Scroll untuk melanjutkan membaca

3-5 TAHUN
11 Februari 2022

Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia pada Anak yuk, Moms!

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, ternyata insomnia juga terjadi pada anak, lho Moms!
Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia pada Anak yuk, Moms!

Insomnia adalah sebuah kondisi seseorang ketika kesulitan tidur pada malam hari. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, ternyata insomnia pada anak juga kerap terjadi.

Namun tidak seperti orang dewasa pada umumnya yang mengalami insomnia karena dilanda stres.

Anak-anak, khususnya balita, mengalami insomnia karena mereka menolak untuk tidur atau yang biasa dikenal dengan istilah behavioral insomnia.

Mengutip dari National Center for Biotechnology Information, behavioral insomnia merupakan perilaku sangat lazim dan mempengaruhi sekitar 25% anak-anak.

Baca Juga: Mengapa Anak Sering Mengigau Saat Tidur? Cari Tahu Jawabannya Berikut Ini!

Jika diartikan behavioral insomnia adalah kesulitan memulai dan mempertahankan tidur ketika terbangun sehingga mengakibatkan tidur yang tidak memadai.

Insomnia pada anak tidak hanya menghambat kegiatan Si Kecil sepanjang hari, tetapi juga mengganggu kegiatan dan produktivitas orang tua.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai insomnia pada anak, Moms bisa simak informasinya di sini!

Jenis Insomnia pada Anak

anak sulit tidur, jangan jangan terkena cacingan hero

Foto: anak sulit tidur, jangan jangan terkena cacingan hero

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya terdiri dari satu jenis, ternyata perilaku insomnia pada anak terbagi ke dalam beberapa jenis gangguan.

Misalnya kebiasaan Si Kecil yang tak bisa terlelap lagi pada malam hari atau ketakutan Si Kecil yang membuatnya tak bisa terlelap di malam hari.

Selain itu, insomnia pada anak juga terbagi ke dalam jenis durasi terjadinya, seperti insomnia jangka pendek dan jangka panjang.

Berikut ini penjelasannya!

1. Sleep-Onset-Association Insomnia

Cenderung terlihat pada anak-anak di bawah 5 dan biasanya melibatkan gangguan tidur insomnia pada malam hari.

Kebiasaan ini berasal dari Si Kecil yang tidak bisa kembali terlelap ketika terbangun di malam hari.

Misalnya anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun yang secara alami kerap bangun di malam hari.

2. Limit-Setting Insomnia

Masalah kesulitan tidur yang kedua ini kerap terjadi pada sebagian besar pada anak-anak di atas 5 tahun.

Anak dengan masalah ini biasanya memiliki banyak alasan ketika ia tidak dapat tidur atau terbangun.

Saat Moms atau Dads menenangkannya, ia justru membahas ketakutannya sehingga ia tidak segera tidur.

3. Insomnia Jangka Pendek

Insomnia jenis ini umumnya terjadi hanya beberapa hari hingga berminggu-minggu.

Insomnia ini disebabkan oleh faktor-faktor yang biasanya akan dengan mudah berlalu seperti penyakit atau obat jangka pendek yang diminum anak.

4. Insomnia Jangka Panjang

Sesuai dengan namanya, jenis ini dapat terjadi 3 kali seminggu selama sebulan atau lebih.

Biasanya disebabkan oleh faktor-faktor yang lebih kompleks seperti:

Bahkan, terkadang bisa terjadi karena tidak ada alasan yang jelas sama sekali.

Baca Juga: Anak Jatuh dari Tempat Tidur? Lakukan 9 Pertolongan Pertama Ini

Penyebab Insomnia pada Balita

anak-susah-tidur.jpg

Foto: anak-susah-tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Supaya menghindari dampak buruk terjadi pada Si Kecil, ketahuilah pemicu insomnia pada anak berikut ini.

Mungkin salah satu dari penyebab ini sedang terjadi pada Si Kecil, lho Moms!

1. Tidak Memiliki Jam Tidur Tetap

Dilansir dari Sleep Education, penyebab insomnia pada anak umunya terjadi karena mereka tidak tidur tepat waktu.

Selain itu, insomnia pada anak juga bisa terjadi karena orang tua tidak pernah menidurkan anak mereka di jam yang sama setiap harinya.

Jadi Moms disarankan untuk mencoba mengatur waktu tidur Si Kecil sehingga mereka memiliki rutinitas tidur teratur agar terhindar dari insomnia.

Jika ia menolak tidur atau masih tidak mau tertidur di jam yang sudah ditentukan, cobalah untuk membuat mereka rileks dengan cara memadamkan lampu atau membacakan dongeng.

2. Stres

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa stres lho Moms! Si Kecil juga bisa merasakan stres.

Cobalah cari tahu pemicu stres yang dialami oleh anak. Misalnya saja, masalah dengan teman, pindah ke lingkungan baru, masuk ke sekolah pertama kali, atau gangguan lainnya.

Stres berlebih dapat menyebabkan kecemasan di malam hari dan membuat anak menjadi sulit tidur.

Baca Juga: 8 Manfaat Anak Tidur Sendiri untuk Si Kecil dan Orang Tua

3. Obesitas

Ternyata jika Si Kecil kelebihan berat badan dapat memengaruhi pola tidurnya, lho Moms!

Kelebihan berat badan membuat beban yang dapat menghambat jalan napas, sehingga memungkinkan Si Kecil mengalami sleep apnea.

Hal itu terjadi karena ada lebih sedikit udara yang dapat dilalui, sehingga mereka akan kesulitan bernapas dan tidur nyenyak.

4. Memiliki Penyakit yang Mengganggu Tidur

Penyebab dari insomnia pada anak adalah adanya riwayat penyakit yang dapat menganggu pola tidur Si Kecil.

Tak hanya riwayat penyakit saja beberapa gangguan kesehatan juga bisa menganggunya.

Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang dianggap dapat menganggu tidur Si Kecil adalah:

  • Asma
  • Hidung tersumbat
  • Alergi kulit seperti eksim
  • Mulas
  • Kraam otot

Selain itu, kondisi kejiwaan seperti gangguan bipolar dan depresi juga dapat menyebabkan masalah tidur pada balita.

5. Kondisi Lingkungan

Kenyamanan kamar tidur menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

Pasalnya suasana kamar tidur yang kurang nyaman dapat memengaruhi kemampuan Si Kecil untuk tidur nyenyak.

Hal-hal seperti kamar yang panas, kebisingan, kondisi cahaya, kasur yang keras dan faktor lingkungan lainnya dapat memicu susah tidur.

Moms harus mengecek berbagai faktor ini ketika menemukan Si Kecil sulit tidur.

6. Obat-obatan

Insomnia pada anak juga dapat menjadi efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu seperti:

7. Faktor Lain

Mengonsumsi minuman bersoda dan minuman kaya kafein seperti teh dan kopi juga bisa menyebabkan insomnia pada anak.

Selain itu, bermain gadget sebelum waktu tidur juga dapat membuat mereka jadi kesulitan tidur.

Pastikan anak Moms tidak meminum minuman berkafein dan bermain gadget sebelum tidur ya!

Baca Juga: 10+ Penyebab Susah Tidur, Salah Satunya Pola Makan

Cara Mengatasi Insomnia pada Anak

insomnia-in-children-500w.jpg

Foto: insomnia-in-children-500w.jpg

Foto: Sleeping Aid Guide

Behavioral insomnia mungkin dapat terjadi pada Si Kecil di rumah. Namun sebagai orang tua, Moms pasti tidak ingin membiarkan kebiasaan ini terjadi secara terus-menerus.

Dengan begitu Moms perlu mengetahui beberapa cara mengatasi insomnia pada anak, seperti berikut ini:

1. Berhenti Menemani Anak di Kamar

Cara pertama untuk mengatasi insomnia pada anak adalah dengan meninggalkan kebiasaan menemani Si Kecil tertidur di kamarnya.

Dengan melakukan ini, Moms dapat mengajarkan kepada Si Kecil untuk menemukan sumber kenyamanan yang dapat membuatnya tidur sendiri.

Ketika sudah menemukannya, Si Kecil akan belajar menidurkan dirinya sendiri karena ia akan menemukan ritual tidur yang paling nyaman.

2. Melatih Anak untuk Menciptakan Ritual Tidur Baru

Ritual tidur baru anak sebaiknya tidak melibatkan orang tua, seperti:

  • Menggosok gigi
  • Membaca doa sebelum tidur
  • Membaca buku sendiri
  • Memeluk boneka kesayangan

Dengan membiasakan Si Kecil menerapkan ritual sebelum tidur ini dapat membuat dirinya menemukan kenyamanan sebelum tidur dan membuat tidurnya terasa lebih nyenyak.

3. Membuat Jadwal Tidur

Langkah selanjutnya yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi insomnia pada anak adalah dengan membuat jadwal tidur Si Kecil.

Adanya jadwal tidur yang harus dipatuhi setiap harinya, membuat Si Kecil akan terbiasa dengan waktu tidur dan tidak akan mengalami kesulitan tidur.

Hal ini dikarenakan tubuh Si Kecil telah terbiasa untuk pergi tidur sesuai dengan jadwal tidurnya.

4. Tidak Bermain Gadget Menjelang Waktu Tidur

Gadget akan membuat Si Kecil keasyikan sehingga mencegahnya untuk tidur. Ini yang kemudian akan membuat ia mengalami insomnia.

Sehingga Moms wajib menghindari atau memastikan bahwa Si Kecil tidak bermain gadget menjelang waktunya tidur.

Baca Juga: 7 Penyebab Insomnia Pada Balita

Jadi, itulah informasi mengenai insomnia pada anak yang bisa Moms pahami. Pastikan bahwa Si Kecil memiliki jam tidur yang cukup, ya Moms.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3218792/
  • https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/sleep/issues/solutions-for-kids-sleep-problems/
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12119-insomnia
  • https://sleepeducation.org/sleep-disorders/child-insomnia/