Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
13 April 2019

Ini 7 Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala

Kenali pemicunya agar Moms bisa menghindarinya.
Ini 7 Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala


Sakit kepala bisa dipicu oleh banyak hal. Selain tekanan stres karena pekerjaan dan masalah yang menumpuk, serta serangan panas terik matahari, sakit kepala juga bisa dipicu oleh beberapa jenis makanan tertentu.

Makanan tertentu, seperti alkohol, cokelat, dan kafein, telah diidentifikasi sebagai pemicu sakit kepala jenis migrain "Beberapa makanan tertentu memicu migrain atau jenis sakit kepala lainnya," kata Noah Rosen, MD, direktur Headache Institute di North Shore – LIJ Health System di Great Neck, New York.

Namun, banyak juga jenis makanan lainnya yang dapat memicu sakit kepala pada orang-orang tertentu.

Baca Juga : 7 Obat Sakit Kepala Dari Bahan Alami

National Headache Foundation membuat daftar makanan-makanan yang dapat memicu migrain atau sakit kepala. Ini dia seperti dilansir dari everydayhealth.com dan my.clevelandclinic.org.

1. Cokelat

Foto: Pixabay

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di International Headache Society menunjukkan bahwa kakao sebenarnya dapat melindungi sel-sel saraf yang menyebabkan sakit kepala migrain.

Tetapi 22 persen penderita sakit kepala mengidentifikasi cokelat dalam daftar makanan yang memicu migrain atau sakit kepala.

"Cokelat mungkin menjadi kambing hitam sebagai pemicu migrain," kata Dr. Rosen.

"Banyak orang dengan migrain mengalami peningkatan nafsu makan dan mengidam makanan tertentu sebelum mengalami sakit, salah satunya cokelat. Jadi, diperkirakan, cokelat sebenarnya merupakan efek dari migrain, bukan penyebabnya," katanya.

2. Anggur Merah dan Minuman Beralkohol

Foto: Pixabay

Sulfit, yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah, termasuk dalam daftar makanan yang memicu migrain.

Alkohol dalam minuman apa pun menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak dan dapat menyebabkan dehidrasi, yang keduanya bisa menjadi pemicu sakit kepala.

"Orang dengan migrain cenderung mengalami mabuk yang lebih buruk," catat Robert Daroff, MD, profesor neurologi dari Case Western Reserve School of Medicine di Cleveland, sekaligus mantan presiden American Headache Society.

"Alkohol juga akan memicu sakit kepala pada seseorang yang mengalami sakit kepala cluster," ujarnya.

3. Kopi

Foto: Pixabay

"Jika Anda tidur di akhir pekan dan bangun dengan sakit kepala, Anda mungkin mengalami sakit kepala karena kafein," kata Dr. Daroff.

Sedikit kafein sebenarnya dapat membantu menghilangkan sakit kepala migrain, dan kafein mungkin termasuk dalam beberapa obat migrain. Tetapi terlalu banyak kafein bisa menjadi pemicu sakit kepala.

4. Keju

Foto: Pixabay

"Tidak ada banyak penelitian tentang keju sebagai pemicu migrain, tetapi secara umum disepakati bahwa keju tua lebih cenderung menyebabkan sakit kepala," jelas Dr. Rosen.

Pemicunya mungkin suatu zat yang disebut tyramine, sejenis protein dalam keju. Semakin tua usia keju, semakin banyak kadar tyramine yang dimilikinya. Contoh keju yang memicu sakit kepala termasuk keju biru, keju Swiss, cheddar, Gouda, dan Parmesan.

Baca Juga : Membedakan Macam-Macam Sakit Kepala dan Gejalanya

5. Makanan yang Mengandung MSG

Foto: Pixabay

Monosodium glutamat (MSG), yang ditemukan dalam kecap dan sebagai makanan tambahan dalam banyak makanan lain, diketahui dapat menyebabkan kram, diare, dan sakit kepala pada 10 hingga 15 persen orang yang menderita sakit kepala migrain.

6. Es Krim dan Minuman Dingin

Foto: Pixabay

Sakit kepala yang menusuk setelah makan es krim adalah reaksi terhadap dingin, bukan reaksi terhadap es krim itu sendiri.

Sakit kepala karena es krim lebih mungkin terjadi ketika seseorang sedang kepanasan. Nyeri memuncak dalam sekitar 30 hingga 60 detik.

"Makanan dingin, seperti es krim, mungkin menjadi pemicu migrain bagi orang yang menderita migrain, tetapi bagi kebanyakan orang, rasa sakitnya hilang dengan cepat. Solusinya adalah makanlah es krim atau minuman dingin Anda lebih lambat," saran Daroff.

7. Daging Olahan

Foto: Pixabay

Nitrit yang digunakan sebagai pengawet pada hot dog, bacon, dan ham dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala setelah mengonsumsinya.

Makanan yang memicu migrain atau sakit kepala mungkin berbeda-beda antar setiap orang.

Saran terbaik adalah cobalah menulis buku harian makanan untuk menelusuri makanan apa saja yang menjadi pemicu sakit kepala, kemudian hindari atau batasi mengonsumsinya, serta jangan pernah melewatkan waktu makan.

(VAN/CAR)