Kesehatan

KESEHATAN
13 September 2020

Ini 5 Cara Mengobati Panu yang Efektif

Yuk Moms kita intip pengobatan yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bercak putih pada tubuh atau badan yang terkadang disertai dengan rasa gatal? Bisa jadi itu adalah panu.

Panu atau yang juga dikenal dengan nama tinea versicolor merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Seperti yang sudah disebutkan, tanda panu adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal.

Perlu diketahui, warna panu tidak selalu bercak putih, namun bisa juga berwarna hitam, cokelat, atau merah, tergantung pada kulit masing-masing orang. Panu ini tidak menonjol dan rata seperti kulit biasa.

Baca Juga: Cara Membersihkan Pompa ASI yang Benar untuk Hindari Kuman dan Jamur

Meski tidak menimbulkan masalah serius, panu bisa sangat mengganggu penampilan, terutama jika letaknya dibagian tubuh yang terlihat seperti wajah, leher, atau tangan.

Cara Mengobati Panu

Dilansir dari jurnal Tiner Versicololor: Diagnosis and Treatment, cara mengobati panu tergantung dari jenis panu itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Apa saja? Pelajari caranya di bawah ini.

1. Obat Oles ke Kulit

mengobati panu

Foto: dconheels.com

Mengobati panu dengan obat oles merupakan perawatan yang paling sering dilakukan. Ada sampo anti-jamur, sabun, krim, dan lotion yang dapat menjaga jamur tidak menyebar.

Bahan aktif yang sering ditemukan dalam obat-obatan ini seperti selenium sulfida, ketoconazole, atau seng pyrithione. Dilansir dari jurnal Antifungal Treatment for Pityriasis Versicolor, jenis senyawa ini sama ampuhnya melawan jamur penyebab panu, sama seperti obat minum yang diresepkan dokter.

Baca Juga: Cara Merawat Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

Obat untuk mengobati panu ini diaplikasikan setiap hari satu atau dua kali sehari secara rutin, untuk cepat meringankan gejala.

2. Obat Pembersih

mengobati panu

Foto: travelandleisure.com

Panu seringkali kembali, terutama ketika seseorang tinggal di tempat dengan kondisi hangat dan lembab. Solusinya, harus menggunakan obat pembersih sekali atau dua kali dalam sebulan.

Hal ini dilakukan terutama selama periode kondisi hangat dan lembab masih terasa, untuk mencegah meningkatnya tingkat pertumbuhan ragi.

3. Pil Antijamur

mengobati panu

Foto: medicalnewstoday.com

Seorang dokter kulit dapat meresepkan pil ini jika panu yang tumbuh melingkupi area yang besar di tubuh, tebal, atau sering kambuh setelah dirawat. Pil-pil ini biasanya dikonsumsi dalam waktu singkat. Selama waktu ini, dokter kulit tentu akan memantau perkembangan kita.

Cara mengobati panu dengan obat minum ini memang efektif, namun seringnya dibarengi dengan efek samping yang serius.

Baca Juga: Waspada Tinea Captitis, Infeksi Jamur di Kulit Kepala Anak

Penggunaan obat minum antijamur untuk mengobati panu dianggap sebagai pengobatan lini kedua dan digunakan untuk infeksi panu yang berat atau parah.

Keuntungan dari perawatan topikal adalah mereka bertindak lebih cepat dan dapat ditoleransi dengan baik. Ada sedikit risiko efek samping dan interaksi obat yang terbatas.

Beberapa penggunaan obat topikal mungkin terasa tidak nyaman, terutama dalam kasus di mana panu menutupi area tubuh yang besar. Dalam kasus ini, obat minum antijamur mungkin lebih disukai bagi banyak pasien dan perawatan singkat dapat membantu memediasi beberapa risiko yang terkait dengan obat-obatan ini.

4. Menggunakan Tea Tree Oil

cara mengobati panu

Foto: Orami Photo Stock

Obat rumahan yang sangat efektif untuk mengobati panu, tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki kualitas anti jamur pada intinya. Penyebaran dan infeksi jamur lebih lanjut akan dicegah dengan aplikasi minyak pohon teh, dan kemungkinan kekambuhan akan berkurang jika penggunaan dilanjutkan.

Sebagai bonus, menggunakan jenis minyak ini untuk mengatasi kondisi panu juga dapat mengurangi rasa gatal secara signifikan. Cara terbaik untuk menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati panu adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam campuran dengan 1 sendok makan baik minyak zaitun extra virgin atau bahkan minyak kelapa.

Gunakan cotton bud atau bola kapas untuk mengoleskan minyak, pijat dengan lembut di area yang terkena. Setelah minyak mengering, minyak dapat dibilas dengan hangat dan dikeringkan dengan handuk tangan.

5. Oleskan Minyak Kelapa

cara mengobati panu

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya sangat efektif dalam pengobatan topikal panu, minyak kelapa yang serbaguna juga efektif untuk mengatasi hampir semua jenis infeksi jamur.

Komposisi minyak kelapa, yang mencakup asam lemak yang disusun dalam rantai sedang, memungkinkannya bekerja sebagai fungisida alami, yang Moms cari dengan pengobatan rumahan, sesuatu yang alami. Ada dua cara minyak kelapa dapat digunakan secara efektif melawan infeksi jamur ini.

Salah satu metode mengharuskan minyak disebarkan secara merata ke seluruh area yang terkena, sebelum membiarkannya mengering sendiri. Pilihan kedua adalah mencampur minyak kelapa dengan beberapa tetes minyak kayu manis sebelum diaplikasikan. Biarkan 15 hingga 20 menit sebelum mencuci minyak dan menepuk-nepuk area yang dioleskan hingga kering.

Nah, itu dia Moms cara mengobati panu yang bisa dilakukan. Semoga cepat sembuh ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait