Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Masalah Fertilitas | Oct 3, 2018

Kenali Ciri-Ciri Sperma yang Tidak Sehat

Bagikan


Bila Moms dan pasangan merindukan kehadiran buah hati, maka kualitas air mani suami harus diperhatikan. Sebab, kesehatan reproduksi calon ibu dan sperma calon ayah harus sama-sama prima.

Untuk mengetahui sehat tidaknya air mani secara detail memang harus dilakukan pemeriksaan laboratorium. Tetapi, pria bisa mengamati secara kasatmata kesehatan sperma yang dimilikinya -- dari bentuk, warna, aroma dan rasa sperma -- sebelum memutuskan melakukan pemeriksaan medis.

Berikut adalah panduan untuk mengetahui ciri-ciri sperma yang tidak sehat:

Jumlah Sperma

Rata-rata pria mengeluarkan sekitar 1 sendok teh cairan semen atau air mani yang mengandung 200-500 juta sel jantan (spermatozoa) setiap kali ejakulasi. Penurunan volume sperma pada saat ejakulasi bisa terjadi karena adanya penyumbatan dalam vesikula seminalis atau saluran ejakulasi.

Sedikitnya air mani yang dikeluarkan juga dapat mengindikasikan retrograde ejaculation, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan air mani mengalir ke kandung kemih, dan bukan melalui penis saat ejakulasi. Retrograde ejaculation bisa terjadi akibat adanya infeksi prostat, belum operasi prostat, diabetes, dan obat-obatan tertentu.

Kekentalan

Setelah ejakulasi, normalnya air mani akan mengental dengan konsistensi seperti jelly. Dalam waktu 30 menit, biasanya air mani mencair dan semakin bening. Tingkat kekentalan air mani dianggap penting untuk reproduksi.

Air mani akan semakin kental saat pria mengalami dehidrasi, tapi kondisi ini biasanya hanya terjadi sementara. Air mani terlalu kental juga bisa terjadi karena penyebab yang lebih serius, yaitu rendahnya tingkat hormon testosteron.

Waspadalah bila kondisi air mani yang terlalu kental terjadi lebih dari dua atau tiga minggu. Jika demikian, segera konsultasikan ke dokter.

Warna

Warna sperma yang bagus biasanya putih awan, sedikit kuning, atau sedikit abu-abu. Jika warnanya merah atau kecokelatan saat ejakulasi, kemungkinan ada pembuluh darah pecah di prostat. Darah persisten yang keluar bersama air mani juga bisa terjadi akibat infeksi, trauma, atau dalam kasus yang parah bisa terjadi karena adanya kanker.

Jika kondisi ini terjadi selama beberapa hari, segeralah konsultasikan ke dokter. Selain itu, air mani yang berwarna kuning atau hijau dapat mengindikasikan adanya infeksi, mungkin karena penyakit menular seksual yang disebut gonore atau kencing nanah.

Bau

Sperma yang baik biasanya berbau klorin. Bila air mani Moms berbau busuk, hampir selalu dipastikan merupakan tanda infeksi. Segeralah cari pertolongan dokter bila Moms mengalami kondisi tersebut.

Jika Moms tak kunjung hamil dan suami menemukan ciri-ciri di atas pada air maninya, kemungkinan penyebabnya karena kualitas sperma suami yang kurang baik.

Konsultasikanlah ke dokter. Moms juga bisa melakukan tes kesuburan sendiri, apakah pola makan dan gaya hidup Moms dan suami sudah mendukung. Kalau terbukti tak ada masalah dengan organ reproduksi Moms berdua, coba cara ini agar cepat hamil. Semoga Moms dan suami segera dikaruniai momongan, ya, Ma...

 

(HEI)

 

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.