03 Desember 2023

12 Cara Atasi Keracunan Makanan Basi dengan Bahan Alami

Moms harus lebih selektif memilih makanan saat sedang keracunan

7. Teh Jahe

teh jahe 2.jpg
Foto: teh jahe 2.jpg (https://brilio.net/)

Saat mengalami gejala akibat keracunan makanan basi, Moms bisa konsumsi teh jahe.

Jahe dikenal dapat menangkan perut. Ketika minum air jahe hangat, otot-otot perut juga bisa lebih rileks dan rmenghilangkan rasa mual.

8. Bawang Putih

bawang putih
Foto: bawang putih

Bawang putih juga sangat efektif dalam melawan keracunan makanan basi karena memiliki sifat antivirus, antibakteri dan anti jamur yang kuat.

Hal ini juga dapat meredakan gejala ,seperti diare dan sakit perut. Moms bisa makan satu siung bawang putih segar, telan dengan air.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

9. Madu

madu
Foto: madu (Orami Photo Stock)

Madu memiliki khasiat antijamur dan antibakteri yang efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan dan gejala keracunan makanan basi.

Madu dapat dikonsumsi sebagai obat alami dalam bentuk murni atau ditambahkan ke dalam teh.

10. Daun Kemangi

Daun Kemangi.jpg
Foto: Daun Kemangi.jpg (Orami Photo Stock)

Kemangi adalah ramuan yang sangat baik untuk menenangkan perut yang tidak nyaman akibat keracunan makanan basi.

Kemangi juga memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan mikro-organisme.

Konsumsi daun kemangi 3 sampai 4 kali sehari, sampai gejala hilang.

11. Cuka Sari Apel

Cuka Apel
Foto: Cuka Apel (Shutterstock)

Meskipun bersifat asam, cuka sari apel memiliki efek basa yang dapat menjaga metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, cuka sari apel dapat meringankan berbagai gejala keracunan makanan basi.

Hal Ini dapat menenangkan lapisan gastrointestinal dan membunuh bakteri, memberi Moms kelegaan.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Batuk pada Anak yang Alami, Salah Satunya dengan Jus Lemon!

12. Tips Lain

tidur
Foto: tidur

Tunda menyikat gigi setidaknya selama 1 jam.

Asam lambung yang dikeluarkan saat muntah dapat merusak email gigi dan menyikat gigi tepat setelah muntah dapat semakin mengikis email.

Moms juga harus banyak istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu Moms merasa lebih baik.

Pastikan untuk selalu menyajikan makanan yang akan Moms konsumsi dengan mengutamakan kebersihannya.

Jangan sepelekan tanggal kadaluarsa pada makanan yang akan dibeli dan dikonsumsi.

Memasak sendiri, dan menghindari makan sembarangan adalah pencegahan yang bisa dilakukan.

  • https://www.healthline.com/health/food-poisoning#diet
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/try-these-8-remedies-treat-food-poisoning-naturally-775151
  • https://www.cdc.gov/salmonella/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4173337/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.