Parenting Islami

26 Agustus 2021

5+ Keutamaan Surat Ar Rahman, Salah Satunya Menurunkan Intensitas Nyeri pada Orang Sakit, Masya Allah!

Ar Rahman sendiri memiliki arti Allah Maha Pengasih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kini, banyak calon pengantin yang mengetahui keutamaan surat Ar Rahman hingga menjadikannya sebagai mas kawin atau mahar. Salah satu alasannya adalah keindahan yang terkandung di dalamnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda: “Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinnya Alquran adalah Ar Rahman.” (HR Baihaqi)

Penamaan tersebut karena di dalamnya terdapat beberapa kali kali pengulangan ayat ‘fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma tukadziban’ (maka nikmat mana yang akan kau distakan), yang diibaratkan dengan aneka hiasan yang dipakai oleh pengantin.

Baca Juga: 7+ Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Alquran, Yuk Buka dan Raih Berkahnya!

Mengenal Surat Ar Rahman

Keutamaan Surat Ar Rahman -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Ar Rahman sendiri adalah salah satu nama Allah SWT yang berarti “Maha Pemberi nikmat dunia dan akhirat”. begitu Maha Rahmannya Allah SWT sampai mengkhususkan Ar Rahman menjadi surat yang indah. Ini juga menjadi pengingat untuk manusia akan banyaknya nikmat Allah SWT yang terlupa.

Surat ini menguraikan banyaknya nikmat Allah SWT yang diawali dari nikmat terbesar yaitu Alquran. Thabathaba’i berpendapat bahwa surat ini mengandung isyarat tentang ciptaan Allah SWT di langit dan di Bumi, darat dan laut, manusia dan jin, dan Allah mengatur semua itu yang bermanfaat bagi manusia dan jin baik di dunia dan akhirat.

Surat Ar Rahman adalah surat yang cukup populer di kalangan umat islam. Ar Rahman sendiri memiliki arti Allah Maha Pengasih. Surat Ar Rahman termasuk dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekah. Surat ini memiliki 78 ayat dan berada dalam urutan ke 55.

Surat ini menjelaskan tentang beragam aspek kehidupan. Misalnya, Allah SWT telah menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan, menciptakan manusia yang nampak dan juga jin yang ghaib, menciptakan langit juga bumi, menciptakan kebahagiaan juga ketertindasan, menciptakan daratan dan lautan.

Ada banyak sekali keutamaan surat Ar Rahman untuk yang sering membacanya. Surat ini juga dikenal ‘Pengantin Alquran’. Ini karena bahasa yang indah yang ada di dalam surat ini. Terdapat beberapa pengulangan dari ayat ‘fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma iukadziban’ sampai 31 kali.

Baca Juga: 8 Nama-nama Surga yang Disebutkan dalam Alquran dan Calon Penghuninya, Masya Allah!

Keutamaan Surat Ar Rahman

Keutamaan Surat Ar Rahman -2.jpg

Foto: Lovebackduas.com

Dalam penelitian Jurnal Kedokteran Brawijaya, terdapat penurunan signifikan intensitas nyeri setelah pemberian terapi murotal Alquran surat Ar Rahman selama 25 menit. Ini juga dapat menurunkan intensitas nyeri dan meningkatkan kadar Endorphin.

Bukan hanya itu, di bawah ini terdapat keutamaan surat Ar Rahman lainnya yang harus diketahui.

1. Memperbanyak Memuji Allah SWT

Kata ‘Ar Rahman’ termasuk dalam pujian kepada Allah SWT. Apalagi jika membaca Ar Rahman dengan sepenuh hati sambil berserah diri kepada Allah SWT, betapa banyaknya keutamaan yang akan didapatkan.

Allah SWT tidak pernah lupa memenuhi kebutuhan setiap mahluknya. Meskipun mahluk-Nya sering ingkar dan lupa, namun Allah SWT tetap memberikannya rezeki untuk bisa hidup. Dan dalam memberikan rizki kepada mahluknya, Allah SWT tidak pernah membeda-bedakan.

2. Pengingat Agar Tidak Kufur Nikmat

Jika membaca dan memahami surat Ar Rahman dengan sepenuh hati, diharapkan orang tersebut tidak akan lagi mengkufuri nikmat dan selalu bersyukur. Karena kehidupan ini ada berkat izin Allah SWT, bahkan manusia hanyalah salah satu dari banyaknya ciptaan Allah SWT yang luar biasa.

Bentuk rasa syukur bisa dilakukan dengan beribadah dengan khusyuk. Atau berpuasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya yang diperintahkan-Nya dengan sebaik-baiknya akhlak dan juga menjauhi segala larangan-Nya.

3. Pengingat Ada Makhluk Lain yang Juga Beribadah pada Allah SWT

Makhluk tersebut adalah jin, yang juga mengakui nabi Muhammad sebagai Rasul. Surat Ar Rahman mengingatkan bahwa ciptaan Allah SWT tidak hanya terbatas pada sesuatu yang tampak. Kerajaan Jin dan alam-alam yang tidak tampak pun telah diciptakan-Nya dan penciptaan yang sempurna.

Dalam sebuah hadits Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surah Ar Rahman dari awal hingga akhir, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata: “aku telah membacakannya kepada Jin pada malam berkumpulnya mereka,

dan mereka meresponsnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Tabbikuma tukadziban, mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (HR Tirmidzi)

Baca Juga: 10 Adab Membaca Alquran yang Baik Menurut Islam

4. Pengingat Sifat Dasar Manusia Itu Pelupa

Pengulangan ayat ‘fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban’ adalah untuk mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk yang pelupa. Ayat tersebut adalah kalimat tanya yang menuntut jawaban manusia yang mengingat ketika membaca ayat tersebut.

Rezeki yang kecil dan besar juga menjadi ujian bagi manusia. Jika mendapatkan rezeki yang besar, manusia harus pandai bersyukur dan tidak menyombongkannya.

5. Meninggalnya seperti Mati Syahid

Keutamaan surta Ar Rahman selanjutnya dapat dirasakan, terutama jika selalu dibaca pada siang dan malam. Dalam Tsawabul A’mal, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan:

‘Tidak ada satupun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan’. Maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR Imam Ja’far)

6. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya(Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum,

pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri dihadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada saat itu Allah berfirman: soapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian.

Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Demikian keutamaan surat Ar Rahman yang bisa dibaca kapan saja, terutama pada malam hari.

  • https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/keutamaan-ar-rahman
  • https://wisatanabawi.com/surat-ar-rahman/
  • https://www.jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/672
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait