Orami Magazine

ORAMI MAGAZINE
NaN undefined NaN

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah

Hal Sepele Seperti Mainan Anak Bisa Jadi Sumber Racun. Kok Bisa?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menjaga kesehatan seuruh anggota kelurga bisa dimulai dari dalam rumah. Mulai dari menjaga pola makan, olah raga, rutinitas istirahat, dan lain sebagainya. Namun, apakah itu cukup? Sepertinya Moms melewati beberapa hal penting yang selalu luput dari perhatian. Apa itu?

Itu adalah zat kimia beracun. Malah lebih banyak yang tak kasat mata. “Zat ini masuk ke tubuh kita. Setiap tahun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menguji sampel ASI, darah, dan urin. Hasilnya, 200 hingga 300 bahan kimia sintetik ditemukan pada setiap orang,” kata Philip J. Landrigan, MD, direktur Global Public Program Kesehatan di Boston College.

Hal tersebut diperkuat oeh keterangan dari Jennifer Lowry, MD, ahli toksikologi di Children's Mercy Hospital, di Kansas City, Missouri. “Ketika Anda duduk di ruang tamu, Anda tidak hanya menghirup zat kimia yang menempel dari sofa Anda, atau debu dari cat timbal tua, atau bahan kimia lain dari sepatu Anda. Anda terpapar kombinasi dari semua itu," ujarnya.

Zat kimia tersebut tentu berbahaya jika terus mengendap dalam tubuh. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan di rumah untuk menghindari zat kimia beracun. Caranya mudah dan bisa lansung dipraktekkan saat ini juga.

  1. Biarkan Udara Masuk

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah -1.jpg

Pict: Cleanairsolutionshamilton.ca

Jika lingkungan Anda memiliki kualitas udara yang baik, buka jendela untuk menetralisir polusi di dalam ruangan. Jika memungkinkan, beli perabotan rumah yang tidak menggunakan paraben, phthalate, oxybenzone, dan triclosan.

Debu di rumah jga sangat ungkin mengandung banyak bahan kimia. Jadi, Mom bisa menggunakan pel basah atau lap debu basah secara teratur. Bisa juga mengunakan kain mikrofiber basah untuk membersihkan debu. Jika memiiki karpet, penyedot debu akan menjadi jalan keluar untuk mengambil partikel yang lebih kecil.

2. Pilih Perabot dan Produk Pembersih

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah -2.jpg

Pict: Businessinsider.com

“Bahan kimia ini telah terbukti mengganggu sistem endokrin hewan,” kata dokter anak Lauren Zajac, M.D., yang juga asisten profesor kedokteran lingkungan dan kesehatan masyarakat di Sekolah Kedokteran Icahn di Gunung Sinai, di New York City.

Produk pembersih yang berlabel "bebas pewangi" biasanya memenuhi kriteria ini. Jika ingin yang beraroma, cari yang berlabel "bebas phthalate" dan "bebas paraben". Alternatif lainnya, Moms bisa membuat sendiri larutan pembersih dengan jumlah cuka dan air yang sama, ditambah sedikit lemon.

Jangan sekali-kali menaruh bubuk kecoak atau racun tikus di lantai rumah Anda. Jangan juga gunakan semprotan serangga pada furnitur atau kasur. Ini akan menyebabkan residunya menempel dan kemungkinan terhisap sangat besar.

3. Jangan Panaskan Plastik

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah -3.jpg

Pict: Foodnetwork.com

Cara menghindari kimia beracun selanjutnya adalah tidak memasukkan perabotan berbahan plasti ke dalam microwave. "Pemanasan melemahkan bahan plastik. Ini memungkinkan bahan kimia berbahaya untuk larut dan menguap," kata Alison Bernstein, Ph.D., asisten profesor di Departemen Ilmu Translasional & Kedokteran Molekuler di Michigan State University, di Lansing Timur.

Cara kerja mesin pencuci piring hampir sama dengan microwave, jadi plastik tidak diperkenankan. Untuk bagian-bagian dari botol atau peralatan pompa ASI yang membutuhkan sterilisasi, cuci dengan air panas yang bersabun daripada menggunakan microwave.

4. Merawat Mainan Anak

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah -4.jpg

Pict: Keepcalmgetorganized.co.au

Memiliki bayi atau balita akan membuat Anda harus sering membersihkan mainannya. Anda tidak tahu mainan tersebut sudah terpapar apa saja atau menempel apa saja. Oeh karena itu, membersihkannya lebih rutin akan lebih baik.

"Saya dulu sering membilas atau menyeka mainan anak saya ketika dia masih bayi karena menumpuk debu yang kemudian dia masukkan ke dalam mulutnya," tambah Dr Lauren.

Ini juga sama pentingnya dengan mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas.

5. Simpan Obat di Tempat Khusus

Intip 5 Cara Mudah Menghindari Zat Kimia Beracun Di Rumah -5.jpg

Pict: Istock.com

Simpan semua obat baik itu resep dan non-resep, di luar jangkauan anak-anak. Akan lebih baik jika disimpan di sebuah lemari yang terkunci. Bahkan barang-barang yang tampaknya tidak berbahaya, seperti obat kumur, bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Pastikan dompet dan tas yang dapat mengandung barang beracun (seperti obat) dijauhkan dari jangkauan anak-anak setiap saat.

Meski tidak dapat dihilangkan secara langsung, menghindari zat kimia beracun seminimal mungkin adalah suatu keharusan. Agar Moms dan keluarga tetap sehat dan tidak terpapar zat kimia beracun. (FAR)

Sumber:

https://www.parents.com/parenting/better-parenting/green/keep-your-family-safe-from-toxic-chemicals/

https://kidshealth.org/en/parents/safety-poisoning.html

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait