Scroll untuk melanjutkan membaca

PROGRAM HAMIL
14 Oktober 2022

8 Jenis Olahraga untuk Program Hamil, Yuk Lakukan Rutin Bersama Pasangan!

Ada berenang, zumba, yoga, dan lainnya
8 Jenis Olahraga untuk Program Hamil, Yuk Lakukan Rutin Bersama Pasangan!

Kehamilan adalah proses yang melibatkan banyak faktor dalam diri seorang ibu, baik fisik maupun mental. Nah, sudahkah Moms melakukan olahraga untuk program hamil?

Tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan baik fisik dan mental, namun olahraga juga penting untuk Moms yang sedang menjalani program hamil.

Yuk, simak jenis olahraga untuk program hamil, dikutip dari penjelasan dr. David Mayndra Utama, Sp.OG. dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Baca Juga: Lebih Praktis, Ini 6 Manfaat Sepeda Statis bagi Kesehatan

Jenis Olahraga untuk Program Hamil

Setelah mengetahui kriteria olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil, berikut ini adalah jenis olahraga untuk program hamil bersama pasangan.

1. Jalan Sehat dan Joging

Joging

Foto: Joging (Freepik.com/pressfoto)

Jenis olahraga ini adalah jenis yang paling bagus, murah dan sederhana untuk dilakukan dan sangatlah baik dalam menjaga kebugaran tubuh selama program hamil.

Dengan menjaga irama olahraga yang teratur yaitu setidaknya 30 menit setiap hari, maka fisik dan stamina akan terjaga.

Sehingga tubuh bisa memproduksi kadar hormon reproduksi yang seimbang yang tentunya akan meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Pilates

Pilates merupakan latihan yang berfokus membangun fleksibilitas kekuatan dan ketahanan tubuh.

Pilates juga dapat membantu menguatkan bagian perut dan postur tubuh sebelum hamil.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kehamilan Moms nantinya. Ketahanan perut dan postur tubuh yang kuat mampu melindungi Moms dari keluhan sakit punggung saat hamil.

Pilates juga akan membantu mempercepat pemulihan pascamelahirkan di samping. Sementara, kekuatan otot panggul yang meningkat akan menambah kemampuan seksual.

Baca Juga: 3 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil

3. Berenang

Berenang merupakan salah satu latihan kardio yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal.

Jenis olahraga ini juga sangat baik untuk Moms yang sedang ikut program hamil.

Olahraga untuk program hamil ini cocok dilakukan jika Moms dan Dads memiliki masalah kesuburan yang dipengaruhi berat badan.

Berenang juga termasuk latihan kardio berintensitas sedang yang memang disarankan untuk Moms yang sedang mengupayakan kehamilan.

“Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, latihan kardio intensitas tinggi justru akan menguras tenaga yang membuat tubuh jadi terlalu stres dan menghambat proses pembuahan,” terang dr. David.

4. Zumba

Zumba

Foto: Zumba (Freepik.com/cookie-studio)

Zumba adalah tarian kebugaran dengan gerakan atraktif yang dapat meningkatkan produksi endorfin.

Ini adalah hormon di dalam tubuh yang meningkatkan rasa bahagia.

Dengan begitu, olahraga ini dapat membantu meringankan stres yang Moms rasakan. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu infertilitas.

Olahraga teratur juga memiliki manfaat lainnya, Moms, antara lain:

  • Menjaga berat badan kita tetap ideal.
  • Menjaga jantung kita tetap sehat.
  • Menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit.
  • Menjaga keseimbangan hormon kesuburan pada wanita.
  • Meningkatkan kualitas seksual pasangan.

Karena itu pilihan jenis olahraga untuk program hamil harus Moms sukai dan bisa dilakukan secara rutin bersama dengan pasangan.

“Alhasil, olahraga pun bisa menjadi bagian gaya hidup Moms dan pasangan,” tutup dr. David mengakhiri penjelasannya.

Jenis Olahraga untuk Program Hamil yang Mudah Dilakukan di Rumah

Jika Moms agak sulit untuk keluar rumah, Moms juga bisa melakukan olahraga di dalam rumah, lho. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan, Moms.

5. Olahraga Menggunakan Sepeda Statis

Bersepeda di dalam ruangan bisa menjadi olahraga yang baik untuk Moms yang sedang ikut program hamil.

Karena memungkinkan Moms mengayuh dengan langkah sendiri tanpa risiko terjatuh atau menekan sendi pergelangan kaki dan lutut.

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat bersepeda di dalam ruangan, yaitu:

  • Pastikan Moms tidak berolahraga berlebihan
  • Istirahatlah sebentar jika Moms merasa terlalu kelelahan pada saat mengayuh
  • Sesuaikan stang agar Moms bisa lebih tegak dan tidak condong ke depan
  • Tetap duduk selama mengayuh agar tidak terlalu tegang

Baca Juga: 4 Tips Perawatan Kecantikan Saat Menjalani Program Hamil

6. Menari

Menari juga merupakan olahraga untuk program hamil.

Menurut Ann Cowlin, pendiri dan direktur Dancing Thru Pregnancy (DTP), program kebugaran dan kesejahteraan yang berbasis di Connecticut, menari saat program hamil memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi, yaitu:

  • Bebas dari ketidaknyamanan terkait kehamilan
  • Meningkatkan stamina sebelum, selama, dan setelah persalinan
  • Mengurangi kebutuhan medis selama persalinan dan kelahiran
  • Pemendekan periode pemulihan postpartum

Menurut Global Journal of Health Science, berlatih menari saat hamil akan membantu Moms mengurangi intensitas rasa sakit selama fase persalinan.

7. Angkat Beban

Mengangkat beban adalah olahraga yang baik untuk program hamil karena dapat meningkatkan otot tubuh kita.

Cukup pilih beban yang ringan dan lakukan lebih banyak repetisi, misalnya 12–15 dalam satu set.

Menurut jurnal Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology, latihan penguatan otot intensitas rendah hingga sedang selama kehamilan efektif untuk meningkatkan energi dan menghilangkan lelah.

Gunakan bobot yang ringan dengan beberapa pengulangan. Dan jangan lupa untuk melakukan peregangan saat Moms selesai angkat beban, ya!

Selain itu, Moms juga bisa bertanya kepada dokter kandungan jika Moms perlu melakukan modifikasi.

8. Yoga

Yoga

Foto: Yoga (Freepik.com/partystock)

Yoga merupakan olahraga yang baik untuk Moms yangs sedang mengikuti program hamil.

Menggabungkan gerakan tubuh, fokus mental dan pengaturan pernapasan memiliki manfaat bagi Moms yang ingin menjalani program hamil, antara lain:

  • Meningkatkan kekuatan.
  • Meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.
  • Meningkatkan kesehatan Moms secara keseluruhan.
  • Mengurangi stres yang memengaruhi kesuburan.

“Di samping mengurangi stres, pose-pose dalam Yoga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul dimana organ reproduksi wanita berada,” jelas dr. David.

Baca Juga: 7 Manfaat Joging, Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Kualitas Hidup, Juga Bikin Umur Panjang!

Jika Moms sedang program hamil dan ingin mengecek tanggal ovulasi agar peluang kehamilannya tinggi, yuk cari tahu dengan Kalkulator Masa Subur di Orami App.

Tips Melakukan Olahraga untuk Program Hamil

Pasangan Olahraga Bersama

Foto: Pasangan Olahraga Bersama (Freepik.com/javi-indy)

Setelah tahu jenis-jenis olahraga untuk program hamil, ada baiknya Moms tahu juga hal apa saja yang harus diperhatikan. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Dilakukan secara Rutin

Sebaik apapun jenis olahraga yang kita lakukan, tidak akan membawa manfaat yang berarti apabila kita tidak melakukannya secara rutin.

“Olahraga harus dilakukan secara rutin dan menjadi bagian dari lifestyle kita agar dapat membawa manfaat yang benar-benar maksimal,” kata dr. David.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung, Ibu Hamil Wajib Pahami Dulu 5 Hal Ini

2. Tidak Dilakukan Berlebihan

Meskipun olahraga membawa kebaikan, tapi melakukan olahraga yang terlalu keras dan berlebihan justru akan membuat tubuh kelelahan dan mengalami stres fisik dan mental.

“Justru, ini akan menghambat produksi hormon-hormon kesuburan yang dibutuhkan untuk mendapatkan kehamilan,” kata dr. David

3. Sebaiknya Dilakukan Bersama Pasangan

Selain meningkatkan kualitas kesuburan, berolahraga bersama pasangan akan meningkatkan ikatan kebersamaan.

Ikatan romantisme yang kuat antar pasangan tentunya merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Itulah Moms beberapa olahraga untuk program hamil yang bisa coba dilakukan. Jangan lupa konsultasikan juga dengan dokter untuk mendukung program hamil yang sedang dijalankan.

(Artikel ini ditulis bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia)

  • https://bocahindonesia.com/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4825221/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4978349/