Kesehatan

KESEHATAN
13 April 2020

Ibu Hamil Mandi Malam, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Boleh saja mandi malam, hanya saja ada tapinya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Ibu hamil mandi malam? Hmm.... berisiko tidak, ya?

Saat sedang hamil, terkadang orang tua sering melarang banyak hal untuk keselamatan ibu dan janin. Salah satunya adalah larangan mandi malam sebelum tidur.

Hal untuk Diperhatikan Jika Ibu Hamil Mandi Malam

Lalu, bolehkah ibu hamil mandi malam? Dilansir dari dari National Sleep Foundation, mandi air hangat atau mandi sebelum tidur dapat membuat ibu hamil rileks dan membantu ketika kontraksi dimulai.

Namun, perlu diperhatikan pula beberapa hal agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk.

1. Tidak Larut Malam

Moms, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Bolehkah ibu hamil mandi malam? Boleh, namun tidak larut malam pula. Moms, perlu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas mandi malam yang akan membuat efek rileks.

Hindari mandi malam yang dilakukan saat Moms terjaga di tengah malam dan merasa kegerahan. Mandi pada malam hari memicu tubuh rentan akan masuk angin dan sakit.

Perubahan suhu tubuh setelah mandi pun jangan sampai berubah terlalu drastis. Usahakan mengenakan pakaian yang dapat menjaga suhu tubuh.

2. Suhu Air

Moms, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam 2.jpg

Foto: https://timesofindia.indiatimes.com/

Dilansir dari HealthHub, mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tidur malam lebih baik. Penjelasan ini tentu menjawab pertanyaan seputar bolehkah ibu hamil mandi malam.

Moms tentu saja boleh melakukan aktivitas mandi malam, namun harus memerhatikan suhu air. Meskipun terasa gerah, air dingin yang menyegarkan saat malam hari tidak baik bagi tubuh.

Saat refleks tubuh yang terkena air dingin dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memanaskan suhu tubuh, namun jika tak kuat Moms akan mengalami masuk angin. Begitu pula dengan suhu yang terlalu panas. Jika tak kuat, Moms akan sakit.

Suhu air dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar. Mandi malam dengan air hangat sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Bagi ibu hamil sendiri, mandi malam dengan air hangat dapat menghilangkan gerah pada malam hari, tubuh menjadi lebih rileks, dan menghilangkan sedikit rasa nyeri.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh dari Universitas Texas di Austin, terdapat hubungan positif antara mandi, suhu air, dan kualitas tidur.

Mandi malam dengan suhu 40 hingga 43 derajat Celcius sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur yang baik.

3. Durasi Mandi

Moms, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam 3.jpg

Foto: https://webmd.com/

Bolehkah ibu hamil mandi malam? Selain suhu air dan waktu mandi, Moms boleh mandi malam, namun tidak terlalu lama.

Durasi mandi malam ini juga memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Usahakan pula jika ingin berendam tidak melewati 10 menit.

Pastikan suhu sesuai, karena jika terlalu panas akan menyebabkan pusing kepala dan tubuh melemah, juga tekanan darah yang menurun drastis.

4. Menjaga Suhu Tubuh

Moms, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam 4.jpg

Foto: https://mattressnerd.com/

Jika Moms khawatir dengan mandi malam, namun tetap merasa kepanasan pada malam hari, Moms dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk dengan menyalakan AC atau kipas dengan suhu yang tidak berlebihan.

Moms dapat memakai pakaian yang berbahan sejuk, atau agar lebih nyaman saat tidur, seprai yang dipakai pun jangan terbuat dari bahan yang dapat dengan mudah membuat suhu tubuh menjadi panas.

Mengonsumsi air putih, buah, dan sayur juga dapat membantu suhu tubuh agar tidak panas.

Jadi sudah tak ragu lagi untuk mandi malam karena mitos kan? Namun, Moms tetap harus memerhatikan waktu yang tepat, durasi, keadaan sekitar, serta suhu air yang digunakan ketika mandi malam.

Artikel Terkait