid potensi lemah.

Kenali gejala-gejala kulit sensitif ini supaya Moms bisa cepat menanganinya sebelum semakin parah.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.