Keluarga

KELUARGA
22 April 2020

5 Ide Ngabuburit di Rumah yang Menarik dan Seru, Patut Dicoba dengan Si Kecil

Buat kegiatan menarik di rumah selama bulan puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Waktu terus berjalan hingga kini memasuki bulan Ramadan. Namun karena puasa tahun ini berbarengan dengan pandemi COVID-19, nampaknya Moms dan keluarga harus berada di rumah.

Sekilas mungkin terkesan bosan bila harus menghabiskan waktu di rumah, dan tidak banyak melakukan kegiatan. Tetapi, ada beberapa aktivitas ngabuburit seru bersama Si Kecil lho, Moms.

Ide Ngabuburit di Rumah yang Seru

Menteri Agama Fachrul Razi, dalam situs Kementerian Agama sudah mengeluarkan Surat Edaran, dan meminta seluruh umat Muslim di Indonesia menjalankan ibadah di rumah selama Ramadan, untuk memutus rantai penularan virus COVID-19 selama pandemi.

Yuk, cari tahu lebih lanjut untuk tahu kira-kira kegiatan ngabuburit seperti apa yang seru dan mudah dilakukan berikut ini.

Baca Juga: Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

1. Membuat Takjil Segar

ngabuburit di rumah-1

Foto: Orami Photo Stock

Agar anak bersemangat sembari menunggu waktu berbuka, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk membuat takjil segar dan sederhana.

Untuk menjamin higienitas bahannya, Moms terlebih dahulu bisa mengunjungi pasar atau toko swalayan, dan beli beberapa bahan yang dibutuhkan. Misalnya hendak membuat es timun suri, salad buah, atau thai tea yang manis.

Si Kecil mungkin justru akan keasyikan membuat takjil, hingga tak terasa waktu berbuka puasa pun telah tiba!

2. Membaca Buku Cerita Bergambar

ngabuburit di rumah-2

Foto: Orami Photo Stock

Jika usia anak masih kecil, maka kegiatan ngabuburit di rumah yang seru bisa dilakukan dengan membaca buku bergambar. Buku dongeng penuh warna dan gambar menggemaskan akan menarik perhatian Si Kecil.

Moms bisa membacakan buku cerita kepada anak terlebih dahulu, lalu bergantian dengan Si Kecil yang membacakannya. Ia pun bisa belajar membaca sekaligus menunggu berbuka puasa.

Baca Juga: Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa

3. Melakukan Perawatan Kulit dari Bahan Alami

ngabuburit di rumah-3.jpg

Foto: marthastewart.com

Manfaatkan waktu ngabuburit di rumah dengan melakukan perawatan kulit menggunakan bahan alami. Baik itu membuat masker wajah, masker rambut, atau pijat-memijat.

Misalnya, dengan membuat masker anak dari sayuran atau buah-buahan yang penuh nutrisi, atau berikan Si Kecil pijat refleksi menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau biji bunga matahari.

Dengan kegiatan ini, Si Kecil juga merasa lebih rileks, dan kegiatan ini juga cukup menghabiskan banyak waktu sembari menunggu berbuka puasa.

4. Mengajaknya Berkebun di Halaman Rumah

ngabuburit di rumah-4

Foto: Orami Photo Stock

Kegiatan berkebun sebagai ide aktivitas ngabuburit ini tidak hanya seru, tetapi juga bisa menjadi momen mengajari Si Kecil untuk disiplin dan mencintai lingkungan sejak dini.

Moms tidak harus memiliki halaman rumah, karena ada beberapa tanaman yang bisa dirawat di dalam ruangan tanpa membutuhkan banyak sinar matahari dan air.

Ketika waktu buka puasa telah tiba, jangan lupa ajak Si Kecil mencuci tangannya terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan buka puasa ya, Moms.

Baca Juga: Anti Mainstream, Ini 6 Menu Buka Puasa Tradisional Indonesia yang Perlu Dicoba!

5. Membaca Al-Quran atau Hafalan Surat Pendek

ngabuburit di rumah-4.jpg

Foto: academyofislam.com

Bulan Ramadan menjadi momen di mana umat Muslim mengamalkan ibadahnya kepada Allah SWT, termasuk melaksanakan ibadah sunnah seperti shalat Tarawih, atau juga mengaji.

Bagi Si Kecil yang sudah bisa membaca, Moms bisa mengajari Si Kecil mengaji atau membacakan surat-surat pendek sebagai ide ngabuburit di bulan puasa nanti.

Itu dia Moms, beberapa ide untuk bisa ngabuburit di rumah saat pandemi COVID-19 dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait