Tren

TREN
18 Agustus 2016

Kenali Tipe Karakter Rekan Kerjamu!

Tipe yang manakah rekan Anda?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

This article is in partnership with Sisternet

Perbedaan karakter di dunia kerja adalah hal yang lumrah. Namun kadang perbedaan karakter ini dapat menimbulkan konflik, terutama diantara rekan kantor. Untuk meminimalisir adanya konflik, Anda bisa mengatasi dengan memahami karakter masing-masing. Coba kenali karakter rekan Anda.

Tipe Analitis

Biasa di sebut si perfeksionis, karakter yang satu ini sangat fokus pada ketepatan, keakuratan, dan kesempurnaan. Orang ini sangat tekun, detail oriented, dan selalu berhati – hati. Pada umumnya, orang dengan karakter ini akan mengutamakan kesempurnaan dalam segala hal. Untuk itu, jika bertemu rekan yang seperti ini Anda tidak perlu terburu – buru dalam menyelesaikan pekerjaan, karena dia ingin menghasilkan pekerjaan yang sempurna.

Tipe Amiable

Dikenal sebagai si ramah, orang dengan tipe ini sangat bersahabat, setia kawan, dan bisa diandalkan. Karakter yang supel dan berorientasi pada hubungan baik biasanya memiliki keraguan dan lambat dalam mengambil keputusan. Ia enggan mengambil risiko yang signifikan. Jadi, jika Anda berada di satu tim dan dia harus menentukan suatu keputusan yang mendesak, maka jangan ragu – ragu untuk memberi saran!

Tipe Ekspresif

Orang dengan tipe ini selalu siap menularkan energi positif di kantor mu! Dia adalah tipe orang yang penuh ambisi dan cenderung ingin menjadi nomor satu di segala hal. Namun jangan kaget kalau dia menjadi karakter yang egois, tidak sabar dan bersikap irasional. Anda bisa menghadapi dengan sikap yang hangat dan ramah. Sebisa mungkin Anda menghindari untuk memiliki konflik atau masalah dengan si Ekspresif.

Tipe Driver

Tipe ini memiliki ciri khas terbuka, keras, dan tegas, sehingga biasanya mampu membuat keputusan yang cepat. Namun sisi negatifnya, tipe driver ini sangat keras kepala dan mudah terbawa emosi. Jika sedang tidak bisa diajak kompromi, dia bisa berubah menjadi seseorang yang sangat angkuh. Sebisa mungkin hindarilah konflik dengan si tipe driver. Namun jika menghadapi rekan kerja yang mempunyai karakter ini, yang bisa Anda lakukan adalah membicarakan hal-hal faktual. Jangan membuang banyak waktu untuk berdebat dengan tipe driver. Jika memang saat bekerja dalam tim terjadi perbedaan opini, Anda bisa coba menawarkan opsi lain.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait