Parenting Islami

14 April 2021

Moms, Ketahui 4 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Semoga Moms mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan ini, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, cari tahu waktu terkabulnya doa di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang amat ditunggu oleh para umat Islam. Pasalnya pada bulan ini, segala amal kebaikan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Selain nilai ibadah yang berlipat ganda, segala pintu do'a dibuka sehingga terkabulnya hajat semakin besar. Tidak heran, banyak orang yang lebih banyak berdoa di bulan Ramadhan.

Namun selain itu, ternyata ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Pada waktu-waktu itulah doa-doa mudah dikabulkan.

Mau tahu kapan saja waktu-waktu tersebut? Ini daftarnya seperti yang dikutip dari dikutip dari Dalam Islam.

1. Waktu Sahur

waktu terkabulnya doa di bulan ramadhan-sahur

Foto: Orami Photo Stock

Saat berpuasa, saat sahur umat Islam sudah diganjar dengan pahala tambahan. Siapa sangka waktu sahur juga menjadi waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir."

Lantas Allah berfirman:

"Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata: " Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32).

Baca Juga: Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

2. Waktu Berpuasa

waktu terkabulnya doa di bulan ramadhan-puasa

Foto: Orami Photo Stock

Saat umat Islam tengah menahan diri dari segala godaan, atau berpuasa, ini juga bisa menjadi waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Imam Nawawi rahimahullah berkata: " Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273).

Baca Juga: 5 Olahan Buah untuk Berbuka Puasa, Lezat!

3. Waktu Berbuka Puasa

waktu terkabulnya doa di bulan ramadhan-buka puasa

Foto: Orami Photo Stock

Waktu berbuka puasa bisa disebut menjadi waktu kemenangan bagi umat muslim usai menjalankan puasa dan menahan diri sehari penuh. Ini juga menjadi waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa alasan doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Baca Juga: Pentingnya Menyikat Gigi Setelah Santap Sahur

4. Waktu Sepertiga Malam

waktu terkabulnya doa di bulan ramadhan-tarawih

Foto: Orami Photo Stock

Sepertiga malam yang akhir adalah waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak berdoa bahkan saat bukan di bulan Ramadhan. Apalagi di bulan Ramadhan, bangun di sepertiga malam akhir bukanlah hal yang berat lagi.

Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir.

Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya: waktu shalat tahajud yang baik.

“Ketika waktu sahur(akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam: “Rabb kita turun kelangit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758).

Itu dia Moms, waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Semoga bulan Ramadhan kali ini dapat memberikan berkah dan pahala yang maksimal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait