Parenting Islami

2 November 2020

5+ Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam, Dads Wajib Tahu!

Enggam mengerjakan pekerjaan rumah tangga salah satunya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat berselisih pendapat, hal yang paling mudah yaitu menunjuk kesalahan orang lain tapi sering lupa kesalahan yang dilakukan oleh diri sendiri. Sering menuntut hak dari orang lain, tapi abai terhadap kewajiban sendiri. Ini juga bisa dilakukan oleh seorang suami.

Keutuhan rumah tangga sangat dipengaruhi oleh baiknya kepemimpinan seorang suami sebagai kepala keluarga dalam membina keluarganya. Lebih-lebih lagi adalah sikap dan perilakunya dalam bergaul dengan istrinya. Jika salah bertindak, maka akan sering terjadi percekcokan yang berfek negatif dalam rumah tangga.

Seiring waktu, perasaan negatif yang tidak diatasi dapat menyebabkan masalah fisik dan psikologis, kata psikolog Gloria Vanderhorst, PhD. "Stres berkembang dalam hubungan untuk setiap pasangan, meskipun untuk alasan yang berbeda,” jelasnya, dikutip WebMD.

Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam

Banyak juga kesalahan suami terhadap istri menurut Islam. Padahal sebelumnya Islam telah menjelaskan tentang hak dan kewajiban suami istri, baik dalam Alquran dan hadist. Cari tahu kesalahan suami terhadap istri menurut Islam di sini!

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Suami Berselingkuh?

1. Tidak Mengajarkan Ilmu Agama

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -1

Foto: Orami Photo Stock

Suami yang memberi nafkah, membelikan rumah, kendaraan, memenuhi segala kebutuhan hidup mungkin ada banyak, namun berapa banyak yang ingat kewajibannya untuk mengajarkan ilmu agama pada istri dan anak-anaknya?

Padahal, hal tersebut sudah menjadi kewajiban suami untuk memelihara diri dan keluarga yang dipimpinnya dari perihnya azab kubur dan siksa neraka.

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yg di perintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan,”. (QS At-Tahrim: 6)

Maka, suami diminta untuk tidak mengabaikan hal ini, karena kepemimpinannya akan diminta dipertanggungjawabkan. Hendaklah suami mengajarkan agama kepada istrinya, baik dilakukan sendiri atau melalui perantara seperti menghadiahkan buku-buku tentang Islam, mendiskusikannya, mengajak istri menghadiri ke majelis-majelis ilmu, dan lain sebagainya.

2. Tidak Merasa Cemburu

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -2

Foto: Orami Photo Stock

Kesalahan suami terhadap istri menurut Islam ini adalah sesuatu yang fatal. Saat istri jalan-jalan ke luar rumah, ke sana-ke mari dengan pria lain, membuka auratnya ke mana-mana namun suami tidak merasa cemburu adalah hal salah satu tandanya rasa cinta dari keduanya memudar.

Tiga golongan yang Allah tidak akan melihat mereka pada hari kiamat yaitu seseorang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai lelaki dan ad-Dayyuts,”. (HR An-Nasa’i dinilai ‘hasan’ oleh syeikh Albani, dalam ash-Shahihah : 674)

Pengertian ad-Dayyuts atau dayus di sini adalah lelaki yang tidak memiliki kecemburuan terhadap istrinya. Padahal semestinya, untuk suami istri yang saling memiliki rasa cinta, rasa cemburu harus hadir sebagai bumbu yang mengikat kepada keduanya.

Baca Juga: Jika Penghasilan Anda Lebih Besar dari Suami

3. Tidak Memberi Nafkah

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -3

Foto: Orami Photo Stock

Sudah banyak contoh para suami yang tak malu menelantarkan istrinya tanpa uang nafkah atau uang belanja sama sekali, padahal ini merupakan dosa yang luar biasa. Malahan, ada juga yang akhirnya membuat istri yang mencari nafkah sedangkan dirinya hanya berdiam diri.

Bayangkan seorang perempuan yang telah rela meninggalkan kedua orang tuanya untuk mengabdi pada suami, bahkan rela hamil dan melahirkannya namun tidak diberi nafkah baik secara lahir maupun batin.

Sungguh hal tersebut adalah dosa besar dan merupakan kesalahan suami terhadap istri yang sangat besar menurut islam. Rasululluah SAW bersabda: “Seseorang cukup dipandang berdosa bila dia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya,”. (HR.Abu Dawud no.1442 CD, Muslim, Ahmad, dan Thabarani).

Padahal, memberi nafkah pada istri hukumnya wajib dan bernilai ibadah. Rasulullah SAW bersabda: “Jika seorang muslim mengeluarkan nafkah untuk keluarganya sedangkan dia mengharapkan pahalanya, maka nafkah itu adalah sedekah baginya,”. (Muttafaq ‘alaih)

4. Enggan Membantu Pekerjaan Rumah

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak sedikit suami yang amat tidak mau membantu pekerjaan domestik pekerjaan rumah tangga, karena menganggap hal tersebut sepenuhnya adalah kewajiban istri. Ini jelas salah, karena Rasulullah SAW sekali pun telah mencontohkan untuk membantu istri dalam persoalan di dalam rumah.

Beliau (Rasulullah) membantu pekerjaan istrinya. Dan jika datang waktu solat, maka beliau pun keluar untuk solat,” (H.R. Bukhari)

Rumah tangga dibangun atas dasar kerja sama, itu pun termask dalam hal urusan rumah tangga. Jika suami membiarkan istri melakukannya sendiri, itu merupakan kesalahan suami terhadap istri menurut islam dan tindakan yang tidak diridhoi.

5. Baik pada Orang Lain Namun Kasar pada Istri

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -5

Foto: Orami Photo Stock

Karena ingin terlihat baik, suami bisa bersikap baik dan ramah kepada tetangga, rekan kerja, atasan, bahkan pada orang yang tidak dikenal. Namun saat di rumah, perangainya berubah menjadi kasar dan keras kepada istri.

Padahal, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik–baik kalian adalah yang paling baik tehadap istri-istrinya,” (H.R. at-Tirmidzi, disahihkan oleh Syeikh Albani).

Terlepas dari penyebabnya, bersikap kasar adalah kesalahan suami terhadap istri menurut islam. Seharusnya, suami menjaga perasaan istri, karena rizki suami tergantung dari istri.

Baca Juga: Perbincangan Wajib Suami dan Istri

6. Mencari Kesalahan Istri

6 Kesalahan Suami Terhadap Istri Menurut Islam -6

Foto: Orami Photo Stock

Dalam suatu hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW melarang lelaki yang berpergian dalam waktu yang lama dan pulang menemui keluarganya di waktu malam, karena dikhawatirkan akan mendapati berbagai kekurangan istrinya.

Bahkan, suami diminta bersabar dan menahan diri saat melihat kekurangan yang ada pada istrinya, juga ketika istri tidak melaksanakan kewajibannya. Apapun alasannya, mencari-cari kesalahan adalah termasuk kesalahan suami terhadap istri menurut islam.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah seorang suami yang beriman membenci istrinya yang beriman. Jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya, dia pasti meridhai akhlak lain darinya,”. (HR Muslim)

Hindari kesalahan suami terhadap istri menurut islam ini agar terjaga hubungan yang harmonis dan memiliki rumah tangga yang bahagia.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait