Newborn

15 September 2021

Ini Alasan Harus Menggunakan Gunting Kuku Bayi untuk Merawat Si Kecil

Menggunakan gunting kuku orang dewasa bisa melukai Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Merawat bayi tidak boleh sembarangan, segala sesuatunya harus serba khusus. Itulah mengapa Moms sering menemui produk-produk yang dibuat khusus untuk bayi mengingat kondisi dan ketahanan tubuhnya berbeda jauh dengan orang dewasa. Misalnya, gunting kuku bayi.

Mereka lebih rentan dan lemah dibandingkan orang dewasa. Dengan demikian, Moms tidak dianjurkan menggunakan peralatan orang dewasa untuk merawat Si Kecil.

Menurut Indian Dermatology Online Journal, kondisi kuku dapat menjadi tanda adanya gangguan dermatologis. Jadi, gunting kuku bayi merupakan alat yang perlu Moms miliki agar kebersihan kuku Si Kecil selalu terjaga dengan baik. 

Seperti tubuhnya, kuku bayi pun sangat lembut dan kecil, membuat Moms akan sulit untuk merapikannya dengan gunting kuku biasa.

Selain itu, menggunakan gunting kuku dewasa pada Si Kecil berpotensi melukai jemari mungilnya karena proporsi ukuran jari dan gunting yang tidak sepadan. 

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar Agar Tak Melukai Jarinya

Alasan Menggunakan Gunting Kuku Bayi

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan gunting kuku bayi dan orang dewasa sehingga Moms semakin mantap menggunakan peralatan perawatan bayi sesuai fungsinya.

1. Ukuran dan Keamanan

gunting kuku bayi

Foto: Orami Photo Stock

Pemotong kuku bayi berukuran jauh lebih kecil ketimbang milik orang dewasa. Pemotong kuku khusus bayi memiliki pegangan yang cukup besar bagi tangan orang tua namun dengan pisau atau area tajam yang lebih kecil.

Desain tersebut dapat memudahkan Moms merapikan kuku Si Kecil tanpa melukai jarinya.

Selain itu, beberapa pemotong kuku bayi bahkan memiliki pelindung di tepian pisaunya sehingga tak akan melukai jari buah hati Moms.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Anting Bayi Baru Lahir dan Cara Merawatnya

2. Kaca Pembesar dan Lampu

gunting kuku bayi dilengkapi lampu

Foto: babylist

Lebih canggih lagi, beberapa jenis pemotong kuku bayi dilengkapi dengan fitur tambahan untuk memudahkan aktivitas manicure.

Kaca pembesar pada sejumlah pemotong kuku bayi didesain supaya Moms dapat lebih jelas melihat kuku kecil buah hati dan memotongnya dengan akurat tanpa melukai bagian yang lain.

Senter kecil pun bahkan ditambahkan di peralatan perawatan bayi ini. Penerangan tambahan macam ini bertujuan memudahkan Moms melihat kukunya terutama di tempat dengan penerangan redup.

3. Gunting Kuku

gunting kuku khusus bayi.jpg

Foto: greenactivefamily

Nail clippers dan gunting kuku memiliki perbedaan dalam bentuk. Nail clippers atau pemotong kuku berbentuk seperti jungkat-jungkit, sedangkan gunting kuku bayi menyerupai gunting biasa.

Namun, pastikan Moms hanya menggunakan gunting kuku khusus bayi untuk buah hati. Gunting kuku bayi biasanya memiliki ujung melengkung atau bulat dengan ukuran yang pas untuk kuku mungil Si Kecil.

Sebaiknya, jangan menggunakan gunting ini selain untuk merawat kuku bayi supaya ketajaman dan kebersihannya terjaga. 

Baca Juga: Bayi Sering Mengemut Tangan, Bahayakah?

Selain memilih gunting kuku yang tepat, waktu terbaik untuk merapikan kuku Si Kecil adalah ketika ia tidur pulas.

Lalu, jangan memotong kuku sehabis bayi mandi. Karena air hangat akan membuat tekstur kuku bayi yang masih rapuh menjadi semakin lunak dan berisiko luka.

Rekomendasi Gunting Kuku Bayi

Moms yang sedang mencari gunting kuku bayi mungkin bisa menyimak beberapa rekomendasi produk gunting kuku bayi di bawah ini.

1. Pumpee Baby Manicure Set w/ Case | PA-115SMC

25% Rp79.900
Rp59.925
Pumpee Baby Manicure Set w/ Case | PA-115SMC

Pumpee Baby Manicure Set with Case mungkin bisa menjadi produk yang Moms pilih untuk merawat kuku tangan dan kaki bayi.

Gunting kuku ini dirancang khusus untuk bayi usia 0-24 bulan sehingga aman digunakan oleh Si Kecil.

Dalam setiap setnya, terdiri dari kikir, gunting, dan gunting kuku yang dapat disesuaikan untuk jari-jari kecil bayi dengan ujung gunting bulat dan tidak tajam.

Pumpee Baby Manicure Set with Case terbuat dari bahan-bahan yang aman dan berkualitas. Sesuai dengan namanya, produk gunting kuku bayi ini juga dilengkapi dengan wadah penyimpanan.

Jadi, tak akan tercecer dan praktis untuk dibawa kemana pun.

2. Tommee Tippee Baby Scissors With Cover

Rp26.900
Tommee Tippee Baby Scissors With Cover

Moms yang sedang mencari alat untuk memotong kuku Si Kecil mungkin dapat memilih Tommee Tippee Baby Scrissors with Cover.

Ini merupakan gunting kuku untuk bayi usia 0 bulan ke atas yang dilengkapi dengan wadah khusus untuk menyimpan gunting kuku sehingga aman dan nyaman saat digunakan.

Tentu saja, Tommee Tippee Baby Scrissors with Cover dibuat menggunakan bahan berkualitas yang aman dan dirancang khusus bagi kuku Si Kecil.

Gunting kuku dari Tommee Tippee ini berbentuk klip dengan pegangan yang nyaman. Dengan bagian ujung yang tidak terlalu besar agar tidak melukai kuku buah hati, Moms.

Baca Juga: Kenali 12 Refleks pada Bayi Baru Lahir

3. Babyqlo Manicure Set - Pink

10% Rp70.000
Rp63.000
Babyqlo Manicure Set - Pink

Rekomendasi produk gunting kuku berikutnya, yakni Babyqlo Manicure Set. Sesuai dengan namanya, produk ini terdiri dari gunting kuku, gunting, dan kikir untuk bayi yang berusia 0 bulan (newborn) ke atas.

Manicure set ini ukurannya sudah disesuaikan dengan tangan bayi sehingga memudahkan Moms dalam merapikan kuku Si Kecil.

Babyqlo Manicure Set tersedia dalam 2 warna, yakni merah muda dan biru yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Gunting kuku bayi dari Babyqlo ini memiliki handle yang nyaman digenggam. Ukurannya pun compact sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

4. Pigeon Nail Scissor for Newborn Baby

Rp149.500
Pigeon Nail Scissor for Newborn Baby

Moms mungkin sudah tidak asing dengan merek Pigeon yang satu ini. Selain populer dengan produk botol susunya, Pigeon juga menyediakan produk perawatan kuku khusus bayi, lho.

Pigeon Nail Scissor for Newborn Baby merupakan gunting kuku yang didesain khusus untuk bayi baru lahir berusia 0-3 bulan.

Moms yang sedang merawat bayi baru lahir mungkin perlu menggunakan alat ini sehingga proses memotong kuku Si Kecil dapat dilakukan dengan mudah.

Hal ini karena bagian ujung Pigeon Nail Scissor for Newborn Baby berbentuk bulat, aman digunakan, tidak akan menusuk jari dan kulit bayi, serta berukuran kecil dengan bagian pemotong tipis.

Gunting kuku dari Pigeon terbuat dari bahan baja karbon yang berkualitas tinggi, tetapi sangat aman digunakan sehari-hari. Pigeon Nail Scrissor for Newborn Baby juga didesain dengan bentuk gagang yang unik.

Jadi, udah menempel dengan pas di tangan Moms dan memberikan genggaman yang lebih baik.

Selain itu, desain gunting kuku Pigeon memberikan kemudahan dalam mengontrol gerakan dan dapat digunakan pada tangan kanan ataupun kiri.

Baca Juga: Serba-serbi Ubun-ubun Bayi Baru Lahir yang Harus Moms Tahu

5. Kidsme Baby Manicure Box Set

Rp65.000
Kidsme Baby Manicure Box Set

Selanjutnya, ada Kidsme Baby Manicure Box Set yang bisa Moms pilih untuk memotong kuku bayi. Gunting kuku bayi dari Kidsme dibuat dengan desain bulat khusus untuk kuku bayi yang mungil dan halus.

Dalam setiap satu setnya, Kidsme Baby Manicure Box Set terdiri dari pemotong kuku, gunting kecil, dan penghalus kuku yang Moms butuhkan untuk menjaga kuku bayi tetap bersih dan rapi.

Selain memiliki ukuran kecil yang disesuaikan untuk bayi, produk ini juga dilengkapi dengan casing penyimpanan yang tahan lama dan praktis dibawa bepergian.

Tidak hanya memerhatikan kebersihan kuku bayi, sebaiknya pastikan juga bahwa kuku Moms selalu dalam keadaan bersih.

Pasalnya, menurut penelitian yang dikutip dari New York Times menunjukkan bahwa kuku panjang bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak sehingga mungkin saja menginfeksi bayi dan menimbulkan penyakit.

Itu dia Moms, beberapa rekomendasi produk gunting kuku khusus untuk bayi.

Jangan lupa untuk berbelanja produk perawatan bayi di aplikasi dan website Orami karena akan ada banyak diskon serta promo menarik lainnya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4375768/
  • https://www.verywellfamily.com/cutting-baby-fingernails-284409
  • https://naturalbabylife.com/are-baby-nail-clippers-necessary/
  • https://www.nytimes.com/2000/03/24/us/study-links-bacteria-long-nails-and-baby-deaths.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait