Kehamilan

21 Maret 2020

Ibu Hamil Makan Rambutan, Bolehkah?

Rambutan ternyata memiliki ragam manfaat yang bisa diambil oleh ibu selama masa kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, manfaat sehat dari buah-buahan seperti apel, pisang, anggur, mangga hingga pepaya selama kehamilan diketahui oleh semua orang.

Tapi, bagaimana dengan rambutan? Ya, buah yang memiliki nama serta penampilannya yang unik ini jarang terdengar sebagai konsumsi ibu hamil.

BMC Public Health mengungkapkan rambutan memiliki kandungan yang tinggi lemak dan kalori dan dapat membantu ibu hamil memenuhi persyaratan kalori harian.

Rambutan sendiri merupakan buah eksotis asli Asia Tenggara yang memiliki nama botani yaitu Nephelium Lappaceum.

Baca Juga: Ibu Hamil Suka Makan Rambutan, Apakah Aman?

Ibu Hamil Makan Rambutan

Beberapa orang beranggapan ibu hamil tidak disarankan untuk makan rambutan karena buahnya dipercaya dapat menyebabkan keguguran pada minggu-minggu awal karena panas yang dihasilkan.

Bahkan, menurut Journal of Ethics Foods, rambutan juga diyakini akan menghalangi jalan lahir dan mempersulit persalinan. Namun, hal ini tidak cukup bukti ilmiahnya.

Lalu, amankah makan rambutan ketika hamil? Ya, Moms aman makan rambutan ketika hamil . Lantaran, buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan dan tidak memiliki efek samping.

Berdasarkan, artikel keluaran Purdue University, rambutan mengandung 68 kkal dan jumlah kecil kalium (140 mg), kalsium (15 mg), magnesium (10 mg), natrium (2 mg) dan besi (0,1 -2,5 mg).

Daging yang bisa dimakan mengandung sekitar 2,8 g serat makanan per 100 g buah. Ini memiliki sekitar 70 mg vitamin C yang membantu dalam menyerap zat besi.

Baca Juga:Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Namun, rambutan yang terlalu matang bisa memiliki jejak alkohol dan bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Rambutan yang terlalu matang juga mengandung kadar gula yang tinggi dan bisa terbukti merugikan ibu hamil dengan diabetes gestasional.

Manfaat Rambutan bagi Ibu Hamil

Rambutan umumnya aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain aman dikonsumsi, rambutan pun memiliki beragam manfaat ibu hamil makan rambutan lho Moms.

Apa saja manfaat rambutan bagi ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Mual dan Pusing

ibu hamil pusing

Foto: Orami Photo Stock

Bagi beberapa wanita yang mengalami mual dan pusing sepanjang trimester, rasa manis dari Rambutan dapat mengurangi keadaan tersebut

2. Kaya Zat Besi

Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Moms, rambutan merupakan yang bagus untuk menjaga kadar hemoglobin bagi ibu hamil karena kaya akan zat besi bahkan mampu membantu mengurangi kelelahan selama masa kehamilan.

3. Memerangi Penyakit Umum

hero flu ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tak jarang, ibu hamil kerap terkena beberapa penyakit umum seperti sembelit, diare, pilek, flu, sakit kepala hingga demam.

Kandungan fosfor serta vitamin C pada rambut mampu mengurangi Moms terkena keluhan penyakit-penyakit tersebut.

4. Sumber Vitamin E

artikel hero ibu hamil makan rambutan

Rambutan diyakini mampu mengurangi stretch mark bagi ibu hamil terutama setelah melahiran. Kandungan vitamin E dalam rambutan membantu mencegah penuaan dini seperti jerawat, serta kulit yang gatal selama kehamilan.

5. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Ilustrasi

Rambutan meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengendalikan tekanan darah. Ini membantu mengurangi pembengkakan tangan dan kaki selama kehamilan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah kesehatan daripada memberikan obat-obatan.

Baca Juga:Pentingnya Mencuci Sayur dan Buah

Nah, itulah manfaat yang didapatkan saat ibu hamil mengonsumsi rambutan. Rambutan yang buahnya berair serta lezat ini bisa memuaskan hasrat Moms ketika tengah mengidam makanan manis selama masa kehamilan.

Jika belum pernah memakan rambutan saat hamil maka tidak ada salahnya untuk memulai. Tak lupa tanyakan kepada dokter kandungan untuk memasukkan rambutan ke dalam program makanan selama kehamilan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait