2-3 tahun

3 April 2019

Jangan Dipaksa, Ini 4 Tanda Balita Belum Siap Tidur Sendiri

Lebih baik tunggu sampai siap agar masa transisi berjalan lebih mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Walau merasa sudah saatnya balita tidur sendiri tanpa ditemani, Moms juga tetap perlu mempertimbangkan kesiapan buah hati sebelum mengambil keputusan.

Mengabaikan tanda balita belum siap tidur sendiri bukan hanya akan membuat masa transisi jadi sulit, tapi juga bisa menimbulkan masalah tidur.

Jadi meski Moms sudah tidak sabar ingin mendidik balita agar lebih mandiri dan menikmati tidur hanya berdua dengan Dads lagi, sebaiknya kenali dulu tanda balita belum siap tidur sendiri seperti berikut:

1. Usia Kurang dari 3 Tahun

Foto: parents.com

Balita berusia 2.5 tahun mungkin sudah terlihat berani dan mulai melakukan segala sesuatu sendiri, tapi sebenarnya belum memiliki kemampuan motorik yang cukup untuk naik dan turun sendiri dari tempat tidur berukuran besar.

Selain itu, balita berusia di bawah 3 tahun yang sebelumnya terbiasa tidur dengan orang tua juga belum memiliki kapasitas mental yang cukup untuk memahami instruksi ‘Diam di kamar dan tidur sendiri ya, Nak.”

Menurut The National Sleep Foundation, ada baiknya Moms menunggu beberapa bulan sebelum mulai membiasakan balita tidur sendiri agar masa transisi lebih mudah.

Baca juga: Yuk Kenali 4 Tanda Suami Sudah Siap Punya Anak

2. Ada Gangguan Tidur

Foto: reviewgeek.com

Moms, apa Si kecil mengalami gangguan tidur seperti sering terbangun di tengah malam, apnea tidur, night terror, atau sulit terlelap?

Kalau iya, sebaiknya atasi dulu gangguan tidur yang ada dengan menjalankan rutinitas tidur yang baik agar Si kecil bisa lebih cepat terlelap dan tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Memaksa balita tidur di kamar sendiri sebelum masalah tidurnya hilang atau teratasi malah akan memperparah kondisinya lho, Moms

3. Masih Nyaman Tidur di Tempatnya Tidur Sekarang

Foto: babyboxlab.com

Balita yang terlihat masih nyaman tidur sendiri di box bayinya meski masih sekamar dengan Moms sebaiknya juga tidak dipaksa untuk mulai tidur sendiri.

Namun, Moms bisa secara bertahap mengakrabkannya dengan tempat tidur baru di kamar yang terpisah.

Misalnya saja dengan menjadikannya tempat untuk membaca cerita sebelum tidur atau mendorongnya untuk tidur siang di sana.

Baca Juga: 4 Tips Menghadapi Balita Yang Suka Membantah

4. Sedang Melalui Masa Sulit

Foto: babycenter.com

Pindah ke rumah baru, potty training, menghadapi perceraian orang tua, atau kehilangan binatang peliharaan bisa menjadi masa sulit bagi balita lho, Moms.

Menurut Andrew Bernstein dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, masa sulit perlu Moms lihat sebagai tanda balita belum siap tidur sendiri, karena bila dipaksakan bisa membuat balita mengalami regresi.

Sebaiknya tunda membiasakan balita tidur sendiri sampai suasana kembali tenang dan Si kecil bisa menjalankan rutinitas harian dengan baik.

Sebenarnya tidak apa membiarkan balita tidur sekamar dengan Moms sampai dia usia 4 tahun atau setidaknya sebelum masuk sekolah dasar.

Saat sudah siap, Si kecil juga pasti akan meminta untuk tidur sendiri seperti anak besar kok, Moms.

Baca Juga: Ups, 4 Kesalahan Saat Menghadapi Picky Eater Ini Harus Moms Hindari

Apa Moms setuju kalau orang tua tidak perlu terburu-buru membiasakan balita tidur sendiri?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait