Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING ISLAMI
29 Juni 2022

9+ Hadis dan Ayat Alquran tentang Sabar, Petunjuk bagi Orang Beriman, Masya Allah!

Dalam Alquran, kesabaran dikaitkan dengan sifat-sifat mulia
9+ Hadis dan Ayat Alquran tentang Sabar, Petunjuk bagi Orang Beriman, Masya Allah!

Dalam Islam, terdapat ayat Alquran tentang sabar yang dapat menjadi petunjuk bagi orang beriman. Sebab, rasa sabar adalah salah satu akhlak terpuji yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim.

Menurut The Journal of Positive Psychology, kesabaran adalah kecenderungan untuk menunggu dengan tenang dalam menghadapi rasa frustrasi atau kesulitan. Ini juga memiliki hubungan antara kesejahteraan dan kepribadian.

Baca Juga: 7+ Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Alquran, Yuk Buka dan Raih Berkahnya!

Ayat Alquran Tentang Sabar

Bolehkah Wanita Haid Membaca Alquran Melalui Hp -3.jpg

Foto: Bolehkah Wanita Haid Membaca Alquran Melalui Hp -3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam alquran, kesabaran sering dikaitkan dengan sifat-sifat mulia lainnya, misalnya dengan keimanan, syukur, shalat, ikhlas, tawakkal, dan takwa.

Ini menunjukkan betapa sabar memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam, dan tentunya orang-orang yang bersabar memiliki kedudukan yang istimewa di mata Allah SWT.

Sekitar 103 kali kata sabar beserta turunannya disebutkan dalam Alquran. Ini menunjukkan bahwa sabar merupakan sesuatu yang sangat penting.

Ayat-ayat alquran tentang kesabaran tersebar dalam berbagai surat dan disebutkan dalam beragam konteks. Berikut ini beberapa ayat Alquran tentang sabar yang bisa menjadi bahan kajian.

1. Ayat Alquran tentang Sabar dan Shalat

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,” (QS Al-Baqarah: 153)

2. Ayat Alquran tentang Sabar dan Musibah

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)”,” (QS Al-Baqarah: 155-156)

3. Ayat Alquran tentang Sabar dan Taqwa

بَلَى إِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا وَيَأْتُوكُمْ مِنْ فَوْرِهِمْ هَذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ آلَافٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُسَوِّمِينَ

Artinya: “Ya (cukup). ‘Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu secara tiba-tiba, niscaya Allah akan menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda’,” (QS Ali Imran: 125)

4. Ayat Alquran tentang Sabar dan Surga

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad dan orang-orang yang bersabar di antara kamu,” (QS Ali Imran: 142)

Baca Juga: 10 Adab Membaca Alquran yang Baik Menurut Islam

4. Ayat Alquran tentang Sabar dan Harta

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya: “Kamu pasti akan diuji dengan harta dan dirimu. Dan sungguh kamu pasti akan mendengar banyak hal yang menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik. Dan jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang patut diutamakan,” (QS Ali Imran: 186)

5. Ayat Alquran tentang Sabar dan Keberuntungan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung,” (QS Ali Imran: 200)

6. Ayat Alquran tentang Sabar dan Ampunan

إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya: “Kecuali orang-orang yang bersabar dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar,” (QS Hud: 11)

Baca Juga: Bolehkah Wanita Haid Membaca Alquran Melalui HP? Ini Penjelasannya!

Hadis tentang Sabar

tips salat tanpa diganggu anak, Bersabar Jika Si Kecil Mengganggu Saat Salat.jpg

Foto: tips salat tanpa diganggu anak, Bersabar Jika Si Kecil Mengganggu Saat Salat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sabar adalah perasaan ridho atau pasrah menerima dan menahan diri dari semua hal yang terjadi dalam kehidupan. Baik berup ujian, menjalani ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan.

Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab keempat puluh, Imam As-Suyuthi menuliskan hadis keutamaan sabar ketika mendapatkan musibah yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya yakni:

7. Hadis tentang Sabar dan Musibah

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى}.

Dari bu Hurairah berkat bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah,” (HR Al-Bazzar dan Abu Ya’la)

8. Hadis tentang Gambaran Sabar

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا}.

Dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia,” (HR Abu Nu’aim)

9. Hadis tentang Sabar dan Ridha Allah SWT

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى}.

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabarani)

10. Hadis tentang Sabar dan Amalan Baik

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إذَا حَدَثَ عَلَى عَبْدٍ مُصِيْبَةٌ فِيْ بَدَنِهِ أَوْ مَالِهِ أوْ وَلَدِهِ فَاسْتَقْبَلَ ذٰلِكَ بِصَبْرٍ جَمِيْلٍ اسْتَحْيَا اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنْ يَنْصِبَ لَهُ مِيْزَانًا أوْ يَنْشُرَ لَهُ دِيْوَانًا}.

Rasulullah SAW bersabda: “Jika musibah menimpa pada seorang hamba di badannya atau anaknya, lalu ia menghadapinya dengan kesabaran yang baik maka Allah di hari Kiamat Allah malu menaikkan timbangan untuknya atau memberikan padanya buku catatan.”

Itulah beberapa kumpulan ayat alquran tentang sabar dan juga hadisnya. Semoga dapat menjadi bahan pelajaran bagi umat muslim tentang betapa pentingnya memiliki kesabaran dalam menjalani kehidupan.

  • https://mutiaraislam.net/ayat-alquran-tentang-sabar/
  • https://www.researchgate.net/publication/254336846_An_examination_of_patience_and_well-being
  • https://duniapondok.com/ayat-tentang-sabar/
  • https://umma.id/article/share/id/1002/282363