Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
13 April 2016

Golongan Darah Anak Beda Dengan Orangtua

Golongan darah anak berbeda dengan orangtua? Bisa saja, kok.
Golongan Darah Anak Beda Dengan Orangtua

Terkadang dalam rumah tangga timbul persoalan antara suami istri hanya karena golongan darah anak yang berbeda dengan mereka. Celakanya, dalam masyarakat kita sebagian belum mengerti tentang perkawinan darah antara satu golongan dengan golongan yang lain. Mereka beranggapan bahwa anak harus memiliki golongan darah yang sama persis dengan ibunya atau sama persis dengan ayahnya. Hal tersebut belum tentu benar, karena tidak selamanya anak mengikuti golongan darah orang tua, tetapi anak membawa sifat genetika orang tua.

Sepasang suami istri dikejutkan dengan golongan darah anaknya. Pasalnya sang suami dan istri tersebut sama-sama bergolongan darah A, sedangkan hasil tes lab menunjukkan bahwa anak mereka bergolongan darah O! Sang suami kemudian langsung berpikiran pasti si istri selingkuh, lantas anak itu bukanlah anak kandungnya. Memang dari dulu kita sering mendengar mitos bahwa kalau orang tua dan anak golongan darahnya beda berati bukan anak kandung. Oops.. Jangan terburu-buru dulu. Simak tabel pewarisan golongan darah kepada anak dibawah ini :

Tabel Pewarisan Golongan Darah Kepada Anak

AB

A

B

O

AB

A, B, AB

A, B, AB

A, B, AB

A, B

A

A, B, AB

A, O

A, B, AB, O

A, O

B

A, B, AB

A, B, AB, O

B, O

B, O

O

A, B

A, O

B, O

O

Sebagai contoh, dari pernikahan pasangan yang keduanya bergolongan darah A maka si anak kemungkinan akan bergolongan darah A atau O. Yang paling memungkinan anak akan bergolongan darah yang sama sekali berbeda dengan orang tuannya adalah dari pernikahan pasangan bergolongan darah AB dengan O. Sebab, si anak akan memiliki golongan darah yang berbeda dengan orang tuanya yaitu A atau B. Jadi jika dalam suatu rumah tangga yang bermasalah hanya karena golongan darah anak berbeda dengan orangtua, jangan langsung dipermasalahkan. Carilah solusi misalnya dengan melakukan tes DNA.