Home & Living

9 September 2021

8 Jenis dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alam, Yuk Tengok!

Ada apa saja ya Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kerajinan bahan lunak alam merupakan produk kerajinan yang dibuat dari bahan yang bersifat lunak yaitu lentur, lembut, empuk dan mudah diberntuk.

Biasanya perlu keahlian khusus untuk membuat perabot atau barang dari bahan-bahan ini.

Apa Itu Kerajinan Bahan Lunak?

Pengertian kerajinan bahan lunak alam

Foto: Orami Photo Stock

Bahan lunak terdiri dari dua, bahan lunak alami dan buatan. Keduanya dapat dibentuk menjadi berbagai jenis kerajinan bahan lunak alam dan buatan.

Baca juga: 9+ Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dibuat di Rumah, Bisa Jadi Cuan!

1. Bahan Lunak Alami

Sesuai dengan namanya, bahan lunak alami berasal dari alam seperti tanah liat, pasir dan serat alam seperti daun, bunga, kulit pohon serta kulit hewan.

Selain itu, untuk bahan lunak alami juga tidak memerlukan campuran bahan lain saat akan diolah menjadi sebuah produk.

2. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak bautan biasa berasal dari sesuatu yang dibuat oleh manusia. Misalnya, sabun, clay, lilin, bubur kertas, gips, fiberglas, spons dan bahan lainnya.

Lalu, apa saja sih kerajinan bahan alam dan buatan yang bisa produk menguntungkan? Simak artikel berikut ini yuk Moms.

Baca juga: Ragam Kerajinan Bahan Lunak Alam dan Buatan untuk Ajang Kreasi Si Kecil

Kerajinan Bahan Lunak Alam

Kerajinan bahan lunak alam biasanya terbuat dari bahan yang ada di dalam dan tidak memerlukan bahan tambahan untuk pengolahannya.

Berikut beberapa hasil kerajinan bahan lunak alam sesuai dengan bahan pembuatnya.

1. Tanah Liat

tanah liat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanah liat merupakan bahan alami yang paling banyak ditemui di pasaran. Biasanya jenis bahan ini akan diolah menjadi kerajinan bahan alam seperti vas bunga, guci, piring, tembikar dan pelengkap makanan lainnya.

2. Kulit

kerajinan bahan lunak dari kulit

Foto: Orami Photo Stock

Bahan alami yang sering diolah menjadi kerajinan bahan lunak seperti dompet, tas atau lainnya. Bahan baku kerajinan ini menggunakan kulit hewan yang sudak tersamak sehingga mudah dibentuk.

Warna dari kerajiinan bahan lunak alami ini ada beragam, mulai dari cokelat, putih, hitam atau krem sesuai dengan kulit hewan yang digunakan.

Jenis kulit yang digunakan berasal dari sapi, ular, harimat, bauta dan lainnya.

3. Rotan

kerajinan bahan lunak rotan

Foto: Orami Photo Stock

Rotan merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan bahan lunak alam. Karena lebih sulit untuk diolah, kerajinan dari bahan serat alam ini biasanya diolah menjadi berbagai jenis furnitur dengan harga yang fantastis lho Moms.

Serat rotan yang lebih tipis juga bisa diolah menjadi produk anyaman, seperti keranjang atau kandang ayam atau burung.

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Kerajinan Kayu, Buat Rumah Semakin Indah dan Estetik!

Kerajinan Bahan Lunak Alam Buatan

Selain menggunakan bahan alami, kerajinan bahan lunak alam juga bisa dibuat menggunakan bahan lain.

Kerajinan bahan lunak alam buatan biasanya menggunakan bahan baku yang diproses secara kimia sebelum menjadi sebuah produk jadi.

Moms juga harus mengeluarkan kocek lebih dalam saat akan mengolah bahan baku ini. Karena bahan lunak buatan cenderung lebih mahal dibandingnkan bahan alami.

Lalu, apa saja sih kerajinan bahan lunak alam buatan? Berikut penjelasannya Moms.

