Kesehatan

26 Mei 2021

Ketahui Manfaat, Keamanan, dan Tips Menggunakan Hyaluronic Acid untuk Melembapkan Kulit

Bahan skincare ini aman untuk ibu hamil, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Orami

Apakah Moms mengalami kulit kering? Bila iya, salah satu bahan skincare yang harus Moms gunakan adalah hyaluronic acid.

Hyaluronic acid merupakan salah satu bahan skincare terabaik untuk melembapkan kulit yang kering.

Salah satu penyebab kulit kering adalah karena bertambahnya usia. Saat usia sudah di atas 30 tahun, kadar hyaluronic acid alami yang terdapat pada kulit wajah berkurang, sehingga, kelembapan pada kulit hilang. Akibatnya, kulit akan menjadi lebih kering, lebih kasar, dan berkerut.

Dengan mengoleskan bahan sintetis secara topikal, seperti hyaluronic acid ini, kemampuan restoratifnya membantu meningkatkan kelembapan kulit, menenangkan kulit, dan mencegah hilangnya kelembapan.

Mari simak ulasan mengenai hyaluronic acid yang mampu melembapkan kulit, Moms!

Baca Juga: Mengatasi Kulit Kering saat Hamil, Gunakan 10 Cara Alami Ini!

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit

hyaluronic acid.jpg

Foto: asiatatler.com

Dilansir dari Dermato Endocrinology, hyaluronic acid adalah senyawa yang terdapat di kulit dan berguna untuk menjaga kelembapan.

Dibanding bahan-bahan lain, hyaluronic acid memiliki kemampuan terbaik untuk mengunci air pada kulit agar tidak cepat kering.

Meskipun namanya acid atau 'asam', hyaluronic acid adalah kebalikan dari asam glikolat, laktat, dan salisilat, dan tidak akan membuat sel kulit mati mengelupas. Nama ini berasal dari enzim yang mensintesis hyaluronic acid atau disebut sebagai 'sintase asam hialuronat'.

Hyaluronic acid biasa terdapat pada skincare, lipstik, dan makeup mata serta wajah. Di dalam skincare, hyaluronic acid berguna untuk mengurangi kulit kering yang pecah-pecah, serta mengembalikan kekenyalannya.

Hyaluronic acid juga berguna untuk mengentalkan formula air di kosmetik dan produk perawatan kulit.

The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa hyaluronic acid bermanfaat untuk mengurangi keriput, kemerahan di kulit, dan dermatitis.

Makanya, skincare hyaluronic acid sangat diperlukan bagi kulit. Tapi ada juga cara untuk menstimulasi produksi hyaluronic acid di dalam tubuh.

“Makanan sangat berpengaruh pada tubuh. Makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan mampu melindungi kulit dari inflamasi, sehingga bisa membuat kulit lebih sehat,” jelas Dr. Howard D. Sobel, dermatolog Sobel Skin, New York.

Baca Juga: Ketahui 4 Bahan Skincare yang Aman Saat Program Hamil

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid

hyaluronic acid untuk melembapkan kulit wajah

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Kate Bancroft, Perawat dan Pendiri Toko Online & Klinik Kulit CQC dari Face the Future yang dikutip dari Glamour, siapa pun dengan jenis kulit apa saja boleh menggunakan produk perawatan kulit wajah dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya.

Efeknya yang dapat meningkatkan kelembapan banyak digunakan dalam berbagai merek produk perawatan kulit wajah.

Namun perlu diketahui bahwa hyaluronic acid akan bekerja lebih efektif pada pemiliki jenis kulit kering dan dehidrasi karena efek melembapkannya yang sangat baik.

Kate merekomendasikan penggunaan hyaluronic acid pagi dan malam secara rutin agar manfaatnya maksimal dan diikuti dengan pelembab untuk menjaga semua kelembapannya tetap 'terkunci' di kulit wajah.

"Hyaluronic acid akan menarik kelembapan dari lapisan kulit yang lebih dalam, membawanya ke permukaan dan berpotensi memperburuk gejala kulit kering, jadi sangat penting untuk mengikutinya dengan pelembap." jelasnya.

Baca Juga: Kulit Dehidrasi, Apakah Berbeda dengan Kulit Kering?

Mengapa Hyaluronic Acid Penting Digunakan?

Pentingnya Hyaluronic Acid

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Tsippora Shainhouse, seorang dokter kulit di Santa Monica, California dalam keterangannya kepada Allure, seiring bertambahnya usia, kita akan kehilangan kolagen dan hyaluronic acid secara alami sehingga kulit lebih mudah menjadi kering, bahkan dehidrasi.

Selain itu, cuaca yang panas, penggunaan pemanas selama musim dingin, produk perawatan kulit tertentu, serta kondisi kulit lain yang mendasarinya dapat menyebabkan kerusakan kecil pada pelindung kulit dan memungkinkan air keluar.

"Bahan-bahan perawatan kulit yang menghidrasi, seperti hyaluronic acid, gliserin, oatmeal koloid, urea, propilen glikol, dan sorbitol semuanya bertindak sebagai 'pelembap' yang menarik air ke dalam kulit sebagai upaya melembapkannya," jelasnya.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat Moms mengoleskan produk dengan kandungan hyaluronic acid ke kulit, senyawa asam ini akan bertindak seperti spons. Dengan cara menarik kelembapan untuk meningkatkan hidrasi pada permukaan kulit.

Kelembaban yang ditarik oleh hyaluronic acid berasal dari lingkungan luar kulit sehingga menyerap kelembapan dari udara di sekitar untuk membuat kulit kenyal dan terhidrasi.

Maka, penting bagi Moms untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan hyaluronic acid i di dalamnya.

"Bahan-bahan aktif yang dapat melembapkan kulit di atas banyak digunakan dalam produk skincare, seperti pelembap, krim mata, dan serum," kata ahli kimia kosmetik Sandra Bontempo.

Baca Juga: 5 Penyebab Terjadinya Dehidrasi pada Kulit

Keamanan Hyaluronic Acid pada Skincare

hyaluronic acid 2.jpg

Foto: dermatologyinstituteofamerica.com

Para peneliti di Cosmetic Ingredient Review (CIR Safety Review) menemukan bahwa hyaluronic acid dapat terpenetrasi ke dalam lapisan kulit. Jumlah normal hyaluronic acid yang bisa diaplikasikan ke kulit adalah sebanyak 2 persen.

Peneliti CIR memutuskan bahwa hyaluronic acid tidak menimbulkan masalah bagi kulit, juga tidak memberikan respon racun pada tubuh.

Bahkan untuk melembapkan dan membuat kulit kenyal secara maksimal, hyaluronic acid juga bisa diberikan dalam bentuk injeksi.

Efek samping injeksi hyaluronic acid sangat minimal, biasanya berupa bengkak atau memar yang berlangsung selama tiga hari. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah berkonsultasi pada dermatolog untuk melakukan injeksi tersebut.

“Injeksi hyaluronic acid memiliki risiko tersendiri, yakni injeksi yang hanya dipermukaan, atau dalam beberapa kasus langka, terinjeksi pada pembuluh darah,” ujar Dr. Rachel Nazarian, dermatolog di Schweiger Dermatology Group, New York. Oleh sebab itu, Moms tidak boleh asal menggunakan injeksi produk kecantikan, ya!

Nah, untuk ibu hamil, skincare dengan hyaluronic acid juga aman digunakan sebab tidak menyebabkan masalah reproduksi dan perkembangan pada janin.

Selain hyaluronic acid, Moms juga bisa menggunakan serum vitamin C atau ceramide untuk melembapkan kulit kering saat hamil.

Baca Juga: Mengenal Ceramide, Kandungan Penting yang Bisa Mempercantik dan Menjaga Kelembapan Kulit

Tips Memilih Produk Hyaluronic Acid

Tips Memilih Skincare dengan Bahan Hyaluronic Acid

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memutuskan untuk menggunakan hyaluronic acid, Moms perlu lebih teliti dalam membaca label skincare. Sebaiknya, belilah produk perawatan wajah dengan memerhatikan kadar hyaluronic acid yang tertera pada kemasan agar Moms bisa mendapatkan efek melembapkan yang maksimal.

Sebagai aturan praktis, "Hyaluronic acid dengan berat molekul tinggi akan menghidrasi permukaan dan lapisan atas kulit. Ini akan menjaga kelembapan, mencegah dehidrasi, dan membuat kulit terlihat lebih sehat," ujar Terry de Gunzburg, pendiri ByTerry.

"Sementara hyaluronic acid dengan berat molekul sedang bekerja di epidermis (tiga lapisan teratas kulit). Artinya, senyawa asam ini mampu mengisi, mengencangkan dan menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, serta kerutan," kata Terry yang dilansir dari Glamour.

Baca Juga: Mengenal Alkohol Denat pada Skincare, Amankah?

Sedangkan hyaluronic acid dengan berat molekul rendah memiliki efek yang lebih dalam. "Ini sangat menghidrasi lapisan bawah kulit, menghidupkan kembali produksi kolagen, mengencangkan, dan meningkatkan elastisitas kulit," jelas Terry.

Itulah informasi seputar kandungan hyaluronic acid dalam produk perawatan wajah yang dapat Moms gunakan untuk melembapkan kulit. Semoga dapat bermanfaat bagi Moms dalam memilih skincare, ya.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583886/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3970829/
  • https://www.allure.com/story/what-is-hyaluronic-acid-skin-care
  • https://cosmeticsinfo.org/ingredient/hyaluronic-acid#:~:targetText=Hyaluronic%20Acid%2C%20Sodium%20Hyaluronate%20and,cosmetics%20and%20personal%20care%20products.&targetText=Hyaluronic%20Acid%20has%20a%20number%20of%20approved%20medical%20uses
  • https://www.glamourmagazine.co.uk/gallery/hyaluronic-acid-serum-benefits
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait