Scroll untuk melanjutkan membaca

K-WAVE
22 Maret 2022

Profil Kim Samuel, Artis K-Pop Keturunan Meksiko

Kim Samuel adalah penyanyi pop Korea dengan wajah blasteran
Profil Kim Samuel, Artis K-Pop Keturunan Meksiko

Foto: instagram.com/its_kimsamuel/

Jika Moms pernah mendengarkan lagu berjudul Sixteen, tentu tahu bahwa lagu tersebut dibawakan oleh Kim Samuel. Sekitar 4 atau 5 tahun yang lalu, Sixteen banyak menarik perhatian para remaja.

Nama Samuel juga mulai sering terdengar sejak aktingnya dalam drama Sweet Revenge 2. Bagaimanapun, web drama ini bisa merupakan debut akting Kim Samuel. 

Kim Samuel telah memasuki dunia entertaiment terutama K-Pop sejak usianya 11 tahun. Ia memulai debutnya pada acara Seventeen TV sebagai trainee di bawah management Pledis Entertainment.

Selang beberapa tahun, remaja yang lebih dikenal dengan sapaan Samuel menjadi bagian dari grup hip hop 1Punch pada tahun 2015 di bawah kolaborasi antara Brave Entertainment dan D-Business Entertainment.

1Punch memulai debutnya pada 23 Januari dengan merilis Turn Me Back yang merupakan judul lagu dari album mereka, yakni The Anthem.

Delapan bulan kemudian, One yang merupakan pasangan Samuel di 1Punch, dibina oleh YG Entertainment, sehingga akhirnya grup tersebut dibubarkan.

Setelah itu Samuel melakukan perjalanan karir yang cukup panjang, termasuk bergabung dengan Silentó dalam tur di AS.

Penasaran tentang bagaimana profil Kim Samuel secara lengkap dan perjalanan karirnya? Berikut adalah semua tentang Samuel seperti yang berhasi dirangkum Orami.

Baca Juga: Profil Mark Lee, Idol KPOP yang Tergabung dalam Banyak Grup

Profil Kim Samuel

Profil Kim Samuel

Foto: Profil Kim Samuel (https://www.instagram.com/p/CTiu7fFlwyI/?utm_source=ig_web_copy_link)

Foto: Instagram.com/its_kimsamuel

Kim Samuel dikenal sebagai seorang rapper, penyanyi, dan model di Korea Selatan.

Sebagai idola muda, bakat Samuel tidak bisa ditolak. Dengan penampilan yang estetis serta unik itu, remaja berwajah blasteran ini pasti menjadi idola yang tak terlupakan! 

Dikutip dari Celebs Life Real, ia lahir di Los Angeles, California. Ayah Kim Samuel yang berkebangsaan Meksiko-Amerika bernama José Arredondo, sedangkan ibu ibunya berasal dari Korea Selatan.

Pemilik nama lengkap Kim Samuel Arredondo ini lahir pada 17 Januari 2002, di Amerika Serikat.

Kim Samuel adalah keturunan setengah Hispanik dan setengah Korea. Ia memiliki seorang adik perempuan bernama Susie.

Dari penampilan fisiknya, kita semua tentu tahu bahwa Samuel bukan orang Korea murni.

Oleh karena itu, tidak heran penyanyi Korea-Meksiko ini fasih dalam berbahasa Inggris, Korea, dan Spanyol karena ayahnya yang keturunan Meksiko.

Namun, Samuel pernah mengatakan bahwa caranya berbicara bahasa Inggris cukup aneh karena ia sudah lama tinggal di Korea Selatan.

Selain itu, Samuel juga terkadang memamerkan kemampuannya berbicara dalam bahasa Spanyol.

Sejak dulu ia memang sangat suka menyanyi.  Masa kecilnya benar-benar luar biasa di tengah banyak perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. 

Mereka terus-menerus memenuhi segala yang dibutuhkan Samuel untuk mengejar apa yang diinginkannya.

Secara sederhana, ia menjalani masa kecil yang menyenangkan. Hal ini memainkan peran penting untuk mencapai kemajuan yang didapatkan untuk sementara waktu.

Sayangnya, informasi terkait pendidikan dan kekasih Kim Samuel tidak ada yang terekspos. Remaja ini sukses untuk fokus pada karirnya dan merahasiakan kehidupan pribadinya.

Baca Juga: Profil Kim Seung Min, Member Stray Kids yang Jago Masak

Karir Kim Samuel

Karir Kim Samuel

Foto: Karir Kim Samuel (https://www.instagram.com/p/CSENEqyF2rF/?utm_source=ig_web_copy_link)

Foto: Instagram.com/its_kimsamuel

Dalam proses perjalanan awal karir Kim Samuel, ia juga berpartisipasi dalam reality show Produce 101 season 2.

Sayangnya, Samuel hanya mencapai 20 besar, tetapi tidak berhasil ke final.

Namun, siapa yang menyangka dari situ kemudian perjalanan karir solo Kim Samuel dimulai. Dia giat mengerjakan lagu dan album baru. Album mini debut milik Samuel berjudul sama dengan singlenya, yaitu Sixteen.

Di Korea Selatan ini, Samuel berkolaborasi dengan rapper Changmo. Tidak hanya debut di Korea Selatan, Kim Samuel juga debut di Jepang dengan membawakan Sixteen versi Jepang. 

Setelah itu, berbagai mini album dan single dirilis oleh Kim Samuel. Bahkan Kim Samuel sempat berkolaborasi dengan Jung Il-Hoon BtoB, Lee Ro Han jebolan School Rapper Season 2, dan penyanyi asal Tiongkok Zhou Zhennan.

Baca Juga: Profil Jung Da Eun, Aktris yang Pernah Jadi Korban Kemarahan Fans Sehun EXO

Potret dan Fakta Kim Samuel

Fakta Kim Samuel

Foto: Fakta Kim Samuel (https://www.instagram.com/p/CYJSk36vBXI/?utm_source=ig_web_copy_link)

Foto: Instagram.com/its_kimsamuel

Banyak fakta menarik tentang pemuda tampan ini. Misalnya keinginannya untuk dewasa dan mandiri agar dapat memenuhi kebutuhannya finansial pribadi tanpa bantuan orang tuanya.

Belum lagi, kasus Kim Samuel dengan management artisnya yang menaungi perkembangan karirnya beberapa tahun terakhir.

Berikut ini, adalah beberapa fakta menarik tentang Kim Samuel yang mungkin belum Moms ketahui.

1. Menyukai Pelajaran Pendidikan Jasmani

Semasa sekolah, Kim Samuel pernah mengatakan bahwa pelajaran favoritnya adalah pendidikan jasmani. Saat itu dia masih 16 tahun.

Namun, Kim Samuel memutuskan untuk tidak melanjutkan ke sekolah menengah atas setelah lulus dari sekolah menengah.

Keputusan Kim Samuel untuk tidak bersekolah di SMA didiskusikan dengan keluarganya.

Agensinya saat itu adalah Brave Entertainment dan mengungkapkan bahwa Kim Samuel tidak bersekolah di sekolah menengah atas karena Produce 101, debut solonya, dan promosi albumnya. 

Itu akan terlalu sulit untuk dikelola dan dikerjakan Kim Samule. Akan tetapi, Kim Samuel akhirnya memutuskan untuk belajar di rumah agar bisa fokus pada studi dan kariernya.

2. Karya Kim Samuel Dibandingkan dengan Karya Justin Bieber

Lagunya yang naik daun dan berjudul Sixteen digadang-gadang kerap dibandingkan dengan lagu Justin Bieber berjudul Baby.

Jadi, apakah kalian juga berpikir sependapat dengan issue lagu Kim Samuel tersebut?

3. Karir yang Dimulai dari Iklan Ayahnya

Berkat ibu Korea dan ayahnya Meksiko, Kim Samuel fasih berbahasa Spanyol, Korea, dan Inggris.

Ia pindah ke Korea bersama ibunya pada usia 11 tahun untuk memulai pelatihan di K-Pop.  Kim Samuel memulai terjun ke dunia entertaiment dengan berperan sebagai iklan dealer mobil ayahnya.

Baca Juga: Profil Tzuyu Twice, Anggota Girlband Twice yang Lahir di Taiwan

3. Memiliki Minat Olahraga

Kim Samuel mengatakan kepada Soompi dalam sebuah wawancara tahun 2017 bahwa hobinya di luar musik adalah bermain sepak bola, bola basket, tinju dan beat-boxing serta menonton TV.

Kim Samuel kerap menonton "Sponge-Bob Squarepants" sebagai acara favoritnya. 

Dalam wawancara yang sama, KimSamuel mengatakan bahwa kolaborasi impiannya adalah dengan DEAN. Di luar K-Pop, Samuel mengatakan artis favoritnya adalah Chris Brown dan Justin Bieber.

4. Rumor Ayah Kim Samuel Terlibat dalam Kejahatan Terorganisir

Melansir dari Bakersfield.com Bakersfield, pendeta keluarga Kim Samuel membantah tuduhan bahwa bisnis keluarga mereka terlibat dalam kejahatan terorganisir.

Pendeta berkata, "Saya tidak pernah melihat. Justru rasanya, saya melihat sesuatu yang akan membuat saya berpikir sebaliknya."

Bakersfield.com melaporkan pada tahun 2006 bahwa ada desas-desus bahwa Arredondo atau ayah Kim Samuel telah ditangkap di masa lalu di Miami dan Las Vegas atas tuduhan narkoba.

Terlepas dari rumor tersebut, situs web mengatakan bahwa tidak ada catatan kriminal untuk Arredondo di negara bagian tersebut. 

Polisi setempat mengatakan kepada situs web bahwa meskipun mereka telah menerima laporan tentang kegiatan mencurigakan di bisnis Arredondo, tetapi tidak ada yang terbukti.

Pada Agustus 2014, salah satu karyawan senior ayah Kim Samuel ditembak mati secara misterius.

Sementara pada Februari 2006, seorang pria bernama Manuel Morales Abarca, 28, ditembak mati di rumah Arredondo di Rosedale. Arredondo tidak berada di rumah saat penembakan terjadi.

5. Ayahnya Ditemukan Tewas

Setelah semua isu yang ada, ayah Kim Samuel ditemukan tewas di rumahnya di Cabo, San Lucas, Meksiko, pada Juli 2019 lalu.

Associated Press (AP) melaporkan bahwa tubuh Jose Arredondo menunjukkan tanda-tanda trauma benda tumpul dan jaksa di Meksiko mengatakan ayah Kim Samuel ini dipukuli.

Akhirnya, seorang pria terduga pembunuh ayah Kim Samuel ditangkap.

Keluarga mengungkap bahwa pelaku adalah teman dari korban dan pelaku yang ditangkap tersebut, bukanlah satu-satunya yang terlibat dalam pembunuhan ayah Kim Samuel.

6. Berselisih dengan Management Artisnya

Pada Juni 2019, Kim Samuel mengumumkan bahwa dia akan berpromosi sebagai artis independen. Akan tetapi Brave Entertainment menyatakan hal sebaliknya.

Management Kim Samuel mengatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap keputusannya dengan menyatakan bahwa mereka tidak berpisah.

Hal ini mengakibatkan Kim Samuel dan keluarganya meminta untuk mengakhiri kontraknya.

Namun, pada November 2021, Pengadilan Distrik Pusat Seoul mengumumkan bahwa Samuel telah memenangkan gugatannya untuk mengakhiri kontraknya dengan Brave Entertainment.

Di bulan yang sama, Brave Entertainment merilis pernyataan mengenai keputusan pengadilan dan mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding.

7. Bergabung dengan Management Artis Baru

Pada tahun 2022, Brave Entertainment mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan masalah kontraknya dan secara resmi akan mengakhiri perselisihan mereka dengan Kim Samuel.

Beberapa hari kemudian, diumumkan bahwa Kim Samuel telah menandatangani kontrak eksklusif dengan BPM Entertainment.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan Member BTS Kesayangan ARMY!

Itulah beberapa fakta tentang Kim Samuel, mulai dari karir hingga kisah ayahnya yang penuh misteri.

Bagaimanapun, kini Kim Samuel sedang menikmati karir dan karyanya.

  • https://celebslifereel.com/samuel-kim-arredondo/
  • https://cnalifestyle.channelnewsasia.com/entertainment/k-pop-singer-samuel-father-dead-262051
  • https://cnalifestyle.channelnewsasia.com/entertainment/k-pop-singer-samuel-father-dead-262051
  • https://www.allkpop.com/article/2019/08/mexican-man-suspected-of-killing-of-kim-samuels-father-arrested
  • https://www.republicworld.com/amp/entertainment-news/music/k-pop-idol-kim-samuel-wins-lawsuit-to-nullify-contract-with-brave-entertainment.html