4. Gips

kerajinan bahan lunak Gips

Foto: Orami Photo Stock

Kerajinan bahan lunak alam buatan biasanya terbuat dari gips. Ini merupakan bahan mineral yang mengandung zat hidrat kalsium, karbonat, sulfat nitran dan lainnya.

Bahan baku ini biasanya berbentuk bubuk dan kemudian dicampur dengan air hingga menjadi adonan kental. Kemudian Moms dapat mengolahnya dengan teknik cor atau cetak hingga mengeras.

Gips memiliki tekstur yang mudah hancur, jadi Moms perlu berhati-hati saat akan mengolahnya. Jenis kerajinan yang dibuat menggunakan gips adalah patung hias, relief dinding, vas bunga, bingkai foto dan lainnya.

Ciri khas kerajinan bahan lunak yang terbuat dari gips adalah warnanya, yaitu putih. Karena jarang sekali pengrajin yang melakukan pewarnaan untuk kerajinan ini.

5. Sabun

kerajinan bahan lunak dari sabun

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk mandi, ternyata sabun juga bisa digunakan untuk bahan baku kerajinan tangan lho Moms. Jenis yang digunakan adalah sabun batangan karena teksturnya padat dan mudah diolah.

Ada beragam cara untuk mengolah sabun menjadi kerajinan, seperti dipahat atau dicampurkan dengan sagu dan juga air. Kemudian, Moms dapat membentuk sabun sesuai dengan keinginan.

6. Polimer Clay

polimer clay

Foto: Orami Photo Stock

Bahan lain yang bisa digunakan untuk membaut kerajinan bahan lunak adalah polimer clay. Ini merupakan tanah liat buatan dengan bahan dasar polymer polyvinyl chloride (PVC) dan dapat mengeras

Jurnal Environmental Health Perspectives menjelaskan PVC merupakan bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia juga tidak diolah dengan benar.

Namun, saat ini sudah banyak polimer clay yang diolah sesuai dengan standar kesehatan. Jadi, Moms tidak perlu khawatir saat akan membuat atau membeli produk kerajinan dari bahan ini.

Baca juga: 10 Ide Kerajinan Sabun, Bisa Jadi Peluang Usaha!

7. Parafin

parafin

Foto: Orami Photo Stock

Parafin merupakan bahan lunak yang berasal dari hasil olahan minyak bumi. Bentuk umunnya adalah lempengan, tetapi ada juga yang berbentuk butiran.

Jenis kerajinan yang diolah menggunakan bahan ini adalah lilin hias. Selain itu, parafin juga diolah menjadi lilin untuk pengobatan.

Pakistan Journal of Medical Science menjelaskan terapi persendian lebih efektif dengan cara mandi menggunakan lilin parafin. Jadi, selain untuk hiasan, parafin juga bisa digunakan untuk pengobatan ya Moms.

8. Bubur Kertas

bubur dari kertas

Foto: Orami Photo Stock

Kerajian bahan lunak alam juga bisa dibuat menggunakan kertas bekas lho Moms. Caranya juga mudah, hancurkan kertas yang sudah tidak terpakai kemudian campurkan dengan air, lem, tepung kaji serta bahan lain yang dibutruhkan.

Agar teksturnya tidak terlalu lembek, Moms sebaiknya mencampurkan tepung kanji, lem dan airnya dengan perbandingan yang sama ya. Karena jika adonan bubur kertas terlalu lembek akan sulit untuk dibentuk sesuai keinginan lho.

Setelah tekstur sudah sesuai, Moms dapat mengolahnya menjadi berbagai bentuk sesuai selera. Jangan lupa diberi warna agar lebih menarik ya.

Baca juga: 6 Kerajinan dari Daun Kering yang Mudah Dicoba di Rumah, Cantik!

Nah, itulah kerajinan bahan lunak alam yang bisa Moms coba buat di rumah. Semoga bermanfaat ya!

  • https://tasidola.com/profile-and-news/craft-of-hard-materials-you-should-know
  • https://kampungkb.bkkbn.go.id/postSlider/4023/92060
  • https://www.liveabout.com/the-five-types-of-crafts-193034
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait