18 Februari 2023

Panduan Diet Golongan Darah AB untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa dengan melihat golongan darah.

Moms, yuk, tengok penjelasan lengkap terkait diet golongan darah AB di bawah ini.

D'Adamo Sr mulai mempelajari karakteristik orang-orang dengan golongan darah yang berbeda dan bagaimana mereka membakar kalori.

Tipe AB positif adalah salah satu yang paling langka, ditemukan pada kurang dari 4 persen populasi menurut Palang Merah Amerika.

Apakah golongan darah Moms positif atau negatif tidak masalah dalam rekomendasi diet.

Tipe AB telah muncul dari tipe A dan B, memiliki beberapa karakteristik keduanya.

Coba cek cara dan menu diet golongan darah AB berikut ini.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Pisang untuk Kehamilan dan Kesehatan, Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Diet Golongan Darah AB (Orami Photo Stock)
Foto: Diet Golongan Darah AB (Orami Photo Stock)

Menurunkan berat badan untuk darah positif tipe AB dapat dicapai dengan beberapa perubahan pada diet dan olahraga rutin Moms.

Berikut panduan terkait diet golongan darah AB yang perlu Moms ketahui.

1. Periksa Darah

Sebelum melakukan diet golongan darah AB, pastikan golongan darah Moms dengan memeriksanya di rumah sakit atau klinik setempat.

Setelah Moms yakin Anda tipe AB, ikuti diet yang direkomendasikan dalam buku "Eat Right For Your Type" atau akses informasi di situs web online Dr. D'Adamo

Makan makanan berikut dari daftar makanan golongan darah AB + yang mendorong penurunan berat badan.

Misalnya, tahu, makanan laut, dan sayuran hijau, yang membantu efisiensi metabolisme; produk susu dan rumput laut, yang meningkatkan produksi insulin; dan nanas, yang membantu pencernaan dan merangsang mobilitas usus.

Tipe AB mewarisi beberapa gen dari tipe A dan tipe B.

Dari tipe B, mereka menerima adaptasi terhadap daging.

Namun, dari tipe A, mereka menerima asam lambung yang rendah, membuat mereka tidak dapat memetabolisme sebagian besar daging secara efisien.

2. Santap Daging, Makanan Laut, dan Produk Susu

Konsumsi Daging dan Unggas
Foto: Konsumsi Daging dan Unggas (Stocksnap.io)

Konsumsilah daging domba, daging kambing, daging kelinci, dan daging kalkun, seperti leluhur yang bergolongan darah tipe B.

Makanan laut yang paling bermanfaat dalam program diet golongan darah AB termasuk tuna, cod, grouper, hake, mackerel, mahimahi, ikan rahib, laut bertengger, pike, porgy, trout, kakap merah, sailfish, pickerel, sarden, shad snail dan sturgeon.

Meski boleh mengonsumsi daging sapi atau ikan, tetapi Moms yang bergolongan darah AB harus membatasinya.

Selain itu, daging ayam mengandung sejumlah besar zat yang disebut lektin, yang cenderung mengiritasi saluran pencernaan AB karena berbagai alasan.

Agar lebih sehat, seperti dikutip di jurnal Public Library of Science sehingga tidak terjadi penyakit yang tidak diinginkan, gunakan minyak zaitun sebagai sumber lemak.

Produk susu yang paling bermanfaat adalah yoghurt, kefir, krim asam tidak berlemak, telur, keju mozzarella, keju kambing, keju ricotta dan susu.

Ini bisa jadi ide bahan makanan diet golongan darah AB.

3. Perbanyak Kacang-kacangan

Nikmati kacang-kacangan dan kacang-kacangan, karena merupakan stimulan sistem kekebalan tubuh yang penting dan makanan pelawan kanker untuk tipe AB.

Karena AB cenderung memiliki masalah kandung empedu, mentega kacang lebih disukai daripada kacang utuh, dan kacang tanah dan kenari adalah kacang yang paling bermanfaat.

Di keluarga kacang, lentil, navy, pinto, merah dan kedelai paling bermanfaat.

Lentil mengandung antioksidan penangkal kanker, dan semua kacang memperlambat produksi insulin pada AB.

Baca Juga: 7 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Jangan sampai Salah ya!

4. Pilih Buah Alkaline

Buah Beri (Orami Photo Stock)
Foto: Buah Beri (Orami Photo Stock)

Bagi Moms yang melakukan diet golongan darah AB, pilihlah buah-buahan yang lebih basa. Misalnya,buah plum, beri, dan anggur.

Nanas membantu menurunkan berat badan dengan membantu pencernaan.

Jeruk bali dan lemon bermanfaat karena lemon membantu membersihkan lendir dari sistem pencernaan.

Sementara buah jeruk selain jeruk bali dan lemon dapat mengiritasi perut sehingga harus dihindari.

Pisang juga tidak disarankan untuk dikonsumsi karena kandungan lektinnya mengganggu pencernaan.

Moms dapat menggantinya dengan aprikot, buah ara, dan beberapa jenis melon.

Baca Juga: 11 Tips Diet Berhasil Agar Cepat Langsing Tanpa Efek Samping

5. Makan Sering dalam Porsi Kecil

Tingkat asam lambung yang rendah dari tipe AB juga menentukan bahwa makanan kecil yang dikonsumsi lebih sering sepanjang hari akan dicerna lebih efisien dan lengkap daripada makanan besar yang jaraknya lebih jauh.

"Perut Anda memulai proses pencernaan dengan kombinasi sekresi pencernaan, dan kontraksi otot yang mencampur makanan dengan mereka," jelas Dr. D'Adamo.

"Bila Anda memiliki tingkat sekresi pencernaan yang rendah, makanan cenderung bertahan lebih lama di perut," tambahnya.

Makanan kecil yang sering juga cocok dengan gaya hidup aktivitas tinggi yang direkomendasikan untuk tipe AB.

Ini karena metode diet ini menjaga perut agar tidak terlalu kenyang pada waktu tertentu dan mempertahankan glukosa darah dalam kisaran yang sempit.

6. Yoga dan Cardio

Yoga Untuk Diet (Orami Photo Stock)
Foto: Yoga Untuk Diet (Orami Photo Stock)

Berolahraga dengan tujuan mengurangi stres dapat berperan dalam penurunan berat badan dan kesehatan untuk AB tipe menurut American Nutrition Association.

Tai chi dan yoga direkomendasikan untuk relaksasi pada AB sensitif. D'Adamo merekomendasikan untuk menyelingi aktivitas menenangkan dengan aktivitas aerobik.

Sebagai contoh, lari alternatif dan bersepeda dengan yoga dan tai chi.

Untuk memenuhi kebutuhan latihan ini, Moms yang menjalani diet untuk golongan darah AB harus makan banyak makanan kaya fruktosa dan pati dari jenis yang mereka makan, terutama biji-bijian, seperti nasi.

Moms juga harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang menghasilkan reaksi stres fisik atau psikologis melalui peningkatan pelepasan adrenalin, seperti alkohol dan kafein.

Tipe AB dapat mentoleransi produk susu dengan baik, dan semakin banyak seseorang berolahraga, semakin tinggi kebutuhan proteinnya, jadi susu adalah sumber yang cukup.

Baca Juga: Panduan Diet untuk Golongan Darah B, Simak di Sini!

Makanan yang Dihindari Diet Golongan Darah AB

Roti Gandum (Orami Photo Stock)
Foto: Roti Gandum (Orami Photo Stock)

Setelah mengetahui daftar makanan yang boleh dikonsumsi dalam program diet golongan darah AB, Moms juga perlu memahami makanan apa yang sebaiknya dihindari.

Hindarilah makanan yang mendorong kenaikan berat badan, seperti:

  • Daging merah, yang dicerna dengan buruk dan disimpan sebagai lemak.
  • Kacang merah, kacang lima dan jagung, yang menghambat efisiensi insulin.
  • Biji dan gandum, yang menyebabkan hipoglikemia
  • Gandum, yang menurunkan metabolisme, menghambat efisiensi insulin dan menyebabkan penggunaan kalori yang tidak efisien.

Hindari ayam, karena lektin yang sama yang mengiritasi darah dan saluran pencernaan tipe B memiliki efek yang sama pada AB.

Hindari juga semua daging asap atau daging yang diawetkan karena dapat menyebabkan kanker perut pada orang dengan asam lambung rendah.

Apakah Diet Golongan Darah Pilihan Sehat?

Efisiensi Diet Golongan Darah (Orami Photo Stock)
Foto: Efisiensi Diet Golongan Darah (Orami Photo Stock)

Meski cukup populer di kalangan masyarakat, program diet yang dilakukan berdasarkan golongan darah ini ternyata belum memiliki fakta ilmiah dan efektivitasnya belum terbukti dalam pengaturan klinis.

Selain itu, tidak ada penelitian yang mendukung bahwa diet golongan darah adalah strategi penurunan berat badan yang efektif.

Namun, rencana keseluruhan dari diet berdasarkan golongan darah ini memang menekankan makanan utuh, alami, dan tidak diproses sehingga membuatnya lebih sehat daripada beberapa rencana makan diet lainnya.

Tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Journal pada tahun 2013 juga menemukan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung klaim kesehatan apa pun yang terkait dengan diet golongan darah.

Dalam tinjauan ini, para ilmuwan melihat 16 laporan yang diterbitkan sebelumnya tentang diet golongan darah dan menyimpulkan bahwa "tidak ada bukti saat ini untuk memvalidasi manfaat kesehatan yang diakui dari diet golongan darah".

Itulah penjelasan mengenai diet golongan darah AB.

Jadi, apakah Moms masih tertarik untuk melakukan program penurunan berat badan ini?

  • https://academic.oup.com/ajcn/article/98/1/99/4578345
  • https://dadamo.com/txt/index.pl?1005
  • https://www.verywellfit.com/the-blood-type-diet-89893
  • https://www.livestrong.com/article/447904-how-to-lose-weight-with-an-ab-positive-blood-type/
  • https://www.livestrong.com/article/218169-diets-for-blood-type-ab-positive/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb